oleh

Penari Kolosal SMKN 1 Ciamis Dua Kali Diundang Kementerian Pertahanan

 
 

Ciamis, galuh.id – Membanggakan, sudah dua kali siswa-siswi SMKN 1 Ciamis mendapat undangan untuk menjadi penari kolosal di beberapa acara yang digelar Kementerian Pertahanan RI.

Diantaranya, para siswa-siswi SMK N 1 Ciamis menjadi penari dalam pembukaan Dialog Tokoh Bangsa yang digelar di Jakarta pada 12 Agustus 2019 lalu. Mereka juga tampil dalam acara dialog Tokoh Adat dan Agama yang digelar di Jakarta pada 2 Oktober 2019.

Guru Seni dan Budaya SMKN 1 Ciamis, Endah Rahayu Dwiningsih, mengatakan, pihaknya memang kerap kali diundang untuk mengisi acara mulai dari seminar sampai perlombaan menari.

Bahkan, murid Endah pernah mewakili Jawa Barat pada lomba seni tari di tingkat Nasional yang digelar di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Karena kreasi seni tarinya yang indah, pihak Kementerian Pertahanan tertarik untuk mengundangnya.  

“Undangan itu berawal dari kebiasaan saya membawa murid-murid saya menjadi penari di acara-acara. Dari sana ada yang kenal. Kemudian kita ditawari. Bisa gak anak asuhnya dibawa, katanya. Saya bilang siap. Boleh kita coba,” ujar Endah.

Dia merasa senang bisa menjadi bagian dari acara yang digelar Kementerian Pertahanan. Lantaran, kreasi Endah dan  murid-muridnya bisa dilihat para tokoh bangsa. 

Di acara Kementerian Pertahanan RI itu, SMK N 1 Ciamis diminta untuk menjadi penari kolosal dengan tema Bhineka Tunggal Ika. Pada acara yang pertama, Endah membawa 11 muridnya. Sementara di acara yang kedua, ia membawa 35 murid SMK N 1 Ciamis.

“Meski awalnya saya takut anak-anak menolak, karena kan di sini SMK, anak-anak kejuruan. Berbeda dengan SMA. Tapi ternyata anak-anak sangat antusias sekali. Dan saya juga yakin bisa,” ujarnya.

Tawaran untuk menjadi penari di acara-acara besar banyak berdatangan ke SMK N 1 Ciamis, tetapi banyak acara yang ditolak. Pihak SMK N 1 Ciamis khawatir mengganggu belajar siswa. 

“Pokoknya setelah acara Kementerian yang pertama juga banyak tawaran menari. Tapi kita tidak bisa terima karena bisa mengganggu belajar anak. Baru pada 2 Oktober kemarin, karena ada jeda dua bulan kami terima lagi undangan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala SMK N 1 Ciamis Dra. Hj. Ika Karniati Sardi, M.Pd merasa bangga dan bahagia dengan dipercayanya untuk mengisi acara kenegaraan di hadapan tokoh-tokoh bangsa.

“Ini pengalaman yang sangat berharga karena tidak semua sekolah bisa mengisi kegiatan kenegaraan dan sebuat prestasi buat anak-anak siswa dan guru yang melatihnya,” kata dia.

Endah berharap prestasi ini tetap bertahan dan SMKN 1 Ciamis bisa terus dipercaya untuk terus mengisi kegiatan kenegaraan yang lainnya.

“Tapi harus disesuaikan dengan jadwal belajar jangan terganggu,” tandasnya. (galuh.id/Taz)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA