Kamis, 3 Desember 2020
Kamis, 3 Desember 2020
 
 

Pasien Corona di Ciamis Bertambah 22 Orang, Total 252 Kasus

Hubungi Kami

Berita Ciamis, galuh.id – Kasus positif virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Ciamis pada hari Minggu (8/11/2020) bertambah 22 orang. Sehingga jumlah totalnya naik mencapai 252 kasus.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Ciamis menyebutkan perkembangan data warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 hingga Minggu 8 November 2020 bertambah 22 kasus.

“Kasus positif di Kabupaten Ciamis bertambah. Per hari Minggu (8/11/2020) ada 22 orang warga Ciamis yang terkonfirmasi Covid-19,” kata Bayu Yudiawan, Kabid Penyakit Menular Kantor Kesehatan Ciamis.

Rincian bertambah 22 orang ini terdiri dari 12 orang asal Kecamatan Ciamis. Kemudian 2 orang asal Kecamatan Baregbeg, 6 orang dari Rajadesa. 1 orang dari Cihaurbeuti dan 1 orang dari Panjalu.

Untuk klaster terkonfirmasinya, lanjut Bayu, yaitu 2 orang dari Panjalu dan Cihaurbeuti terkonfirmasi positif dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciamis.

Lalu 6 orang dari Kecamatan Rajadesa adalah kontak erat dari pasien terkonfirmasi Covid-19 yang meninggal sebelumnya, berasal dari keluarga dan tetangga.

Pasien Corona di Ciamis Bertambah 22 Orang, Kasus Positif dengan Gejala ILI

Selanjutnya, 7 orang yang berasal dari Kecamatan Ciamis adalah kontak erat dari kondektur yang terkonfirmasi saat berobat ke puskesmas dengan gejala Influenza Like Illnesss (ILI).

Dua orang dari RSUD, kata Bayu, riwayat terkonfirmasi dari kunjungan berobat karena gejala ILI. Dan 2 orang dari Kecamatan Baregbeg merupakan kontak erat dari nakes (keluarganya).

Pengertian dari Influenza Like Illnesss (ILI) sendiri merupakan keluhan seperti penyakit influenza yakni batuk pilek demam nyeri tenggorokan, hilang penciuman, lemas.

”Tapi, dengan riwayat spesifik. Seperti riwayat kontak dengan pasien terkonfirmasi. Atau riwayat lain yang mengarah ke paparan Covid-19,” jelas Bayu.

Untuk penanganan orang yang terkonfirmasi positif tanpa gejala (OTG), masih mengandalkan isolasi mandiri dengan melakukan survei epidemiologi. Dengan memisahkan yang positif dan negatif.

Menurut kajian epidemiologi dari tim teknis, sambung Bayu, merekomendasikan untuk isolasi terpusat.

Bayu menambahkan, Kantor Kesehatan Kabupaten Ciamis telah menyampaikan opsi ke BPBD dan ada respon dari BNPB terkait isolasi terpusat menyerahkan ke Kabupaten/Kota.

Opsi lainnya dari konsep edaran Mendes tentang Desa Tanggap Covid-19 bisa per desa. Atau bisa terpusat di Kecamatan dengan cost sharing antar desa termasuk SDM-nya. (GaluhID/Evi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Gara-gara Tanam Pisang, Warga Ciamis Ini Dapat Hadiah Domba

Berita Ciamis, galuh.id - Tanam pisang di Dusun Nagrog Desa Kertabumi Kecamatan Cijeungjing, salah satu warganya mendapatkan hadiah domba dari panitia, Rabu...

Operasi Yustisi di Banjarsari Ciamis, 60 Pelanggar Kena Sanksi Sapu Jalan

Berita Ciamis, galuh.id - Sebanyak 60 warga terjaring operasi yustisi di depan alun - alun Banjarsari Ciamis. Mereka kedapatan tidak memakai masker...

11 Warga Positif Corona, Kantor Desa Sukajadi Ciamis Tutup 3 Hari

Berita Ciamis, galuh.id - Kantor Desa Sukajadi, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, tutup 3 hari. Penutupan kantor desa itu lantaran kasus Covid-19 di...

Temukan Kami

48,648FansSuka
215PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Jin BTS Dapat Penangguhan Wajib Militer, Kabar Gembira Untuk ARMY

Jin BTS dapat penangguhan wajib militer dari Badan Administrasi Militer Korea Selatan. Hal tersebut atas pertimbangan pelbagai prestasi yang BTS peroleh.

Zanziman Ellie Manusia Hutan Dari Afrika, Mowgli ‘The Jungle Book’ di Dunia Nyata

Zanziman Ellie manusia hutan dari Afrika kini tengah ramai jadi sorotan. Pasalnya ia memiliki kemiripan dengan karakter Mowgli dalam film The Jungle...

Prediksi Boruto Chapter 53, Jougan Boruto Aktif dan Kawaki Mendapatkan Kembali Kekuatan Karmanya

Prediksi Boruto Chapter 53 sepertinya masih akan berkutat pada pertempuran epik antara Naruto melawan Isshiki. Hal ini pastinya membuat...

Spesifikasi HP Samsung Galaxy A12 Mampu Menarik Perhatian Berbekal Quad Kamera

Spesifikasi HP Samsung Galaxy A12 memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat pada pasar Indonesia. Banyak orang yang mengetahui brand asal Korea Selatan...

Gara-gara Tanam Pisang, Warga Ciamis Ini Dapat Hadiah Domba

Berita Ciamis, galuh.id - Tanam pisang di Dusun Nagrog Desa Kertabumi Kecamatan Cijeungjing, salah satu warganya mendapatkan hadiah domba dari panitia, Rabu...