Selasa, 3 Agustus 2021
Selasa, 3 Agustus 2021
BJB

Pantau Lalin, 40 CCTV Dipasang di Jalan Perkotaan Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Ciamis Bambang Hermansyah menyampaikan ada 40 CCTV. Camera tersebut dipasang sepanjang ruas jalan perkotaan untuk memantau lalu lintas.

40 CCTV atau kamera pengawas ini sudah terpasang di beberapa ruas jalan perkotaan Ciamis dari mulai simpang perempatan dan lokasi-lokasi strategis.

“Terutama ruas jalan yang banyak kendaraan lalui,” ucap Bambang, Kamis (8/4/2021).

Menurut Bambang, CCTV yang berada pada ruas jalan tersebut merupakan salah satu konsep bagian dari smart city yang secepatnya akan launcing.

“Area Traffic Control System (ATCS) memang belum secara resmi launching. Akan tetapi dalam uji coba sudah terlaksana beberapa bulan ini,” jelasnya.

Hal tersebut lanjutnya, sesuai dengan peraturan dalam Undang-undang (UU) nomor 22 tahun 2009. Hal itu tentang lalu lintas dan angkutan jalan pasal 272.

Pasal dalam UU itu untuk mendukung penindakan pelanggaran bidang lalu lintas dan angkutan jalan dapat menggunakan peralatan elektronik.

Hasil penggunaan peralatan elektronik tersebut kata Bambang bisa sebagai alat bukti pengadilan.

“Sehingga ketika ada suatu tindak kejahatan ataupun kecelakaan yang terjadi, maka sangat terbantu sekali dengan adanya konsep ATCS,” terangnya.

Bambang berharap dengan adanya ATCS ini para pengguna jalan yang berada di Ciamis lebih tertib lagi dalam berlalu lintas. Sehingga bisa lebih menekan angka kecelakaan. (GaluhID/Aldi)

Editor : Evi

Artikel Lainnya

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
265PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan