Kamis, 9 Juli 2020
Kamis, 9 Juli 2020
 
 

PWI Kecam Intimidasi dan Ancaman Pembunuhan terhadap Wartawan Detik

Berita Nasional, galuh.id – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) mengecam intimidasi dan ancaman pembunuhan yang dilayangkan pada wartawan Detik pasca pemberitaan Presiden Indonesia Joko Widodo, Selasa (26/5/2020) lalu.

Kasus bermula saat Detikcom mengunggah berita Presiden Joko Widodo membuka mall di Bekasi, Jawa Barat. Narasumber berita tersebut adalah Kasubbag Publikasi Eksternal Humas Setda Kota Bekasi.

Belakangan, Kabag Humas Pemkot Bekasi meralatnya dan menyebut Presiden Jokowi bukan membuka mall, tapi meninjau sarana publik untuk persiapan new normal.

Redaksi Detikcom sudah mengoreksinya, namun intimidasi justru diterima oleh wartawan Detik. Identitas wartawan diunggah dan disebar di media sosial, begitu juga dengan nomor telepon dan alamat rumahnya.

Bahkan ancaman pembunuhan pun diterima wartawan Detikcom tersebut lewat pesan WhatsApp. Bukan hanya kepada wartawan, namun ancaman serupa juga dilayangkan kepada redaksi Detikcom.

Hal ini tentunya mencederai kemerdekaan pers sebagai pilar keempat demokrasi. Juga bertentangan dengan Undang-undang Pers Nomor 40 Tahun 1999.

Pengurus PWI pusat menyatakan sikap atas intimidasi dan ancaman pembunuhan yang diterima wartawan Detikcom.


Berikut pernyataan sikap dari pengurus PWI Pusat yang dikutip Galuh ID dari rilis PWI, Jum’at, 29 Mei 2020:

  1. Mengecam keras aksi intimidasi dan ancaman pembunuhan terhadap wartawan detik com. Mengingat, wartawan dalam menjalankan tugasnya dilindungi UU No 40/1999 tentang Pers. Setiap ancaman dan penghalangan terhadap wartawan bisa dikenakan hukuman penjara selama dua tahun dan denda Rp500 juta.
  2. Meminta polisi segera menangkap pelaku intimidasi dan pengancaman pembunuhan tersebut.
  3. Meminta masyarakat atau siapa saja yang merasa suatu pemberitaan tidak tepat dapat menggunakan sarana yang telah diatur dalam UU Pers mengenai hak jawab dan hak koreksi.

Masyarakat juga diimbau untuk menyelesaikan sengketa terkait pemberitaan di media massa sesuai dengan Undang-undang Pers.

Masyarakat bisa memperoleh hak jawab dan koreksi. Selain itu, Dewan Pers bisa mengusahakan mediasi apabila ada sengketa terkait berita.

Dewan pers juga bisa memberikan penilaian apabila ada kode etik jurnalistik yang dilanggar, bahkan bisa memberikan sanksi kepada media massa apabila terbukti melakukan pelanggaran kode etik jurnalistik. (GaluhID/Ndu)

Loading...
loading...
K Putu Latief
Menulis untuk kepuasan, mengedit untuk kebahagiaan.

Artikel Terkait

Kapan Pencairan Gaji ke-13 2020? Simak Penjelasannya!

Berita Nasional, galuh.id - Kapan pencairan gaji ke-13 2020 terus jadi pertanyaan para PNS. Meskipun disebutkan anggaran untuk abdi negara ini telah...

Program Kartu Prakerja Tetap Berjalan, Meskipun Pelatihan Dihentikan

Berita Nasional, galuh.id - Program Kartu Prakerja tetap berjalan. Sebelumnya tersiar kabar paket pelatihan kartu Prakerja ditiadakan karena berbagai hal, sehingga masyarakat...

Penyebab Tagihan Listrik Naik, Ternyata Ini Alasannya

Berita Nasional, galuh.id - Penyebab tagihan listrik naik yang ramai dikeluhkan oleh sejumlah pelanggan pascabayar PT. PLN (Persero). Sejumlah...

Temukan Kami

49,405FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Mulai Juli 2020 Tarif Iuran BPJS Kesehatan Naik Lagi, Berikut Ini Rinciannya

Berita Nasional, galuh.id - Presiden Indonesia, Joko Widodo kembali menaikan tarif iuran BPJS Kesehatan. Di tahun 2020 ini, iuran BPJS Kesehatan untuk kelas I dan II...

Pengusaha Bersama PWI Peduli Pusat dan TNI Salurkan Beras kepada Warga Tangerang

Berita Nasional, galuh.id - Tiga Komunitas pimpinan Kurniawan Tan -pengusaha asal Kota Tangerang menyalurkan bantuan beras kepada warga terdampak Covid-19, Selasa (21/4/2020).

Hujan Deras, Pasukan Ungu Sigap Tangani Pohon Tumbang di Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Pasukan ungu, sebutan dari petugas kebersihan Dinas DPRKPLH sigap menangani pohon tumbang di jalan Jendral Ahmad Yani Ciamis,...

Ojek Online Ciamis Beri Santuan Kepada Anak Yatim

Ciamis, galuh.id - Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, pengemudi Ojek Online Ciamis yang tergabung dalam komunitas GOBC (Galuh Online...

Klasemen Liga Italia Pekan ke-31, AC Milan Hancurkan Juventus

Klasemen Liga Italia atau Serie A pekan ke-31 ini menjadi semakin memanas, diawali dengan kebangkitan AC Milan. Pekan ke-31 ini AC Milan...