Minggu, Juli 14, 2024

Mirip Premier League, PSSI Punya Sistem Baru untuk Wasit Liga 1

Baca Juga
- Advertisement -

Galuh.id– Menjelang Liga 1 musim 2024/2025 mulai, PSSI memiliki sistem baru untuk wasit berupa evaluasi yang mirip dengan Premier League.

Sebelumnya Liga 1 juga mengumumkan inovasi barunya untuk meningkatkan kualitas kompetisi berupa penggunaan VAR.

Adapun kabar terkait sistem baru untuk wasit Liga 1 disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi Wasit PSSI, Yoshimi Ogawa. 

- Advertisement -

Sistem evaluasi tersebut bernama Referee Evaluation Resource (Refer) System, yang dirancang untuk membantu penilai dan wasit dalam menjalankan tugasnya.

Yoshimi Ogawa menjelaskan bahwa sistem ini dikembangkan oleh Departemen Perwasitan PSSI untuk mendukung dan mengawasi tugas referee agar lebih teliti dalam mengambil keputusan.

Langkah ini juga merupakan solusi atas keluhan-keluhan yang terlontar saat Liga 1 musim sebelumnya.

“Refer System adalah sistem terintegrasi yang memungkinkan analisis independen lebih dari 80 kompetensi berbeda dari performa wasit,” ujar Ogawa dikutip dari Bola pada Selasa (9/7/2024).

Sistem Baru Wasit Liga 1 Mirip dengan Sistem Premier League

Yoshimi Ogawa juga menambahkan sistem baru ini mirip dengan yang digunakan di liga-liga top dunia, termasuk Premier League di Inggris.

“Pada musim baru ini, kami akan menggunakan sistem evaluasi yang sudah diterapkan oleh Premier League,” jelas Ogawa.

Menariknya, Yoshimi Ogawa menjelaskan sistem tersebut akan bekerja sangat akurat yang akan membantu menaikan kualitas pengadil lapangan.

“Sistem ini sangat akurat. Selain evaluasi, kami juga dapat memberikan materi pelatihan yang diperlukan kepada mereka dengan umpan balik yang konstruktif,” lanjut Ogawa.

Baca juga: Rapor Mentereng 7 Pemain Asing Persib Bandung Untuk Liga 1 2024/2025

Selain itu, Liga 1 2024/2025 akan menggunakan VAR sejak awal musim, dan persiapan para wasit Indonesia untuk teknologi ini telah maksimal.

Harapannya, para wasit tersebut bisa membuat keputusan yang lebih berkualitas dengan adanya sistem evaluasi dan teknologi VAR. 

“Kami berharap bisa memberikan keputusan yang lebih baik. Jadi, nantikan apa yang akan terjadi. Tapi saya yakin wasit kita akan melakukannya dengan baik,” tegas Ogawa.

- Advertisement -
- Advertisement -
 
 
Berita Terbaru

Kontingen Ciamis Raih Juara 1 Porsenitas XI di Cilacap

Berita Ciamis, galuh.id - Kontingen Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, meraih prestasi gemilang dengan menjadi juara 1 dalam ajang Pekan...

Artikel Terkait