Selasa, 13 April 2021
Selasa, 13 April 2021
BJB

Mayoritas Penduduknya Petani, Pemda Ciamis Akan Prioritaskan Program Pertanian

Pamarican, galuh.id – Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya mengungkapkan, masyarakat Kabupaten Ciamis mayoritas penduduknya adalah petani.

Sehingga prioritas pemberdayaan ekonomi masyarakat akan diprioritaskan ke arah pertanian.

Hal tersebut Herdiat ungkapkan saat membuka launching 99 petani berdaya yang diselenggarakan oleh Bank Mandiri, di lapang Desa Neglasari, Kecamatan Pamarican Ciamis, Kamis (23/01/2020).

“Delapan puluh persen penduduk Kabupaten Ciamis merupakan Petani. Sisanya ada yang jadi PNS, pengusaha, tentara, polisi dan lain sebagainya,” terangnya.

Potensi Pertanian Ciamis Cukup Bagus

Dengan penduduk yang mayoritas petani, tentunya Pemda Ciamis akan memprioritaskan program pertanian.

Kabupaten Ciamis, kata Herdiat, terbagi tiga wilayah yaitu Ciamis bagian Selatan, Ciamis bagian Tengah dan Ciamis bagian Utara.

Untuk Ciamis Bagian Selatan merupakan sentra padi atau lumbung padi. Sentra padi tersebut ada di empat Kecamatan, yaitu Kecamatan Pamarican, Banjarsari, Purwadadi dan Lakbok.

“Di empat kecamatan tersebut akan kita fokuskan di bidang pertanian, agar swasembada pangan di Ciamis terus meningkat,” ucapnya.

Dari lumbung padi itu, lanjut Herdiat, dalam setiap tahunnya Kabupaten Ciamis belum pernah kekurangan padi.

“Alhamdulillah, setiap tahunnya Kabupaten Ciamis selalu surplus, hingga mencapai 100 ribu ton beras, itu pencapaian luar biasa yang membanggakan kita,” katanya.

Pada kesempatan itu pula, Herdiat menyebutkan rencana ASN Kabupaten Ciamis akan diwajibkan membeli beras lokal hasil petani Ciamis.

“Karena dalam gaji para ASN itu, sudah termasuk untuk pembelian beras, kalau tidak salah satu jiwa 10 kg,” paparnya.

Tetapi, tentunya harus dibarengi dengan kualitas yang bagus dan harga yang murah.

“Ke depan kami akan bekerja sama dengan para petani lokal Ciamis, agar bisa mensuplai beras ke para ASN,” ucapnya.

Lanjutnya, beberapa bulan yang lalu, Kabupaten Ciamis mendapat penghargaan dari pemerintah pusat sebagai pengguna kartu tani terbanyak.

Selain itu, di Kecamatan Panumbangan juga mendapat peringkat kedua nasional sebagai pengguna kartu tani terbaik.

Kartu tani merupakan kartu yang visa digunakan para petani untuk membeli pupuk bersubsidi. Kartu ini bisa digunakan di sejumlah agen pupuk yang bekerjasama dengan Bank Mandiri.

“Tentunya ini sangat membanggakan kita semua. Ini berkat kerja keras bapak ibu semua. Mudah-mudahan bisa terus ditingkatkan,” pungkas Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya. (GaluhID/Uus)

 
 
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Ini Aturan Ibadah di Bulan Ramadhan Saat Pandemi di Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Pemkab Ciamis menggelar rakor tentang pelaksanaan ibadah pada bulan ramadhan bertempat di Aula Setda Ciamis, Senin (12/4/2021). Bupati Ciamis Herdiat Sunarya...

Webinar Eco-Fest 2021, BEM FE UNIGAL Ciamis Bahas SDGs

Berita Ciamis, galuh.id - Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Galuh (BEM FE UNIGAL) Ciamis menggelar webinar sebagai puncak dari kegiatan Eco-Fest 2021. Acara puncak...

Warga Karyamukti Ciamis Olah Buah Aren Jadi Kolang Kaling

Berita Ciamis, galuh.id - Bagi warga masyarakat Desa Karyamukti, Banjaranyar Ciamis, bulan puasa atau ramadhan merupakan bulan berkah. Hal tersebut terlihat ketika mereka sibuk...

Temukan Kami

47,744FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya