Kamis, 9 Juli 2020
Kamis, 9 Juli 2020
 
 

Pemudik yang Lolos Dipastikan Sulit Masuk Jakarta Lagi

Berita Nasional, galuh.id – Bagi masyarakat yang sebelumnya berhasil mudik, dipastikan akan sulit masuk Jakarta. Sebab, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan memperketat penyekataan arus balik.

Fokus penyekatan arus balik ini akan dilakukan pada H+1 hingga H+7 Lebaran. Selain itu, pos pengamanan (Pospam) Operasi Ketupat juga akan lebih digiatkan pada sejumlah titik keberangkatan menuju Jakarta.

Untuk dapat kembali memasuki Jakarta, ada persyaratan baru yang harus dipenuhi pemudik. Yakni harus punya SIKM (Surat Izin Keluar atau Masuk). Jika tidak, maka pemudik akan disuruh putar balik.

Harus Memiliki SKIM

Melansir dari Kumparan, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar mengatakan, tidak mudah atau akan sulit masuk ke Jakarta. Bagi pemudik yang ingin masuk lagi ke Jakarta, diharuskan memiliki SIKM.

“Keluar masuk Jakarta harus punya SIKM. Di Karawang ada pemeriksaan SIKM. Jika pemudik masuk Jakarta tanpa SIKM, mereka akan disuruh putar balik,” ujar Fahri, seperti dikutip di laman Kumparan, Jumat (23/5/2020).

Dalam penyekatan arus balik ini, kata Fahri, pihaknya akan berkoordinasi dengan Polda setempat. Misal di Karawang, Banten di Cikupa, dan beberapa pos di lingkungan Polda Metro Jaya.

Sementara bagi masyarakat yang berhasil lolos penyekatan, pihaknya telah menyiapkan skenario khusus berupa karantina kesehatan. Hal itu guna menjamin masyarakat yang terlanjur masuk Jakarta bebas Covid-19.

“Jadi nanti kalau ada yang lolos ke Jakarta tapi dia tak punya SIKM, maka nanti kepadanya akan dilakukan karantina 14 hari,” pungkas Fahmi Siregar.

SIKM bertujuan untuk menjaring pemudik yang akan masuk kembali ke Jakarta. SIKM ini juga merupakan akses bagi warga yang tetap diperbolehkan beraktivitas selama masa PSBB di Jakarta.

Mengacu pada Pergub No 33 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam Penanganan Covid-19 di Provinsi DKI Jakarta, ada 11 sektor yang tetap diperbolehkan untuk beraktivitas selama PSBB.

Adapun 11 sektor tersebut diantaranya Bahan pangan/ makanan/ minuman, Kesehatan, Energi, Komunikasi dan Teknologi Informasi.

Selain itu juga untuk Logistik, Keuangan, Konstruksi, Perhotelan, Pelayanan dasar/ objek vital, Industri strategis, dan Kebutuhan sehari-hari. (GaluhID/Evi)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Kapan Pencairan Gaji ke-13 2020? Simak Penjelasannya!

Berita Nasional, galuh.id - Kapan pencairan gaji ke-13 2020 terus jadi pertanyaan para PNS. Meskipun disebutkan anggaran untuk abdi negara ini telah...

Program Kartu Prakerja Tetap Berjalan, Meskipun Pelatihan Dihentikan

Berita Nasional, galuh.id - Program Kartu Prakerja tetap berjalan. Sebelumnya tersiar kabar paket pelatihan kartu Prakerja ditiadakan karena berbagai hal, sehingga masyarakat...

Penyebab Tagihan Listrik Naik, Ternyata Ini Alasannya

Berita Nasional, galuh.id - Penyebab tagihan listrik naik yang ramai dikeluhkan oleh sejumlah pelanggan pascabayar PT. PLN (Persero). Sejumlah...

Temukan Kami

49,405FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Evaluasi, Pemdes Sindangrasa Banjaranyar Gelar Rakor Triwulan

Banjaranyar, galuh.id - Pemerintah Desa Sindangrasa, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Triwulan di aula Desa Sindangrasa, Kamis (4/07/2019). Tujuan...

Ini Dia Alasan Herdiat-Yana Menangkan Pilkada Ciamis Menurut Peneliti LSI

Ciamis- Hitung Cepat (Quick Count) yang dilakukan oleh Lembaga Lingkaran Survei Indonesia (LSI) mengunggulkan Herdiat-Yana sebagai pemenang Pilkada Kabupaten Ciamis 2018. Pilkada serentak yang...

Arena Adu Bagong di Tasikmalaya Dibongkar Aparat

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Lapak adu bagong (babi hutan melawan anjing) di Tasikmalaya dibongkar aparat. Lokasi tersebut tepatnya berada di kawasan kecamatan...

Kelas BPJS Kesehatan Dihapus, Ridwan Kamil: Kualitas Pelayanan Jangan Diturunkan

Berita Jabar, galuh.id - Kelas BPJS Kesehatan dihapus, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil berharap, dihapusnya tingkatan kelas tidak sampai menurunkan kualitas pelayanan...

Manajer Sriwijaya FC Mendadak Mundur dari Jabatannya

Info Liga 2, galuh.id – Publik sepak bola Sumsel dikejutkan dengan mundurnya Manajer Sriwijaya FC secara mendadak. Kepastian rencana...