Senin, 27 September 2021
Senin, 27 September 2021

Rangkaian Hari Jadi Ciamis ke 378 Digelar Sederhana

Berita Ciamis, galuh.id – Perayaan Hari Jadi Ciamis yang ke 378 di tahun 2020, digelar secara sederhana. Hari Jadi Ciamis di tahun ini hanya diisi dengan rangkaian kegiatan yang dilakukan secara terbatas dan virtual.

Hal itu dikarenakan saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19. Sehingga kegiatan semarak yang biasanya dilakukan dalam menyambut Hari Jadi Ciamis, tidak diperbolehkan.

Kabupaten Ciamis akan genap berulang tahun ke 378 pada Jumat tanggal 12 Juni 2020. Biasanya, peringatan HUT Ciamis ini diisi dengan beragam festival. Mulai dari festival seni dan budaya hingga kuliner.

Pidato dan Rapat Paripurna Secara Virtual

Ketua Penyelenggara Hari Jadi Ciamis ke 378 Ika Darmaiswara berkata, perayaan HUT Ciamis tahun ini hanya diisi dengan 3 kegiatan. Yakni ziarah ke makam leluhur, pidato bupati dengan live streaming dan rapat paripurna secara virtual.

Ika menerangkan, hal tersebut dilakukan karena Ciamis hingga kini masih menerapkan program Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di tengah Pandemi Covid-19.

“Saat ini kita di masa Pandemi Covid-19. Dalam memperingati HUT Ciamis, kita tetap melaksanakan kegiatan. Tapi tidak meriah seperti tahun kemarin,” ujar Ika, Rabu (10/6/2020).

Dalam peringatan HUT Ciamis, Ika melanjutkan, dilakukan dengan berziarah ke makam leluhur Ciamis, penyampaian pidato bupati secara live streaming dan rapat paripurna secara virtual.

”Rapat Paripurna secara virtual akan dilaksanakan Jumat 12 Juni 2020,” kata ketua penyelenggara kegiatan, sekaligus Asisten Daerah (Asda) Ciamis Bagian Pemerintahan ini.

Lebih lanjut Ika menjelaskan, saat ziarah ke makam leluhur Ciamis, seluruh pejabat Forkopimda turut andil dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.  Hal itu sudah menjadi tradisi dalam peringatan HUT Ciamis.

Makam leluhur Ciamis itu diantaranya, Makam Raden Adipati Arya Panji jaya Negara, Makam Raden tumenggung Wiradi Kusumah, Makam Raden Adipati Arya Kusumah Subrata di Ciamis dan Makam Astana Gede di Kawali.

”Di peringatan hari jadi Kabupaten Ciamis, ziarah ke makan leluhur sudah menjadi tradisi,” terang Ika, di sela-sela kegiatan ziarah di Makam Astana Gede kawali.

Sementara itu, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyampaikan, kegiatan inti yang menjadi tradisi dalam peringatan HUT Ciamis setiap tahunnya, seperti ziarah dan rapat paripurna, tetap dilaksanakan.

Kegiatan inti tetap dilaksanakan, namun dengan catatan tetap mematuhi standar protokol kesehatan dan menerapkan physical distancing.

“Meski digelar sederhana, namun harus tetap memberi makna. Harus memberi semangat untuk senantiasa menghargai jasa para pendahulu kita dalam melahirkan Ciamis,” ujar Herdiat. (GaluhID/Evi)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
276PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan