Minggu, 26 September 2021
Minggu, 26 September 2021

Pagelaran Wayang Golek Sambil Ngabuburit Menarik Perhatian Warga Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id – Pagelaran wayang golek yang berlangsung Minggu (9/5/2021) di Lapang Desa Handapherang Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis menarik perhatian warga.

Sebelum mulai warga nampak tidak mendekati panggung, namun saat suara dalang Rian Nugraha Tresna Sunagar bersuara warga mulai mendekati panggung.

Karena tampil hanya sebentar dan juga menghindari kerumunan yang lebih banyak lagi, dalang Rian Nugraha tidak membawakan lakon pewayangan.

Menurut dalang yang kelahiran Desa Handapherang ini, menyampaikan alasan kenapa tidak membawakan lakon pewayangan seperti biasanya.

“Jika saya membawakan lakon wayang kondisi saat ini penonton pasti jenuh, makanya saya sesuaikan dengan wayang bodor,” jelas Rian.

Sehingga tidak heran saat mulai pun, penonton mulai merangsek mendekati panggung karena ingin menonton lebih dekat aksi dalang.

Cepot tetap menjadi tokoh wayang yang menarik perhatian, dengan banyolan-banyolan khas sehingga tidak heran terdengar tawa dari penonton.

Rian pun beraksi memikat perhatian penonton yang menyaksikan, sehingga waktu pagelaran wayang golek pun sangat terasa singkat

Pagelaran wayang golek Membuat Lalu Lintas Ramai

Banyaknya warga yang menonton pagelaran wayang membuat arus lalu lintas menjadi ramai, sehingga panitia harus ekstra mengatur arus agar lancar.
.
Menurut Yayan salah satu panitia yang mengatur arus lalu lintas, pengendara tidak boleh berhenti di pinggir jalur tersebut.

“Jalurnya sempit parkir jangan di tepi jalan karena arus lalu lintas macet, jika yang membawa mobil parkir di lapang,” jelasnya.

Sehingga panitia pun harus ekstra mengarahkan pengendara yang melintas agar arus kembali lancar tidak menghambat pengguna jalan lain.

“Kami arahkan pengendara untuk parkir jika memang hendah menonton, jangan sampai menganggu pengguna jalan lain,” tambah Yayan.

Sementara itu Ketua Karang Taruna Bina Remaja Endang Ali Syahbana alias Abeng menyampaikan rasa syukurnya telah berhasil menggelar acara tersebut.

Bukan hanya wayang, terdapat pementasan dari Sanggar Tari Titik Dua yang juga turut menghibur warga Desa Handapherang.

“Alhamdulilah pagelaran wayang dan tari berlangsung dengan sukses, semoga bisa menghibur warga Desa Handapherang dan juga pengunjung lainnya,” jelas Abeng.(GaluhId/Ardiansyah)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
275PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan