Jumat, 17 September 2021
Jumat, 17 September 2021
spot_img

Potensi Alam di Ciamis Berpeluang Datangkan Wisatawan

Berita Ciamis, galuh.id – Potensi alam di beberapa tempat yang ada di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat memiliki peluang mendatangkan wisatawan.

Pasalnya kondisi alam yang mempesona akan menambah destinasi wisata baru yang layak menjadi objek wisata sehingga menghasilkan pendapatan.

Terlebih jika potensi yang indah tersebut mendapatkan pengelolaan yang baik secara profesional sehingga menarik minat wisatawan untuk mengunjunginya.

Sehingga dengan pengelolaan yang baik akan mendatangkan wisatawan dan juga akan berpengaruh pada pendapatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Salah satu contohnya adalah Dusun Cukang Uncal, Desa Tanjungsari, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis yang memiliki pesona alam yang menakjubkan.

Di dusun tersebut terdapat beberapa lokasi yang bisa menjadi tujuan bagi wisatawan, yang akhirnya bisa menjadi pendapatan bagi warga setempat.

Salah satu penggiat pariwisata Desa Tanjungsari Toto, menyampaikan terdapat empat lokasi wisata yang berpeluang mendatangkan wisatawan.

“Salah satunya adalah Curug Panganten yang berada di aliran Sungai Cipanyeuseuhan, airnya jernih bisa juga untuk berenang,” jelasnya, Minggu (16/5/2021).

Untuk Curug Panganten menurut Toto, saat ini warga dan juga Karang Taruna tengah melakukan penataan dengan cara gotong-royong.

Potensi Wisata Alam di Ciamis Selain Curug Panganten

Potensi alam yang bisa menjadi destinasi wisata baru di dusun tersebut bukan hanya Curug Panganten saja, namun juga terdapat potensi lainnya.

Hanya saja karena belum tersentuh oleh pemerintah, saat ini dana untuk penataan masih berasal dari swadaya masyarakat.

Toto juga menyampaikan penataan tersebut guna memancing wisatawan agar tertarik dan mengunjungi tempat wisata di daerahnya.

Selain itu, menurut Toto terdapat lokasi wisata lainnya yaitu Curug Batu Gumpir, Leuwi Genteng dan ada juga Grand Canyon Bobojong.

Lokasi keempat tempat wisata tersebut letaknya berdekatan, masih dalam satu lingkungan. Sehingga tidak memerlukan waktu lama untuk mengunjungi semua lokasi.

“Untuk Grand Canyon Bobojong menawarkan sensasi alam indah memesona yang bisa menghilangkan penat bagi para pengunjung setelah beraktifitas,” jelasnya.

Selain itu, di lokasi Grand Canyon Bobojong, pengunjung yang suka tantangan bisa mencoba untuk terjun bebas ke Sungai Cileueur.

Untuk menuju potensi alam yang berpeluang menjadi objek wisata di Desa Tanjungsari, Sadananya, Ciamis yang akan mendatangkan wisatawan, pengelola juga telah menyediakan penunjuk arah. (GaluhId/Ardiansyah)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
274PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan