Kamis, 5 Agustus 2021
Kamis, 5 Agustus 2021
BJB

Sawah di Cipaku Ciamis Ini Berpotensi Jadi Tempat Wisata Baru

Berita Ciamis, galuh.id – Bentangan pesawahan di Blok Kujang 1, Dusun Ciheras, Desa Selacai, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis berpotensi jadi tempat wisata baru. Sawah di Cipaku Ciamis ini cukup menjanjikan apabila dikelola dengan baik.

Di tengah pesawahan yang dikenal dengan Sawah Nusa ini, dijamin Anda akan betah menikmati suasana alam lengkap dengan angina semilir. Suasana ini akan membuat pikiran Anda fresh.

Sementara di sekeliling sawah Nusa, Anda bisa menikmati hijaunya hutan. Tak ketinggalan gemericik air sungai Cimuntur membuat suasana alam impian Anda jadi nyata.

Yus Rusmana Sudia, salah seorang penggiat Budaya dan Pariwisata Desa Selacai, mengatakan, kehidahan sawah Nusa menginspirasi warga untuk menjadikannya sebagai tempat wisata baru di Ciamis.

“Saat ini sudah mulai ditata agar jadi tempat pariwisata,” kata Yus, Senin (7/9/2020).

Selain ‘menjual’ keindahan alam, nantinya pengunjung yang datang ke lokasi Sawah Nusa akan disuguhi wisata lainnya, yakni wisata religi dan edukasi pertanian.

“Wisata religi, pengunjung bisa ziarah ke lokasi Makam Eyang Cangraganti yang ada di sekitar Sawah Nusa,” terangnya.

Yus melanjutkan, wisata edukasi yang ada di sekitar sawah di Cipaku Ciamis ini, akan ada pelatihan cara mengolah sawah secara tradisional.

“Pengunjung bisa mencoba membajak sawah dengan kerbau. Termasuk juga melihat cara bertanam padi sampai masa panen tiba,” katanya.

Meskipun begitu, Yus mengaku masih terkendala masalah dana. “Konsep yang saat ini tengah kami kembangkan masih terkendala dana. Untuk mewujudkannya butuh dana besar, sehingga kami perlu dukungan dari berbagai pihak,” terang Yus.

Sementara, Plt Kepala Desa Selacai, Adung, mengaku tidak bisa mengalokasikan anggaran desa untuk mengembangkan pesawahan Nusa menjadi obyek wisata. Hal itu lantaran agendanya belum masuk Musrenbang.

“Masalah anggaran untuk mengembangkan kawasan sawah Nusa jadi tempat wisata, keputusannya ada pada pejabat kepala desa definitif,” tandasnya. (GaluhID/Ndu)

Artikel Lainnya

Loading...

Temukan Kami

47,551FansSuka
265PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan