Minggu, 18 April 2021
Minggu, 18 April 2021
BJB

Pimpinan Baznas Ciamis yang Terpilih Harus Optimalkan Penyerapan Zakat

Berita Ciamis, galuh.id – Pimpinan Baznas Ciamis atau Badan Amil Zakat Nasional yang terpilih, harus bisa mengoptimalkan potensi penyerapan zakat, infaq dan shodaqoh. Selain itu, harus berupaya membangun kepercayaan umat.

Dengan adanya kepercayaan umat terhadap Baznas, maka partisipasi masyarakat di kabupaten Ciamis dalam penyampaian zakat dan sedekah pun dapat meningkat.

Demikian disampaikan Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, dalam acara seleksi Calon Pimpinan (Capim) Baznas, di Gedung Sekolah SMPN 1 Ciamis, Senin (23/6/2020).

“Kepercayaan umat terhadap Baznas harus dibangun. Hal itu sebagai upaya peningkatan partisipasi umat dalam penyampaian zakat dan sedekah,” ujar Herdiat.

Menurut Herdiat, Baznas punya potensi luar biasa apabila dioptimalkan. Jumlah penduduk di Ciamis lebih dari 1,3 juta jiwa. Hal ini menjadi potensi pemasukan untuk dikelola oleh Baznas.

Adapun potensi pemasukan Baznas diantaranya seperti zakat hasil pertanian, perdagangan, peternakan dan potensi zakat Aparatur Sipil Negara (ASN).

”Pemasukan yang dikelola Baznas tentunya bertujuan untuk membantu sesama yang membutuhkan,” jelas Herdiat.

Pendaftaran Calon Pimpinan Baznas Ciamis

Sementara itu, panitia seleksi Pimpinan Baznas Ciamis Muhammad Aip Maptuh mengatakan, kegiatan seleksi Capim Baznas Ciamis sebelumnya sudah melalui tahap pendaftaran.

Tahap pendaftaran calon pimpinan Baznas Ciamis dimulai pada 13 April hingga 18 Juni 2020 lalu. Dari tahapan itu terpilih 18 orang yang lolos secara administratif.

Selanjutnya ke 18 peserta tersebut memasuki tahap seleksi tertulis yang dilaksanakan pada hari Senin (23/6/2020). Dilanjutkan dengan tes wawancara pada hari Jumat (26/6/2020).

“Dari 18 peserta, yang hadir cuma 16 orang. 2 orang lainnnya berhalangan hadir,” terang Aip Maptuh.

Aip Maptuh menjelaskan, seleksi Calon Pimpinan Baznas Ciamis ini akan memilih 5 komisioner baru untuk kepengurusan Baznas Ciamis periode 2020-2025.

Setelah seleksi dinyatakan selesai, pihaknya akan meminta rekomendasi Capim terpilih dari Baznas pusat. Setelah itu, dilanjutkan dengan pengesahan SK dan pelantikan oleh Bupati Ciamis.

“Hasil seleksi Capim Baznas Ciamis nanti. Akan diumumkan pada 26 Juli 2020,” kata dia.

Di kesempatan yang sama, Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Ciamis Agus Abdul Khalik berharap, seleksi Capim tersebut dapat menghasilkan pemimpin yang kompetitif dan memajukan Baznas Ciamis.

“Nantinya, Calon Pimpinan Baznas Ciamis terpilih harus bisa tingkatkan pendapatan. Tak hanya dari petani dan pengusaha, tetapi juga dari ASN juga yang sudah nisob zakat. Harus dioptimalkan,” pungkas Abdul Khalik. (GaluhID/Evi)

 
 
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Temukan Kami

47,724FansSuka
242PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya