Kamis, Juli 25, 2024

Raih Adipura Kencana, Pj Bupati Ciamis Sampaikan Cara Tangani Sampah

Baca Juga
- Advertisement -

Berita Ciamis, galuh.id – Pj Bupati Engkus Sutisna menerangkan cara Pemkab Ciamis, Jawa Barat, dalam menangani sampah sehingga berhasil raih Adipura Kencana.

Hal itu ia sampaikan dalam Rapat Koordinasi Nasional Bank Sampah yang ke-8 pada Rabu (3/07/2024) di Auditorium Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta.

Kabupaten Ciamis sukses mendapatkan penghargaan Adipura Kencana berkat kerja sama yang baik antara pemerintah dan masyarakat dalam manajemen bank sampah.

- Advertisement -

Pendekatan dalam mengelola sampah adalah melalui pemberdayaan masyarakat.

“Pemkab Ciamis mengelola sampah dengan cara memanfaatkan sampah anorganik sebagai bank sampah, dan mengurai sampah organik dengan bantuan larva maggot,” jelas Engkus.

Di Ciamis, telah membangun Kawasan Zero Waste yang terdiri dari 1 unit Rumah Maggot, 1 unit Ruma Kompos, 56 unit POO Maggot, 7 unit TPS 3R, dan 2 unit Bank sampah Induk.

Selain itu, terdapat juga 305 unit Bank sampah yang tersebar di seluruh wilayah.

Engkus pun menguraikan langkah-langkah yang telah Pemerintah Kabupaten Ciamis ambil.

Ia menjelaskan, penanganan sampah dengan melibatkan beberapa poin seperti berkoordinasi dengan OPD terkait penanganan sampah.

Kemudian menyosialisasikan dan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai cara penanganan dan pengurangan sampah, menerapkan konsep bank sampah.

- Advertisement -
- Advertisement -
 
 
Berita Terbaru

Optimalkan Penerimaan Pajak, P3DW Kota Banjar Terapkan Konsep Door To Door

Berita Banjar, galuh.id - Pusat Pendapatan Daerah Wilayah (P3DW) Kota Banjar Provinsi Jawa Barat terus berupaya optimalkan penerimaan pajak...

Artikel Terkait