Rabu, 27 Januari 2021
Rabu, 27 Januari 2021
 
 

SDN 2 Janggala Cidolog Ciamis Rusak Parah Viral, Ini Tanggapan Disdik

Berita Ciamis, galuh.id – Viral Bangunan SDN 2 Janggala Cidolog Ciamis Rusak Parah, Warganet Pertanyakan Disdik

Viral di media sosial bangunan SDN 2 Janggala Kecamatan Cidolog Kabupaten Ciamis rusak parah. Kondisi bangunan sekolah dasar ini sangat memprihatinkan dan tak layak.

Meski bangunan rusak parah, namun sekolah di Desa Janggala ini tetap digunakan untuk kegiatan belajar mengajar.

Foto-foto kondisi bangunan SDN 2 Janggala yang rusak parah tersebut beredar luas di jejaring media sosial Facebook dan menuai banyak komentar warganet.

Banyak warganet yang merasa prihatin dengan kondisi bangunan sekolah tersebut. Tak sedikit juga yang mempertanyakan keberadaan Dinas Pendidikan (Disdik).

Seperti yang diutarakan oleh akun Facebook Kampung Sukalilah. Dalam postingannya, ia menyampaikan keprihatinannya terhadap dunia pendidikan di Ciamis.

”SD yang menjadi dasar dari pendidikan formal di kampung ini sepertinya sudah diacuhkan oleh pemerintah kabupaten Ciamis,” tulis akun Kampung Sukalilah, Selasa (11/8/2020).

Selain itu, infrastruktur dan suprastrukturnya pun tidak mendapat perhatian dari pemerintah setempat.

SDN 2 Janggala Cidolog Ciamis Hanya Punya 1 Guru PNS

Kampung mungil dengan jumlah DPT sekitar 300 suara ini diketahui hanya memiliki 1 sekolah dasar, yakni SD 2 Janggala, dengan jumlah guru PNS 1 orang.

Bahkan untuk proses belajar mengajar, warga sampai mengeluarkan iuran bulanan untuk sekedar mengganti uang jajan bagi guru warga angkat yang mengajar di sana.

”Sebab guru yang disediakan negara hanya 1 orang..padahal jumlah kelas kan ada 6,” dalam postingan akun Kampung Sukalilah.

Iuran dari warga sebesar Rp 10 ribu per bulan dikeluarkan secara sukarela. Meski tahu ada dana BOS, namun tidak bisa mencakup kebutuhan untuk mengangkat guru honor.

Sehingga akhirnya warga setempat pun sepakat untuk melaksanakan iuran bulanan tersebut.

Bangunan yang dianggap berbahaya ini pun sering kali digunakan untuk kegiatan belajar mengajar (KBM) karena tidak ada pilihan lagi.

Disdik Usulkan Rehab 2021

Menanggapi hal tersebut, Kabid SD Dinas Pendidikan Ciamis Endang Kuswana mengatakan, pihaknya sedang mengajukan usulan untuk merehab bangunan SD 2 Janggala Cidolog.

”Sedang diusulkan ke 3 sumber. Di APBD Kabupaten, APBD Provinsi, dan di DAK fisik 2021,” katanya.

Endang juga mengatakan, SDN 2 Janggala Cidolog Ciamis di tahun 2020 tidak masuk dalam daftar rehab. Karena sekolah tersebut tidak melakukan update dalam Dapodik (Data Pokok Pendidikan).

Sekolah itu juga tidak pernah mengusulkan untuk rehab, baik dalam bentuk selembar surat maupun proposal kepada Kepala Dinas Pendidikan (Kadisidik) Ciamis.

”Usulan untuk tahun 2020 harus diusulkan sebelum penetapan anggaran. Berarti tahun 2019 atau paling tidak akhir tahun 2019,” kata Endang. (GaluhID/Evi)

Loading...

Artikel Terkait

6.600 Vial Vaksin Covid-19 Tiba di Ciamis, Vaksinasi 1 Februari 2021

Berita Ciamis, galuh.id - Sebanyak 6.600 vial vaksin Covid-19 Sinovac tiba di Kabupaten Ciamis, Rabu (27/1/2021) siang sekitar pukul 12.10 WIB. Vaksin dalam kemasan 4...

Abrasi Sungai Cikaso di Banjarsari Ciamis, Jalan Terancam Longsor

Berita Ciamis, galuh.id - Abrasi sungai Cikaso yang berada di Dusun Wanayasa RT 7 RW 2 Desa Cibadak, Banjarsari Kabupaten Ciamis kembali terjadi. Akibat abrasi...

Petani Padi di Banjarsari Ciamis Pusing, Sawah Diserang Burung Pipit

Berita Ciamis, galuh.id - Petani padi di Banjarsari Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dipusingkan dengan adanya serangan burung pipit terhadap tanaman padinya. Adanya serangan burung pipit...

Temukan Kami

48,102FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya