Kamis, 22 April 2021
Kamis, 22 April 2021
BJB

Penyebab Gagal Kartu Prakerja, Jangan Ulangi Lagi

Penyebab gagal kartu prakerja bisa disebabkan beberapa faktor. Program pemerintah Presiden Jokowi ini mendapat antusias dari ribuan pendaftar. Sehingga peluang kelulusan calon peserta juga sangat kecil.

Pada awal dibukanya gelombang 1 kartu prakerja, tercatat ada lebih dari 5 juta peserta yang mendaftar dan yang lolos hanya 160 ribu peserta saja. Karena banyaknya pendaftar, disarankan untuk mengikuti tes kartu prakerja dengan teliti seperti mengisi soal dengan benar.

Penyebab Gagal Tes Kartu Prakerja

Salah memasukkan NIK KTP

Ketika mendaftar kartu prakerja usahakan untuk selalu teliti dalam mengisi apapun, termasuk mengisi nomor NIK KTP. Karena salah memasukkan NIK bisa menjadi penyebab gagal tes kartu prakerja.

Baca Juga: Gagal Masuk Kartu Prakerja Berkali-kali? Coba Trik Ini Biar Lolos!

“Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nama di NIK tidak bisa diverifikasi karena salah ketik,” ucap Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Prakerja Panji Winanteya Ruky.

Solusi jika Anda salah memasukkan NIK KTP adalah dengan mendaftarkan ulang di gelombang selanjutnya. Jangan berkecil hati karena kartu prakerja gelombang 7 telah dibuka dan masih tersisa empat gelombang lagi.

Email yang didaftarkan tidak valid

Penyebab gagal kartu prakerja selanjutnya adalah email yang tidak valid. Panji juga mengingatkan peserta untuk menggunakan email yang valid dan masih aktif, karena saat melakukan pendaftaran akan diverifikasi lewat email yang didaftarkan.

Bagi Anda yang belum memiliki email untuk mendaftar kartu prakerja kami bantu cara membuat email dengan mudah di hp. Berikut caranya:

  • Buka pengaturan di smartphone Anda
  • Scroll ke bawah hingga menemukan tombol sinkron
  • Tekan tombol tambahkan akun
  • Pilih google (Tunggu beberapa detik)
  • Ketuk tombol buat akun
  • Silahkan isi form mulai dari nama tanggal lahir, negara dan no hp.
  • Tunggu sms verifikasi email pada nomor yang didaftarkan.
  • Selesai, email siap digunakan untuk daftar kartu prakerja.
  • Foto buram/tidak jelas

Foto juga bisa jadi penyebab gagal kartu prakerja. Menurut Panji ketika mendaftar usahakan untuk melakukan foto ditempat yang memiliki pencahayaan cukup baik.

Selain pencahayaan, pandangan mata juga harus lurus kedepan, tidak boleh memakai kacamata atau penutup kepala.

Panji juga menjelaskan bahwa seleksi peserta kartu prakerja tidak terlalu ketat, kelulusan peserta kartu prakerja juga dilakukan secara acak atau random. Namun tetap mendahulukan pendaftar yang terkena dampak COVID-19.

Awalnya banyak orang yang tidak setuju dengan program Presiden Jokowi tersebut. Pasalnya materi pelatihan pada program kartu prakerja kualitasnya standar dan banyak pelatihan gratis di Youtube yang lebih baik.

Harga pelatihan pun tidak masuk akal dan terlalu mahal, para pengkritik kartu prakerja berpendapat pemberian bantuan secara langsung atau tunai akan lebih baik dan tepat sasaran.

Baca Juga: Diterima Kartu Prakerja, Ini yang Harus Dilakukan

Meski program ini dikritik namun banyak pula yang mendukung. Para pendukung program prakerja berpendapat pemberian dana yang ditransfer melalui bank atau e-wallet minim korupsi.

Kartu prakerja Gelombang 7 telah dibuka

Gelombang 7 kartu prakerja sudah dibuka, bagi anda yang belum lulus bisa mendaftar ulang. Usahakan untuk tidak melakukan lagi kesalahan penyebab gagal kartu prakerja yang sudah saya jelaskan.

Silahkan login www.prakerja.go.id untuk mendaftar ulang. Seperti sebelumnya pertanyaan akan muncul mulai dari status pekerjaan, tes kemampuan dengan beberapa soal yang harus dijawab dan juga tes kepribadian.

Diharapkan bagi yang sedang bekerja atau statusnya masih pelajar untuk tidak mendaftarkan diri karena nyatanya masih banyak yang membutuhkan dana tersebut.

Sesuai ketentuan awalnya bahwa kartu prakerja ini diperuntukkan bagi mereka yang belum mendapatkan pekerjaan, korban PHK akibat pandemi dan masyarakat umum yang terdampak pandemi Covid-19.

Penerimaan Secara acak atau random?

Meski penerimaan peserta program kartu prakerja dilakukan secara random bukan berarti anda harus mengisi pertanyaan dengan asal. Memberi jawaban yang tidak tepat bisa menjadi penyebab gagal kartu prakerja.

Sediakan 2 smartphone jika perlu, soal matematika selalu muncul dalam tes kartu prakerja sehingga perlu mencari rumus.

Saat mengisi jawaban ada waktu yang ditentukan, sebaiknya selesaikan segera sebelum waktunya habis. Siapkan juga kalkulator jika perlu buku dan pena untuk membantu mencari jawaban dari persoalan yang diberikan.

Intinya penyebab gagal kartu prakerja disebabkan NIK yang salah, email yang tidak valid dan foto yang tidak jelas. Lebih teliti lagi saat memasukkan NIK dan jangan lupa masukan rekening atau e-wallet atas nama sendiri. (GaluhID/Elsa)

 
 
Loading...

Artikel Terkait

Temukan Kami

47,715FansSuka
241PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya