oleh

Rutilahu Warga Tak Mampu di Pamarican Ciamis ‘Dibedah’ Ormas dan Karang Taruna

Hubungi
 
 

Pamarican, galuh.id – Rumah Andang Ruhiyat  warga Dusun Cisaar RT 5 RW 02 Desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis “Dibedah” oleh dua Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Karang Taruna.

Kedua Ormas tersebut adalah Pemuda Pancasila (PP), Front Pembela Islam (FPI) dan Karang Taruna Kecamatan Pamarican.

Loading...

Pelaksanaan bedah rumah Andang yang dibangun oleh dua Ormas dan Karang Taruna itu mendapat perhatian dari Wakil Bupati Ciamis.

Secara langsung Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra meninjau ke lokasi dan memberi bantuan kepada Andang sekaligus secara simbolik melakukan peletakan batu pertama, Kamis (19/12/2019).

Wakil Bupati Ciamis mengaku dirinya sangat mengapresiasi kedua ormas dan karang taruna Kecamatan Pamarican yang bisa bersinergis membangun rumah warga yang tidak mampu.

“Kami berharap, sinergitas Ormas yang ada di Kabupaten Ciamis terus terjalin dan bakti sosial ini bisa dijadikan contoh bagi Ormas lain,” ujarnya.

Kegiatan yang digagas oleh ormas dan karang taruna ini, kata Yana, merupakan kerja nyata yang dibutuhkan masyarakat.

Lebih lanjut, Yana mengatakan Pemerintah Daerah (Pemda) Ciamis memastikan sudah ada penanganan khusus untuk warga miskin yang tinggal di rumah yang tidak layak huni.

“Kami (Pemda Ciamis) yang pasti sudah memiliki  program yang berkaitan dengan pembangunan rumah tidak layak huni (Rutilahu),” terang Yana.

Tentunya dalam pelaksanaannya dilakukan secara bertahap disesuaikan dengan kemampuan anggaran Kabupaten Ciamis.

“Kita telah shering anggaran baik itu APBN, APBD Provinsi, APBD Kabupaten dan Baznas untuk program rutilahu. Ke depan pihak Desa pun bisa menggunakan anggaran melalui Dana Desa, karena secara regulasi itu dimungkinkan,” pungkasnya.

Diketahui Andang Ruhiyat merupakan warga miskin di Dusun Cisaar, Desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican. Dia hidup bersama keluarganya dengan menempati rumah tidak layak huni. (GaluhID/Uus)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA