Selasa, 14 Juli 2020
Selasa, 14 Juli 2020
 
 

Pusat Budaya Galuh Akan Dibangun di Karangkamulyan Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id – Dalam waktu dekat, Pusat Budaya Galuh akan dibangun di Situs Ciung Wanara Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Desa Karangkamulyan, Muhammad Abdul Haris. Dia mengatakan, pembangunan Pusat Budaya ini sudah direncanakan sejak tahun sebelumnya, namun baru akan direalisasikan tahun 2020.

Dirinya mengaku telah beberapa kali mengikuti rapat dengan Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Barat dan Dinas Kebudayaan Ciamis guna membahas pembangunannya.

“Pembangunan dimulai di tahun 2020 dengan anggaran Rp 11 miliar yang bersumber dari bantuan provinsi Jawa Barat. Pembangunan tersebut dilaksanakan dalam tiga tahap dengan total anggaran mencapai Rp 30 miliar,” terang Haris, Selasa (18/2/2020).

Lanjutnya, Pusat Budaya Galuh akan dibangun di tanah seluas 1 hektar, tepat berada di belakang Gong Perdamaian.

Rencananya di lokasi tersebut akan dibangun pendopo dan bangunan-bangunan miniatur situs peninggalan sejarah Galuh di Ciamis.

“Nanti akan ada replika prasasti, informasi, dokumen literasi dan menyimpan berbagai peninggalan sejarah Galuh lainnya,” jelasnya.

Adapun tujuan dibangunnya Pusat Budaya ini sebagai pusat sumber informasi yang berkenaan dengan sejarah Kerajaan Galuh yang tersebar di beberapa wilayah.

Diharapkan dengan adanya Pusat Budaya ini dapat menambah keyakinan masyarakat dan menguatkan bukti sejarah Kerajaan Galuh.

Bahkan, lanjut Haris, dibangunnya Pusat Budaya dapat mematahkan pernyataan tokoh budayawan Ridwan Saidi beberapa waktu lalu. Dengan penyataannya menyebut Galuh artinya brutal dan di Ciamis tidak ada kerajaan.

Pusat Budaya Galuh Diharapkan Dapat Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

Selain itu, dengan dibangunnya Pusat Budaya pun menjadi potensi untuk dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Selain itu juga dapat menambah lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

“Menjadi keuntungan bagi kami sebagai masyarakat tuan rumah karena dapat menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan taraf hidup perekonomian masyarakat sekitar,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Ciamis, Erwan Dermawan, saat dikonfirmasi, membenarkan terkait rencana pembangunan Pusat Budaya Galuh akan dibangun di Situs Ciung Wanara, Karangkamulyan, Ciamis.

“Benar, Akan dibangun di tahun 2020 yang berlokasi di Situs Ciung Wanara Karangkamulyan, mudah-mudahan terealisasi dalam waktu dekat ya,” ujar Erwan. (GaluhID/Evi)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Tahun Ajaran Baru 2020 di Tengah Pandemi Covid-19, Guru di Ciamis Keliling ke Rumah Siswa

Berita Ciamis, galuh.id - Tahun Ajaran Baru 2020 sudah dimulai Senin (13/7/2020), namun kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Ciamis Jawa Barat belum...

Adaptasi Kebiasaan Baru Warga Ciamis Diminta Rajin Olahraga

Berita Ciamis, galuh.id - Adaptasi Kebiasaan Baru Warga masyarakat Ciamis diminta untuk rajin olahraga. Karena olahraga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan...

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Temukan Kami

49,358FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning Batal Tayang, Ini Alasannya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning batal tayang. Dua film sekuel live action terbaru dari petualangan Himura Batousai ini tak jadi...

MPLS SMA/SMK Tahun Ajaran Baru 2020 di Jabar Dilaksanakan Secara Online

Berita Jabar, galuh.id - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA/SMK tahun ajaran baru 2020 di Jawa Barat (Jabar) dilaksanakan secara online.

Inter Vs Torino: Menang 3-1, Nerrazurri Menyodok ke Posisi Kedua Klasemen

Berita Olahraga, galuh.id - Inter Vs Torino merupakan Laga yang menjadi rangkaian pertandingan penutup di pekan ke-32 Liga Italia.

Tiga Rumus Pariwisata Jabar Aman Beroperasi di Masa AKB

Berita Jabar, galuh.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menerangkan tiga rumus agar pariwisata Jabar aman untuk beroperasi kembali di masa...

Tidak Pakai Masker di Jabar Akan Dikenakan Denda Rp 100-150 Ribu

Berita Jabar, galuh.id - Tidak pakai masker di Jabar akan dikenakan denda sebesar Rp. 100 ribu sampai dengan Rp. 150 ribu.