Selasa, 30 November 2021
Selasa, 30 November 2021
More

    Ratusan Bidan di Ciamis Gratiskan Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak

    Berita Ciamis, galuh.id – Sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat sekaligus memeriahkan hari jadi Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke-70, ratusan Bidan di Ciamis gratiskan pelayanan kesehatan ibu dan anak.

    Ketua IBI Ciamis Yussi Agustina, mengatakan pelayanan kesehatan yang gratis itu antara lain pelayanan kesehatan ibu hamil. Selain itu ada kesehatan reproduksi dan juga kesehatan anak.

    Menurutnya, hanya 1 hari secara serentak sebanyak 502 bidan praktek mandiri. Hal ini sedang memberikan pelayanan gratis seputar pemeriksaan kehamilan, pelayanan KB dan kesehatan anak.

    Selain gratis pelayanan, bidan juga ada yang memberlakukan diskon tarif pelayanan kesehatan.

    “Namun diskon tersebut tergantung kebijakan bidannya masing-masing,” ujar Yussi kepada galuh.id, Kamis (24/6/2021).

    Kemudian, lanjut Yussi, IBI Ciamis juga telah bekerja sama dengan P2KBP3A Kabupaten Ciamis dalam memberikan pemasangan KB implan maupun IUD secara gratis.

    Yussi juga mengaku bahwa dalam momentum hari jadi IBI yang jatuh pada tanggal 24 Juni 2021, IBI Cabang Ciamis juga telah melakukan aksi sosial.

    Aksi sosial tersebut yaitu memberikan bantuan kepada bidan yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan memberikan kadeudeuh kepada pensiunan bidan di Ciamis.

    “Ada puluhan bidan yang kita berikan support dan bantuan. Baik itu berupa sembako maupun uang,” ujar Yussi.

    Yussi juga menjelaskan bahwa dalam momen hari IBI ke-70 ini, pihaknya dalam waktu dekat akan menggelar seminar CPD One Line dan pengisian buku KIA yang baru.

    “Seminar tersebut akan kita gelar secara virtual dan diikuti 848 bidan serta 200 mahasiswa jurusan kebidanan,” ungkap Yussi.

    Hal itu sesuai tema yang IBI usung yaitu Optimalisasi Bidan Pada Pelayanan KIA-KB dan Kesehatan Reproduksi Dalam Mendukung Penguatan Pelayanan Primer.

    Yussi berharap di era pandemi Covid-19 ini, seluruh bidan di Kabupaten Ciamis bisa memberikan pelayanan dengan lebih baik, kompeten dan melayani dengan setulus hati. (GaluhID/Tony)

    Editor : Evi

    Loading...

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    Temukan Kami

    47,551FansSuka
    302PengikutMengikuti
    5,000PelangganBerlangganan