Senin, 21 September 2020
Senin, 21 September 2020
 
 

Revitalisasi Situs Jambansari Ciamis, Sejarah Panjang Kerajaan Galuh

Berita Ciamis, galuh.id – Revitalisasi Situs Jambansari akan menjadikan sejarah panjang Kerajaan Galuh semakin dikenal oleh berbagai kalangan terutama generasi muda.

Kerajaan yang berpusat di Karangkamulyan Cijeungjing Ciamis pada sekitar abad ke 6 memiliki berbagai cerita yang tertuang dalam sejarah.

Baca Juga: Jamasan Jambansari Tradisi Membersihkan Pusaka Peninggalan Kerajaan Galuh

Galuh, yang berarti permata memiliki sejarah yang keberadaannya tidak diragukan lagi, salah satunya situs Jambansari Kabupaten Ciamis.

Dengan adanya revitalisasi pada situs tersebut, akan memperjelas serta mengenalkan tentang Kerajaan Galuh pada generasi muda.

Revitalisasi Situs Jambansari Akan Dijadikan Pusat Budaya

Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya, M.M., menjelaskan revitalisasi tersebut rencananya akan menjadikan pusat budaya serta sejarah Galuh.

“Ini akan menjadi pusat budaya dan sejarah untuk menyatakan Galuh itu memang benar-benar ada,” tegas Herdiat, Rabu (5/8/2020).

Herdiat menyampaikan saat menghadiri serta melakukan peletakan batu pertama Revitalisasi Penataan Kawasan Museum Galuh Pakuan dan Lansekap Situs Jambansari Ciamis.

Sementara itu Ketua Yayasan Koesoemawinata dan juga Ketua Yayasan Koesoemadiningrat, Rasich Hanif Radinal menyampaikan revitalisasi mencakup 2 lokasi.

“Proyek revitalisasi mencakup dua lokasi yakni Kawasan Situs Jambansari dan Kawasan Keraton Selagangga,” jelas Hanif.

Menjadi Ikon Kebanggaan Bersama

Menurut Hanif, dengan adanya revitalisasi Jambansari dan pembangunan sesuai dengan yang direncanakan, maka akan menjadi ikon kebanggaan bersama.

Karena akan terdapat beberapa bangunan seperti, amphitheater, pendopo sanggar seni, plaza dan ruang terbuka hijau serta penataan danau.

Pembangunan tersebut berada di lokasi Situs Jambansari, sedangkan untuk kawasan Keraton Selagangga terdapat renovasi pada beberapa titik.

Renovasi tersebut dilakukan pada Museum Galuh dan renovasi Pendopo Kerataon Selagangga, serta akan dibangun aula serbaguna.

Pada acara peletakan batu pertama tersebut, Hanif mewakili yayasan menyerahkan copy buku yang berisi naskah Babad Galuh Imbanagara.

Menurut Hanif, buku aslinya tersimpan rapi di Museum Sri Baduga Maharaja yang berada di Bandung Jawa Barat.

Pada buku tersebut menceritakan keberadaan Keraton Selagangga sebagai tempat tinggal RAA Kusumadiningrat yang dikenal dengan Kanjeng Prebu (penerus Kerajaan Galuh).

Sehingga dengan revitalisasi Situs Jambansari semakin memperjelas keberadaan Kerajaan Galuh yang memiliki sejarah panjang dengan bukti-bukti peninggalan sejarahnya. (GaluhID/Ardiansyah)

Loading...

Artikel Terkait

Komunitas di Ciamis Selatan Peringati World Clean Up Day 2020 dengan Pilah dan Pungut Sampah

Berita Ciamis, galuh.id - Komunitas dan Organisasi di Kabupaten Ciamis turut ambil bagian dalam memperingati hari World Cleanup Day 2020. Mereka melakukan...

World Cleanup Day Ciamis, Warga Bersihkan Sungai Cipalih Saat Kemarau

Berita Ciamis, galuh.id - Kegiatan World Cleanup Day di Ciamis, Sabtu (19/9/2020) dalam masa pandemi COVID-19 tetap berlangsung meriah namun digelar secara...

Penabung Sampah Terbanyak di Ciamis Bakal Dapat Motor

Berita Ciamis, galuh.id - Pemkab Ciamis akan memberikan reward bagi penabung sampah dan bank sampah terbanyak. Hal ini sebagai bentuk keseriusan pemkab...

Temukan Kami

48,775FansSuka
191PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Video TikTok Guru Viral, Do’akan Murid Dicabut Nyawanya

Video TikTok Guru viral menjadi sorotan banyak warganet. Tidak heran lagi jika jaringan sosial dan platform asal Tiongkok tersebut akhir-akhir ini selalu...

Oppo Find X2 Pro Lamborghini, HP Mewah Berapa Harganya?

Oppo Find X2 Pro Lamborghini sudah resmi dirilis di negara asalnya yaitu China dan akan segera dipasarkan ke seluruh dunia. Seri lamborghini...

Film Peninsula: Tran to Busan 2, Kisah Zombie Korea yang Menegangkan

Film Peninsula merupakan sekuel kedua dari Train To Busan yang dirilis pada tahun 2016 silam. Train to Busan menjadi salah satu film...

Penjualan Daring Toyota, Peluang di Tengah Pandemi Covid-19

Penjualan Daring Toyota merupakan jalur pemasaran alternatif yang dilakukan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Hal ini dipicu pandemi Covid-19, sehingga strategi...

Penundaan Pencairan BLT BPJS Tahap 4, Ini Kata Menaker

Penundaan pencairan BLT BPJS tahap 4 diumumkan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker). Lantaran masih ada proses yang harus ditempuh. Menteri...