Menurut Andang, Feasibility Studi atau Studi Kelayakan oleh Pemkab Tasikmalaya, sedangkan Detail Engineering Design (DED) atau produk perencanaan oleh Pemkab Ciamis.
“Pemkab Tasikmalaya Feasibility Studi atau Studi Kelayakan sedangkan Pemkab Ciamis Detail Engineering Design (DED) atau produk perencanaan,” tambah Andang.
Pengganti Jembatan Cirahong, Pengkajian Dua Daerah Lebih Komprehensif
Kemudian Andang juga menjelaskan, dengan adanya pengkajian oleh dua daerah akan membuat lebih komprehensif dari sisi geologis tanah.
“Dengan pengkajian oleh dua daerah maka akan lebih komprehensif dari sisi kontur dan geologis tanahnya,” jelas Andang.
Sementara itu, Sekretaris DPUPRP Ciamis, Hilman Nuryadin menambahkan, pembangunan jembatan itu rencananya dekat dengan Jembatan KAI Cirahong sebelah kanan.
Menurut Hilman, kemungkinan jembatan tersebut akan mulai pembangunannya tahun 2025, saat ini sedang proses penyusunan FS dan DED.