oleh

Pasca PKL, SMK di Ciamis Diberi Latihan Karakter oleh TNI

 
 

Ciamis, galuh.id – Pasca mengikuti Praktek Kerja Lapangan (PKL) selama 6 bulan, siswa SMKN 2 Ciamis dibekali materi pelatihan karakter oleh pihak sekolah bekerjasama dengan TNI selama 2 hari mulai tanggal 24-25 September 2019.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengembalikan karakter kedisiplinan para siswa selepas mengikuti Praktek Kerja Lapangan, lantaran dikhawatirkan selama para siswa PKL terpengaruh perilaku yang kurang bagus.

“Iya ini kegiatan pelatihan karakter bagi siswa yang telah menyelesaikan PKL selama 6 bulan, biasanya PKL hanya 3 bulan, jadi kami dari pihak sekolah melakukan pelatihan karakter, dikhawatirkan ada pengaruh perilaku negatif dari lingkungan luar,” ungkap Andi Mulyadi, Wakabid Humas Hubungan Industri sekaligus Ketua pelaksana pelatihan karakter pasca PKL kepada Galuh ID, Rabu (25/9/2019).

Selain itu, kegiatan pelatihan karakter ini untuk mengembalikan karakter siswa yang disiplin dalam bersikap dan rajin belajar sebagaimana pelajar yang baik.

“Kami yakin kalau karakter di lingkungan industri pasti bagus namun di luar lingkungan industri kan pasti berbeda, makanya kami lakukan pelatihan karakter,” tuturnya.

Andi menyampaikan siswa yang mengikuti pelatihan karakter ada sekitar 500 siswa.

“Belum semuanya mengikuti pelatihan karakter, nanti yang belum mengikuti akan kembali melakukan pelatihan gelombang yang kedua,” ucapnya.

Selain pelatihan karakter yang dibimbing oleh TNI, kata Andi, pada akhir pelatihan, pihak sekolah akan mengundang motivator untuk diberikan materi tentang psikologi.

“Apabila pelatihan karakter selesai, kami juga memberikan materi psikologi, agar psikologis para siswa pun bisa kembali baik, karena dengan pendekatan para siswa akan lebih mengerti dan tumbuh aura positifnya,” katanya.

Andi berharap dengan diadakannya kegiatan ini dapat berdampak positif bagi siswa, pasalnya saat ini sekolah mempunyai target untuk meningkatkan ujian nasional tentunya siswa harus semangat belajar.

“Apabila karakter sudah bagus, semangat belajarnya sudah baik, mudah-mudahan nilai ujiannya pun meningkat,” pungkasnya. (galuh.id/Arul)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA