oleh

Menjaga Performa Motor Injeksi Agar Tetap Prima dan Awet

Hubungi
 
 

Menjaga performa motor injeksi agar tetap prima sama halnya dengan menjaga kesehatan tubuh manusia.

Jika pola hidup kita sembarangan dan sering mengonsumsi makanan yang kurang sehat tubuh kita akan mudah terserang oleh penyakit. Demikian juga halnya dengan sepeda motor.

Loading...

Sepeda motor jika tidak rutin di rawat maka performa mesin akan menurun dan usia mesin juga tidak akan bertahan lama, bahkan bisa saja terjadi kerusakan fatal pada sepeda motor. Oleh karena itu sepeda motor juga perlu dirawat dengan baik.

Namun banyak orang yang tidak paham bahwa merawat sepeda motor injeksi berbeda halnya dengan sepeda motor biasa.

Menjaga Performa Motor Injeksi

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat merawat sepeda motor injeksi. Berikut kami bagikan tips menjaga motor injeksi biar performa mesinnya tetap prima. 

Bahan Bakar Minimal Oktan 90

Hal yang penting kamu perhatikan untuk menjaga performa motor injeksi adalah dalam pemilihan bahan bakarnya.

Sepeda Motor injeksi telah memiliki teknologi pembakaran terkemuka yakni mampu mengontrol pencampuran bahan bakar dan udara dengan tepat sehingga meningkatkan performa mesin sepeda motor. Oleh karena itu dibutuhkan bahan bakar oktan 90 ke atas.

Pada bahan bakar sendiri, jika oktannya semakin tinggi bahan bakar akan lebih lambat terbakar, hal ini membuat residu tidak tertinggal pada mesin. Residu jika tertinggal pada mesin akan menghambat kinerja mesin.

Sepeda motor injeksi lebih baik menggunakan bahan bakar dengan oktan 90 ke atas. Bahan bakar tersebut di antaranya Partalite (90), Pertamax (92), dan Pertamax Plus (95).

Lakukan Pergantian Oli Secara berkala

Hal yang juga sangat penting dilakukan untuk menjaga performa motor injeksi tetap prima adalah dalam hal penggunaan olinya. Melakukan pergantian oli secara berkala akan membuat ruang mesin, klep, dan juga silinder tetap memiliki pelumas.

Hal ini sangat penting untuk mencegah mesin agar tidak mudah aus. Kamu juga perlu menggunakan oli khusus untuk motor injeksi, karena sudah pasti oli motor injeksi berbeda dengan motor lainnya.

Hal penting lainnya adalah jangan gonta-ganti merk oli, karena hal ini juga tidak baik bagi performa mesin. Pergantian oli sebaiknya dilakukan setiap menempuh 2.000 Km.

Rutin Melakukan Cek Aki

Sepeda motor injeksi sangat bergantung pada kondisi aki. Bahkan beberapa motor injeksi sudah tak memiliki starter kaki, sehingga untuk menghidupkannya harus menggunakan tombol starter.

Jadi pastinya sangat repot bukan jika aki bermasalah, bisa-bisa sepeda motor tidak mau hidup. Oleh karena itu kamu harus menjaga kondisi aki sepeda motor kamu agar tidak menghambat kinerja sepeda motor.

Merawat aki sepeda motor injeksi tidak perlu dengan memanaskannya terlalu lama. Sepeda motor injeksi cukup dipanaskan 1 menit saja.

Hal yang penting kamu perhatikan adalah kondisi air akinya. Pastikan bahwa kondisi air aki tetap terjaga, jika kurang kamu harus menambahkannya. Hal ini akan membuat kondisi aki tetap terjaga.

Rutin Melakukan Servis

Melakukan service secara rutin juga sangat penting untuk menjaga performa mesin injeksi tetap prima. Kamu sebaiknya melakukan service setelah mencapai 3.000 km.

Hal ini juga tergantung seberapa jauh perjalanan yang sering ditempuh sepeda motor dan bagaimana kondisi jalan yang dilaluinya. Melakukan service akan membuat mesin lebih sehat dan segar sehingga performanya juga semakin baik.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk menjaga kondisi motor injeksi kamu agar tetap prima. Pastikan semuanya kamu lakukan agar motor injeksi kamu bisa terus mengaspal. (GaluhID)

loading...

Penulis : Redaksi GaluhID

Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.

Komentar

BERITA SELANJUTNYA