Kamis, 9 Juli 2020
Kamis, 9 Juli 2020
 
 

Pemohon Kartu Pencari Kerja di Ciamis Meningkat Setelah Lebaran

Berita Ciamis, galuh.id – Pemohon kartu pencari kerja di Ciamis meningkat pasca lebaran dan berakhirnya tahun ajaran baru.

Setiap hari, 100 orang lebih memenuhi Kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Ciamis.

Hal tersebut menandakan meski dalam pandemi Corona tidak mengurungkan niat para pencari untuk menempuh syarat dalam mencari pekerjaan.

Kendati demikian, guna menjaga keamanan, Disnaker melakukan langkah protokol kesehatan.

Pemohon harus memakai masker, cuci tangan sebelum masuk ruangan, dan mengecek suhu tubuh.

“Serta bagi pemohon yang masuk ke ruangan juga dibatasi dengan sistem giliran,” terang Kepala Dinas Tenaga Kerja Ciamis Asep Dedi, Rabu (3/6/2020).

Dia menambahkan, meski suasananya sedang pandemi Corona, tapi pemohon kartu AK1 atau kartu kuning meningkat.

“Memang pelayanan sudah dibuka kembali setelah lebaran, namun seperti sudah menjadi tradisi,” ucap Asep.

Dia mengatakan, setiap akhir ajaran baru dan setelah lebaran pemohon kartu pencari kerja pasti membludak.

Umumnya para pencari kerja di Ciamis akan mencari kerja di luar daerah. Dibandingkan dengan kondisi sebelum pandemi Corona, jumlahnya belum begitu signifikan.

“Rata-rata mereka mencari kerja ke luar daerah. Seperti Majalengka, Cikarang Bekasi, Bandung, Jakarta. Kalau di Ciamis hanya sedikit karena memang lowongan kerja sangat sedikit,” jelasnya.

Asep menegaskan pembuatan kartu pencari kerja di Ciamis tidak dipungut biaya alias gratis. Bila ada oknum pegawai yang menarik pungutan dipersilakan untuk melaporkannya.

Sementara itu, seorang pencari kerja di Ciamis, Novi Novianti (18), mengaku membuat kartu kuning untuk persyaratan melamar kerja di Bandung.

“Diajak oleh saudara. Untuk bekerja di sebuah pabrik di Bandung perlu persyaratan, saya ke sini untuk membuat kartu kuning sebagai syarat kerja,” ungkapnya. (GaluhID/Maulana)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Peminat Membludak, SMAN 1 Ciamis Terima 408 Siswa Baru

Berita Ciamis, galuh.id - Pendaftar untuk menjadi siswa di SMAN 1 Ciamis membludak, namun SMAN 1 Ciamis terima 408 siswa baru.

TNI/Polri Panen Raya Ikan Gurame di Purwadadi Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Dandim 0613/Ciamis dan Kapolres Ciamis bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mengikuti panen raya ikan gurame, Selasa (7/7/2020).

Diduga Terjatuh dari Pohon Pinang, Warga Pamarican Ciamis Meninggal di Area Pemakaman

Berita Ciamis, galuh.id - Seorang warga dari Dusun Angsara RT 28, RW 7, Desa Neglasari, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, ditemukan meninggal di...

Temukan Kami

49,405FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Rapat Exco PSSI, Liga 2 Bakal Dilanjut?

Info Liga 2, galuh.id - PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) kemungkinan bakal melanjutkan kompetisi Liga 2 2020 pada Oktober mendatang.

Bus KPK Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi Hadir di Ciamis

Ciamis, Galuh.ID - Bus KPK Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi tampak terparkir bersama mobil-mobil Dinas dari berbagai instansi di depan Gedung Islamic Center pada Jum'at...

Gubernur Jabar Bagikan Sembako kepada Warga Ciamis Terdampak Covid-19

Berita Ciamis, galuh.id - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama Kapolda Jabar Irjen Pol. Drs. Rudy Sufahriadi dan Pangdam III Siliwangi Mayjen...

Jalur Offroad di Ciamis Tersaji di Wahana Wisata Grand Sayang Kaak

Berita Ciamis, galuh.id - Jalur Offroad di Ciamis menjadi salah satu wahana yang berada di dalam wahana wisata Grand Sayang Kaak, Handapherang...

Polisi Tangkap Pelaku Cabul di Ciamis

Tersangka di foto pada saat konprensi persi di mapolres ciamis