Monday, 14 June 2021
Monday, 14 June 2021
BJB

Peringati HUT Ciamis, Bupati Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial

spot_img

Berita Ciamis, galuh.id – Peringati HUT Ciamis, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengajak kepada seluruh elemen masyarakat Tatar Galuh Ciamis untuk lebih meningkatkan kepedulian terhadap sesama di tengah pandemi Covid-19.

Sebab, pandemi ini tidak hanya berdampak pada kesehatan, tetapi juga berdampak kepada aspek ekonomi, sosial, budaya dan aspek lainnya.

“Menurunnya kondisi sosial dan ekonomi akibat Covid-19 mengharuskan kita meningkatkan kepedulian terhadap sesama. Dengan memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan,” kata Herdiat, di kanal YouTube Humas Ciamis, Kamis (11/6/2020).

Hal itu disampaikan Herdiat dalam Pidato menyambut Hari Jadi ke 378 Kabupaten Ciamis, mengusung tema “Dengan Semangat Hari Jadi ke-378 Kabupaten Ciamis Kita Tingkatkan Kepedulian Sosial dan Satukan Tekad untuk Ciamis yang Lebih Baik”.

Pandemi Covid-19

Herdiat mengaku prihatin atas hal yang menimpa masyarakat di Ciamis yang terdampak Covid-19. Untuk itu, pemkab akan terus berupaya meringankan beban masyarakat sesuai dengan kemampuan dan sumber daya.

”Kita akan terus upayakan berbagai hal yang bisa meringankan beban masyarakat yang terdampak, sesuai kemampuan dan sumber daya yang ada,” terang Herdiat.

Sementara itu, Pemkab Ciamis melalui Pemerintah Desa telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT). Kemudian pendirian dapur umum di setiap desa, yang di dalamnya ada donasi dari Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Ciamis.

Bantuan juga datang dari berbagai sumber, seperti dari Pemerintah Pusat, Provinsi Daerah, serta para donatur, untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak.

Dalam mengalokasikan dan penyaluran bantuan tersebut, Herdiat meminta kepada semua pihak agar memperhatikan regulasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Hal itu bertujuan agar tidak ada pihak yang tersangkut permasalahan hukum pasca pandemi Covid-19.

Pemkab juga telah melakukan beberapa kebijakan terkait penanganan Covid-19 di Ciamis. Yakni menetapkan Status Siaga Darurat Bencana Wabah Penyakit Virus Disease 2019 (Covid-19), ditindaklanjuti pembentukan Gugus Tugas Penanganan Covid-19.

Selain itu, pemkab pun telah menerbitkan Surat Edaran dan Peraturan Bupati tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam penanganan Covid-19.

Sesuai hasil analisis Gugus Tugas Penganan Covid-19 Jabar, Kabupaten Ciamis berada di level 2 (zona biru) dan direkomendasikan untuk menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau New Normal.

Kendati demikian, ada beberapa Kecamatan di kabupaten Ciamis yang masih diterapkan PSBB Parsial, yang akan berakhir pada 12 Juni 2020.

Herdiat juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Ciamis untuk menerapkan kebiasaan berperilaku hidup bersih dan sehat, serta disiplin mematuhi protokol kesehatan.

”Peringatan HUT Ciamis yang sederhana ini harus kita jadikan sebagai media introspeksi. Semoga wabah Corona segera berakhir. Agar kita semua dapat kembali beraktivitas seperti biasa,” pungkas Herdiat. (GaluhID/Evi)

 
 
Loading...

Artikel Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
252PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan