oleh

Pentas Seni di SMKN 1 Ciamis Bernuansa Batik

 
 

Ciamis, galuh.id – Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional, SMKN 1 Ciamis menggelar pentas seni antar kelas, yang diselenggarakan di gedung olahraga, Jumat (4/10/2019).

Pembukaan pentas seni diawali dengan tarian Ratu Jaroh yang berasal dari Banda Aceh. Tarian tersebut dibawakan 360 penari dari siswa yang mengikuti ekstra kulikuler Kharisma SMKN 1 Ciamis.

Dalam kegiatan pentas seni ada beberapa penampilan dibawakan perwakilan dari masing-masing kelas. Seperti Drama, tarian khas daerah dan lomba lukis motif batik. Semua penampilan dinilai oleh juri. Penampilan yang dianggap bagus diberi hadiah.

Kepala sekolah SMKN 1 Ciamis, Dra. Hj. Ika Karniati Sardi, M.Pd mengatakan pentas seni tersebut merupakan agenda tiap tahun yang rutin diselenggarakan, namun setiap tahunnya berbeda tema yang ditampilkan.

Suasana siswa smkn 1 ciamis saat pentas seni. Foto : Dokpri

“Pentas seni tahun ini menggunakan tema batik, karena saat ini kan hari batik nasional, jadi kami (pihak sekolah) menggunakan tema batik di setiap penampilan para peserta,” ujarnya kepada Galuh ID, Jumat (4/10/2019).

Menurutnya, dengan pentas seni yang diikuti oleh para siswa ini, akan menumbuhkan kreatifitas dan sekaligus meningkatkan rasa percaya diri.

“Untuk semua kreatifitas dalam pentas seni semua murni hasil karya anak-anak, tidak mendatangkan pelatih dari luar sekolah, jadi siswa dituntut untuk berpikir kreatif dan anak-anak pun jadi berani tampil di depan panggung yang tadinya pemalu,” tuturnya.

Selain itu, dengan diselengarakan pentas seni ini, kata dia, para siswa akan mengetahui nilai seni dan budaya Nusantara.

“Lama-lama nanti siswa suka dan mencintai kesenian dan budaya yang ada di Indonesia, sehingga seni dan budaya nusantara tetap lestari dari generasi ke generasi,” katanya.

Ika berharap ke depan kegiatan pentas seni bisa lebih meriah dan lebih baik dengan tahun ini, pihaknya akan support setiap kegiatan apapun yang positif bagi siswa dan sekolah.

“Alhamdulilah kegiatan ini sangat meriah dan bahagia melihat anak-anak siswa antusias mengikuti pentas seni, mudah-mudahan ke depan bisa lebih baik lagi dan lebih beda dengan tahun ini,” pungkasnya. (galuh.id/Arul)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA