Selasa, 14 Juli 2020
Selasa, 14 Juli 2020
 
 

Pemdes Cikoneng Ciamis Gelar Seminar Pengelolaan Sampah

Cikoneng, galuh.id – Pemerintah Desa Cikoneng menggelar seminar Sistem Pengelolaan Sampah Skala Desa di aula Desa/Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (29/7/2019) lalu.

Seminar ini bertujuan menyusun Sistem Pengelolaan Sampah di Desa Cikoneng dan menjadi mata kegiatan dalam dokumen Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDesa) Cikoneng 2020 yang saat ini sedang disusun oleh Tim Penyusun RKPDesa Cikoneng.

Kepala Desa Cikoneng, Elin Herlina, mengatakan, permasalahan sampah sudah sangat mendesak untuk ditanggulangi. Apalagi saat ini, timbulan sampah sudah menyasar sungai dan drainase sehingga mengganggu aliran sungai dan menimbulkan aroma tidak sedap.

“Saat pelaksanaan Musyawarah Desa, warga kami sepakat menjadikan pengelolaan sampah sebagai program prioritas 2020,” kata Elin Herlina di sela acara.

Seminar tersebut mengundang Kepala Seksi Kebersihan Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Ciamis, Giyatno sebagai narasumber. Adapun peserta ialah perwakilan LPM, Kader PKK, Kepala Dusun, Karang Taruna, BUMDesa dan kelompok masyarakat.

Dalam paparannya, Giyatno menyatakan, persoalan sampah bukan lagi problem masyarakat perkotaan. Tetapi juga menjadi persoalan di tiap-tiap desa. Apalagi Desa Cikoneng yang dibelah oleh jalan nasional, produksi sampah rumah tangga, restoran dan pusat perbelanjaan, volumenya terus meningkat.

“Masyarakat di desa juga harus diedukasi dalam pengurangan sampah agar timbulan sampah tidak menjadi masalah lingkungan dan kesehatan warga,” ujarnya dalam sesi diskusi.

Hasil seminar tersebut akan dijadikan Pemdes Cikoneng sebagai dasar menyusun kebijakan dalam pengelolaan sampah berupa, pembentukan bank sampah di tiap lingkungan pemukiman, fasilitasi tempat pengelolaan sampah dan payung regulasi berupa peraturan desa tentang pengelolaan sampah.

Kebijakan itu nantinya akan didukung oleh anggaran dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa 2020 dan menjadi program prioritas Pemdes Cikoneng. Harapannya lingkungan pemukiman warga menjadi bersih dan sampah yang dikelola dan bernilai ekonomi menjadi sumber pendapatan tambahan bagi warga.(galuh.id/Naldi)

Redaksi GaluhID
Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Tahun Ajaran Baru 2020 di Tengah Pandemi Covid-19, Guru di Ciamis Keliling ke Rumah Siswa

Berita Ciamis, galuh.id - Tahun Ajaran Baru 2020 sudah dimulai Senin (13/7/2020), namun kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Ciamis Jawa Barat belum...

Adaptasi Kebiasaan Baru Warga Ciamis Diminta Rajin Olahraga

Berita Ciamis, galuh.id - Adaptasi Kebiasaan Baru Warga masyarakat Ciamis diminta untuk rajin olahraga. Karena olahraga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan...

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Temukan Kami

49,357FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning Batal Tayang, Ini Alasannya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning batal tayang. Dua film sekuel live action terbaru dari petualangan Himura Batousai ini tak jadi...

MPLS SMA/SMK Tahun Ajaran Baru 2020 di Jabar Dilaksanakan Secara Online

Berita Jabar, galuh.id - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA/SMK tahun ajaran baru 2020 di Jawa Barat (Jabar) dilaksanakan secara online.

Inter Vs Torino: Menang 3-1, Nerrazurri Menyodok ke Posisi Kedua Klasemen

Berita Olahraga, galuh.id - Inter Vs Torino merupakan Laga yang menjadi rangkaian pertandingan penutup di pekan ke-32 Liga Italia.

Tiga Rumus Pariwisata Jabar Aman Beroperasi di Masa AKB

Berita Jabar, galuh.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menerangkan tiga rumus agar pariwisata Jabar aman untuk beroperasi kembali di masa...

Tidak Pakai Masker di Jabar Akan Dikenakan Denda Rp 100-150 Ribu

Berita Jabar, galuh.id - Tidak pakai masker di Jabar akan dikenakan denda sebesar Rp. 100 ribu sampai dengan Rp. 150 ribu.