Selasa, 26 Januari 2021
Selasa, 26 Januari 2021
 
 

Rapid dan Swab Tes Massal Digelar di Pasar Sindangkasih Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id – Pemkab Ciamis melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, menggelar Rapid Test dan Swab Test di Pasar Sindangkasih, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Kamis (04/06/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, Dr. Yoyo mengatakan, kegiatan ini merupakan program rutin guna tracking dan melihat kemungkinan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Ciamis.

“Kegiatan Rapid Test dan Swab Test ini untuk mengetahui potensi penyebaran virus serta sengaja menyisir tempat umum seperti pasar sebagai tempat kerumunan setiap harinya,” papar Yoyo.

Target dari kegiatan Rapid Test dan Swab Test di Kabupaten Ciamis adalah mendapat 6000 sampel dengan target setiap lokasi mengambil 100 sample.

Menurut Yoyo, pogram akan terus dilaksanakan bahkan sampai saat AKB/New Normal berlaku nanti. Alasannya karena beberapa bulan ini, terutama sebelum menjelang lebaran pemudik mulai memadati Ciamis.

Tercatat Ciamis sudah kedatangan pemudik dari zona merah sebanyak 45.000 orang. Saat ini pemudik tersebar di beberapa kecamatan.

Sementara itu, Yoyo menerangkan, terdapat tiga hal yang akan tetap dilakukan selama PSBB sampai AKB/New Normal nanti.

Diantaranya Kajian Epidemologi, layanan kesehatan berikut sarananya, dan kegiatan-kegiatan surveilans.

“Kami akan terus melakukan rapid dan swab test untukuntukawab potensi kemungkinan penyebaran Covid-19 dengan upaya yang maksimal,” tegas Yoyo.

Kemudian, lanjut Yoyo, untuk kegiatan di Pasar Sindangkasih ini Tim Gugus Tugas Covid-19 sudah bekerjasama dengan beberapa unsur terkait.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan, TNI, POLRI, Dishub, UPTD Pasar Sindangkasih.

“Juga dengan masyarakat sekitar, untuk hasilnya sendiri saat ini sampel masih dalam proses,” tandas Yoyo. (GaluhID/Maulana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Petani Padi di Banjarsari Ciamis Pusing, Sawah Diserang Burung Pipit

Berita Ciamis, galuh.id - Petani padi di Banjarsari Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dipusingkan dengan adanya serangan burung pipit terhadap tanaman padinya. Adanya serangan burung pipit...

Warga Ciamis Meninggal Karena Covid-19 Dapat Santunan 15 Juta

Berita Ciamis, galuh.id - Pemkab Ciamis melalui Dinas Sosial akan memberikan santunan sebesar Rp 15 juta bagi warga yang meninggal dunia karena terpapar Covid-19. "Bantuan...

Satgas Covid-19 di Ciamis Menyebutkan Disiplin Memakai Masker Meningkat

Berita Ciamis, galuh.id - Satgas Covid-19 di Ciamis saat melakukan operasi protocol kesehatan menyebutkan terjadi peningkatan penggunaan masker, terbukti dengan menurunnya pelanggar. Kasi Dalops Polisi...

Temukan Kami

48,103FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya