Sabtu, 28 November 2020
Sabtu, 28 November 2020
 
 

Peringatan Hantaru, Bupati Ciamis Serahkan 10.550 Sertifikat Tanah

Hubungi Kami

Berita Ciamis, galuh.id – Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyerahkan 10.550 sertifikat tanah secara virtual kepada masyarakat dari Aula Rapat Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis, Senin (9/11/2020).

Penyerahan sertifikat tanah tersebut merupakan program pemerintah pusat melalui Badan Pertanahan Nasional (BPN) Ciamis.

Wabup Ciamis, unsur Forkopimda, Kajari, Kepala Kantor Pertanahan Ciamis, serta 40 orang perwakilan penerima sertifikat, turut menghadiri kegiatan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Bupati Herdiat dalam sambutannya menerangkan ada 1,3 juta lebih bidang tanah di Kabupaten Ciamis. Sejak tahun 2017 hingga saat ini yang sudah ada bukti kepemilikannya baru sekitar 260 ribu.

”Angka tersebut baru mencapai 20% bidang tanah yang sudah mempunyai bukti kepemilikan tanah yang sah,” kata Herdiat.

Herdiat pun menyampaikan apresiasi untuk program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) yang sudah membantu lebih dari 260 ribu warga di Ciamis untuk memiliki sertifikat tanah.

Herdiat mengimbau kepada masyarakat yang telah mendapatkan sertifikat agar menyimpan dan merawat dengan sebaik-baiknya. Sertifikat jangan sampai hilang, meski bisa dilakukan penduplikatan.

”Harapannya agar warga penerima sertifikat kelak dapat mewariskannya kepada anak cucu. Manfaatkan sebaik-baiknya karena sertifikat sangat kuat untuk bukti kepemilikan,” ucap Bupati Ciamis.

10.550 Sertifikat Tanah Wujud Kerja Keras BPN

Sementara itu, Kepala BPN Kabupaten Ciamis, Mahpud, mengatakan pelaksanaan penyerahan sertifikat tersebut dalam rangka memperingati Hari Agraria dan Tata Ruang (HANTARU) ke-60.

Kegiatan itu juga sebagai wujud nyata kerja keras jajaran Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau BPN. Tentunya dalam melayani masyarakat di bidang Pertanahan dengan mudah transparan dan akuntabel.

Mahpud menerangkan untuk jumlah bidang tanah di Kabupaten Ciamis ada sebanyak 1.330.122 bidang (DHKP Tahun 2017), dengan bidang tanah yang telah terdaftar sebanyak 260.580 bidang.

”Kemudian bidang tanah terpetakan sebanyak 393.226 bidang. Sehingga tanah yang belum terdaftar berkisar sebanyak 1.069.542 bidang,” terang Mahpud.

Menurutnya, jika tidak karena pandemi Covid-19, Kabupaten Ciamis bisa mendapat 125.000 sertifikat.

Mahpud mengatakan, pada tahun anggaran 2021 bidang-bidang tanah yang belum disertifikatkan akan menjadi skala prioritas. Hal itu untuk pihaknya menindaklanjuti dan menerbitkan sertifikatnya.

“Untuk melaksanakan hal itu kita membutuhkan sinergitas antara stakeholder terkait. Guna mewujudkan Desa lengkap, Kecamatan lengkap, dan menuju Kabupaten lengkap,” jelas Mahpud. (GaluhID/Evi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Reses Anggota DPRD di Sagalaherang Ciamis, Masyarakat Kesulitan Air

Berita Ciamis, galuh.id - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ciamis dari Fraksi Demokrat Iyan Sofyan menggelar reses di Desa Sagalaherang, Kecamatan...

Gerakan Tanam Padi Organik, Bupati Ciamis: Manfaatkan SDA dengan Baik

Berita Ciamis, galuh.id - Bupati Ciamis Herdiat Sunarya hadiri Gerakan Tanam Padi Organik poktan (Kelompok Tani) Tirta Pusaka di Desa Pamokolan, Kecamatan...

Kelurahan Ciamis Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW Secara Terbatas

Berita Ciamis, galuh id - Kelurahan Ciamis menggelar acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 Hjiriah secara terbatas, di Aula Kelurahan Ciamis,...

Temukan Kami

48,648FansSuka
214PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Harga iPhone 12 Mini, Sesuai Dengan Spek yang Ditawarkan

Harga iPhone 12 mini jadi yang paling murah daripada seri lain dari iPhone 12. Apple mengklaim, iPhone 12 Mini merupakan ponsel 5G...

Cetak Rekor Menang Beruntun, AS Roma Beneran Jago di Liga Eropa?

AS Roma berhasil mengamankan satu tempat di babak 32 besar Europa League pada musim 2020/2021 ini. Hal ini mereka...

Daftar Lengkap Pemenang AMI Awards 2020, Noah Sabet 3 Penghargaan

Daftar lengkap pemenang AMI Awards 2020 telah penyelenggara umumkan. Banyak penyanyi dan musisi terbaik negeri ini yang kembali mendapatkan pengahargaan.

BTS Dapat Nominasi Grammy Awards 2021, Jungkook Dkk : ARMY Membuat Keajaiban

BTS dapat nominasi Grammy Awards 2021. Ini adalah kali pertama grup KPOP mampu menembus nominasi Best Performance. Grammy Awards...

Reses Anggota DPRD di Sagalaherang Ciamis, Masyarakat Kesulitan Air

Berita Ciamis, galuh.id - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ciamis dari Fraksi Demokrat Iyan Sofyan menggelar reses di Desa Sagalaherang, Kecamatan...