Kamis, 9 Juli 2020
Kamis, 9 Juli 2020
 
 

Perawatan Wajah Berminyak, Ikuti Tips Mudah Berikut Ini!

Bebas jerawat dan pori-pori tampak samar adalah tujuan dari perawatan wajah berminyak. Karena kulit berminyak mudah terkena jerawat apabila pori-pori tersumbat, maka diperlukan produk yang bisa bekerja hingga ke lapisan terdalam. Memilih skincare dengan zat-zat tertentu juga sangat dianjurkan.

Walaupun kulit berminyak memiliki kelebihan yaitu tidak mudah muncul keriput, tetap saja sebagian orang merasa tidak percaya diri. Ini dikarenakan produksi minyak berlebih membuat debu dan kotoran mudah menempel di permukaan kulit. Apalagi jika sedang berkeringat, kulit wajah semakin tak nyaman.

Tips Perawatan Wajah Berminyak

Lalu, apa saja perawatan untuk kulit berminyak yang perlu kita praktekkan? Tips ini akan membantu membuat kulit berminyak lebih terawat dan bebas jerawat.

Double Cleansing Method

Dalam membersihkan kulit wajah, tidak cukup dengan sabun saja. Anda memerlukan first cleanser untuk mempersiapkan wajah sebelum terkena air. First cleanser yang populer saat ini adalah Micellar Water.

Wajah berminyak dapat dibersihkan dengan Micellar Water sangat praktis, hanya perlu diusapkan ke wajah menggunakan kapas. Ingat ya, gunakan cara ini hanya di malam hari saja sebelum mencuci wajah. Apabila Anda sering menggunakan make up waterproof, disarankan memilih first cleanser berupa olive oil atau apricot oil.

Hanya karena wajah kita berminyak, bukan berarti kulit tidak butuh ‘oil’. Kandungan minyak pada cleansing oil dapat memberikan manfaat pada wajah. Sehingga dikatakan sebagai ‘minyak yang baik’.

Sedangkan minyak yang diproduksi oleh kulit tidak memberi manfaat, bisa dikatakan sebagai ‘minyak jahat’. Oleh karena itu, proses pembersihan pertama menggunakan cleansing oil dapat menggantikan minyak jahat dengan minyak baik.

Skincare Rutin

Untuk rutinitas sehari-hari, ada beberapa kandungan yang dibutuhkan dalam perawatan wajah berminyak. Skincare rutin yang Anda butuhkan terdiri dari pembersih, penyegar, pelembab, dan proteksi.

Dalam memilih pembersih, seringkali orang salah mengira bahwa sabun wajah dengan butiran scrub lebih baik. Padahal belum tentu. Butiran scrub memang dapat mengangkat sel kulit mati, tapi hanya boleh digunakan maksimal seminggu dua kali. Jika terlalu sering bisa muncul iritasi.

Skincare dengan kandungan ekstrak Green Tea dan Tea Tree cocok untuk kulit berminyak. Green Tea atau teh hijau dapat menyeimbangkan kadar minyak di wajah. Sedangkan Tea Tree dapat bekerja ke pori-pori untuk mencegah jerawat.

Eksfoliasi (Mengangkat Sel Kulit Mati)

Eksfoliasi merupakan bagian dari perawatan wajah berminyak. Eksfoliasi dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama, dilakukan secara physical menggunakan scrub tadi. Bisa berupa sabun yang mengandung butiran scrub atau scrub yang tidak ada sabunnya sama sekali. Cara ini lebih sederhana, namun tak disarankan bagi kulit sensitif.

Cara kedua eksfoliasi yaitu berupa chemical. Bisa didapat dari toner (penyegar) yang mengandung AHA dan BHA. Penggunaan eksfoliasi jenis chemical ini lebih ampuh dalam mengangkat sel kulit mati.

Kekurangannya, toner yang mengandung AHA dan BHA tidak bisa digunakan dengan sembarang skincare. Produk yang mengandung retinol, vitamin c, dan vitamin b tidak boleh digunakan bersama AHA/BHA.

Tabir Surya

Dalam tahap proteksi, penggunaan sunscreen digunakan pagi atau siang hari. Sunscreen yang direkomendasikan untuk kulit berminyak adalah sunscreen yang memiliki tekstur ringan dan tidak terasa lengket.

Some By Mi Truecica Mineral 100 Sun Cream bisa menjadi perawatan wajah berminyak yang berfungsi sebagai proteksi. Dengan SPF 50, kulit wajah dapat terlindungi dari sinar matahari. Kelebihannya sunscreen ini terasa ringan dengan formula non-nano mineral.

Selain itu ada juga L’Oreal UV Perfect Matte & Fresh, sunscreen yang memberi efek segar dan mattifying di wajah. Saat memakai sunscreen ini, pori-pori di kulit berminyak akan tampak samar. Anda tidak lagi memerlukan primer jika ingin memakai make up.

Jangan lupa untuk melakukan double cleansing method di malam hari. Karena pada dasarnya semua jenis sunscreen dapat menyumbat pori-pori. Sehingga perlu dibersihkan secara tuntas sebelum tidur menggunakan micellar water atau cleansing oil.

Untuk merawat kulit memang diperlukan produk skincare yang tepat. Terutama jika kulit wajah Anda berminyak, hindari produk-produk yang bisa memicu jerawat. Dengan perawatan wajah berminyak maka pori-pori akan menjadi lebih tersamarkan. (GaluhID/Elsa)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Skincare untuk Wajah Kering, Kulit Kenyal dan Awet Muda

Agar wajah tetap lembab, kita memerlukan skincare untuk wajah kering. Jenis kulit kering lebih peka pada perubahan cuaca dan suhu. Apabila suhu...

Skincare untuk Wajah Berjerawat, Muka Kembali Mulus

Merawat kulit tak lengkap rasanya jika tidak membahas skincare untuk wajah berjerawat. Masalah jerawat bisa terjadi pada siapa saja, terutama pada kulit...

Skincare untuk Wajah Berminyak, Muka Bersih Tanpa Kusam

Bagi Anda yang sedang mencari informasi seputar skincare untuk wajah berminyak, inilah beberapa produk yang direkomendasikan. Kulit berminyak sangat...

Temukan Kami

49,405FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Klubnya Degradasi ke Liga 2, Pemain Naturalisasi ini Pindah

Info Liga 2, galuh.id - Kalteng Putra FC terlempar ke Liga 2, namun salah satu pemain naturalisasi, OK Jhon tampaknya memiliki kesempatan tetap bertahan...

PSGC Ciamis Tersudut di Liga 2 2019, Bupati Angkat Bicara

Berita PSGC, galuh.id - Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya angkat bicara perihal melempemnya prestasi PSGC Ciamis dalam kompetisi Liga 2 2019 Indonesia musim...

Yayasan Ar-Rahman Buktikan Komitmen Sebagai Lembaga Pendidikan Peduli Lingkungan

Ciamis, Galuh ID - Yayasan Pendidikan Ar-Rahman yang berkomitmen untuk membiasakan para siswanya agar menjaga kebersihan dan peduli lingkungan, setelah terbiasa dengan Gerakan Pungut...

Pemda Ciamis Dapat 29 Motor Untuk Peningkatan Pelayanan KB

Ciamis, galuh.id - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Ciamis mendapatkan bantuan 29 motor dari pemerintah pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2019.

Warga Gembira, Hujan di Ciamis Akhirnya Turun

Ciamis, galuh.id - Setelah beberapa Minggu mengalami kemarau, beberapa wilayah di Kabupaten Ciamis akhirnya diguyur hujan, Senin (16/9/2019). Intensitas hujan di...