oleh

Pilkades Serentak di Ciamis, Calon Kades Dilarang Money Politik

Hubungi
 
 

Ciamis, galuh.id – Sebanyak 143 desa akan melakukan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak di Kabupaten Ciamis.

Pelaksanaan Pilkades serentak tersebut dimulai tanggal 12 April 2020. Saat ini sedang dalam tahapan persiapan.

Loading...

Tahapan yang saat ini sedang dilakukan yaitu pembentukan panita Pilkades, sekaligus bimbingan terhadap panitia agar semua regulasi dapat dipahami.

Hal tersebut disampaikan oleh Sutiaman, Kepala Seksi Aparatur pemerintah Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Ciamis.

“Untuk bimbingan teknis panitia Pilkades akan dilakukan bulan ini (Januari). Pembahasannya terkait sosialisasi regulasi dan tata tertib Pilkades,” ujarnya kepada Galuh ID, Senin (6/01/2020).

Sutiaman mengatakan dalam Pilkades serentak ini, pihaknya mengajak masyarakat untuk ikut berpartipasi.

“Pilkades kan pesta demokrasi buat masyarakat untuk memilih pemimpin yang berkualitas, tujuannya agar tidak salah pilih demi nasib masa depan desanya masing-masing,” tuturnya.

Seleksi Akan Dilakukan Jika Calon Kades lebih dari 5 Orang

Sutiaman menjelaskan apabila dalam satu desa ada yang mencalonkan lebih dari 5 calon maka akan dilakukan seleksi.

Seleksi akan dilakukan bekerjasama dengan akademisi. Karena itu, Pemkab Ciamis sudah melakukan MOU dengan Kampus Universitas Galuh Ciamis.

“Nanti akan dilakukan seleksi jika calonnya lebih dari 5. Nah, yang menyeleksinya akademisi dari Unigal, namun kalau pas 5 calon itu akan langsung ditetapkan calon oleh panitia,” ucapnya.

Sutiaman juga mengimbau kepada calon kepala desa yang akan mengikuti Pilkades dilarang menggunakan money politik (Politik Uang) dalam proses kampanye.

“Kami mengimbau kepada seluruh calon kades yang akan mengikuti Pilkades, dalam melakukan kampanyenya jangan money politik,” tegasnya.

Sutiaman menuturkan money politik akan merusak demokrasi yang saat ini sedang dibangun.

“Biarkan masyarakat bebas memilih calon pemimpinnya sesuai pilihannya, pasti masyarakat pun tahu mana yang baik dan mana yang benar calon pemimpinnya,” katanya.

Dia berharap Pilkades serentak di Ciamis berjalan dengan tertib, aman dan kondusif. Agar pesta demokrasi benar-benar sesuai dengan regulasi.

“Jangan ada saling ejek, saling hina antar pendukung, dan juga untuk tim sukses calon masing-masing harus bisa menjaga kondusifitas pendukungnya,” pungkasnya. (GaluhID/Arul)

loading...

Penulis : Redaksi GaluhID

Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.

BERITA SELANJUTNYA