Minggu, 1 Agustus 2021
Minggu, 1 Agustus 2021
BJB

Pemkab Ciamis Serahkan Santunan Untuk Ribuan Anak Yatim Piatu

Berita Ciamis, galuh.id – Pemkab Ciamis melalui Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra, serahkan santunan untuk ribuan anak yatim piatu di Ciamis.

Santunan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis tersebut merupakan infaq dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kabupaten Ciamis.

Penyerahan yang dilakukan secara simbolik oleh Wakil Bupati Ciamis kepada para camat di kantor Baznas Ciamis, Kamis (23/8/2020).

Tercatat sebanyak 13.250 anak yatim piatu di seluruh desa se-Kabupaten Ciamis mendapatkan bantuan infaq dari ASN Peduli Covid-19.

Bantuan sosial berupa uang yang berasal dari ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis sebanyak Rp. 662,5 juta.

Menurut Wakil Bupati Ciamis, infaq tersebut sesuai hasil kesepakatan antara bupati dan jajarannya akan diberikan pada anak yatim piatu.

“Dana tersebut merupakan infaq ASN Pedui Covid-19 yang ke-3 kalinya dari para ASN di Ciamis,” jelas Yana.

Selain itu Yana menambahkan kebijakan infaq sebesar 10% dari tunjangan ASN dikeluarkan oleh Bupati Ciamis saat dilanda pandemi Covid-19.

Santunan Untuk Ribuan Anak Yatim Menjadi Agenda Rutin

Yana berharap santunan yang diberikan Pemkab Ciamis untuk anak yatim tersebut dapat dijadikan kegiatan rutin.

Sebelumnya, seluruh camat di Kabupaten Ciamis mengintruksikan pada seluruh kepala desa agar melakukan pendataan calon penerima santunan.

Kemudian santunan tersebut diberikan pada camat dan diserahkan pada kelapa desa di wilayah kerjanya, selanjutnya diberikan pada penerima santunan.

Sehingga data penerima santunan yang diperoleh berasal dari pendataan para kepala desa yang sebelumnya sudah diintruksikan oleh camatnya masing-masing.

Setiap desa akan diberikan santunan untuk 50 anak yatim piatu, dan akan menerima santunan sebesar Rp. 50 ribu per anak.

Santunan Untuk Ribuan Anak Yatim tersebut dijelaskan Yana, sebagai bentuk kepedulian dari ASN dengan menyisihkan sebagian rizkinya, untuk diinfakan.

“Ini merupakan kepedulian sosial khususnya dari ASN, dan semoga momentum Muharram santunan dapat diterima oleh anak yatim piatu,” jelas Yana.

“Ke depannya program ini diharapkan bisa menjadi kegiatan rutin Pemkab Ciamis dan Insyaa Alloh barokah,” pungkas Yana. (GaluhID/Ardiansyah)

Artikel Lainnya

Loading...

Temukan Kami

47,551FansSuka
265PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan