oleh

Rivalitas Persib Vs Persija, Kapan Bobotoh dan Jakmania Mulai Bermusuhan?

 
 

Permusuhan antara bobotoh Persib Bandung ‘Viking’ dengan suporter Persija ‘Jakmania’ tidak ada habisnya. Bagaimana sebenarnya awal dari rivalitas Persib vs Persija?

Rupanya perselisihan antara kedua suporter berawal saat pertandingan Persib vs Persija di Stadion Siliwangi Bandung, tahun 1999.

Loading...

Kala itu bobotoh Persib Bandung datang lebih awal karena merupakan tamu di sana. Mereka masuk lebih awal dan seketika memenuhi sebagian besar tribun. Di saat itu tribun sudah penuh banyak supurter yang tidak kebagian tempat di dalam stadion.

Saat itu sangat banyak supporter Persib berada di luar Stadion dan tidak dapat masuk karena semua tribun sudah berdesakan. Semakin lama suasana semakin panas.

Saat suasana panas itulah sekitar 7 bus yang mengangkut suporter Persija datang. Ketujuh bus yang tadinya mengangkut suporter Persija kemudian dirusak suporter yang panas lantaran tak bisa masuk Stadion dan dilampiaskan ke suporter lawan.

Selain itu, ada beberapa suporter mengalami luka-luka dan hal itu sepertinya menjadi pemicu pertama rivalitas Persib vs Persija.

Sejak terjadi bentrok di Stadion Siliwangi Bandung, suporter Persija melakukan intimidasi terhadap suporter Persib. Begitupun sebaliknya, hingga permusuhan kedua suporter ini menjadi-jadi sampai sekarang.

Slogan-slogan olokan dan hinaan dari suporter Persib kepada suporter Persija, seringkali terdengar, begitupun sebaliknya. Mereka membuat kaos dengan hinaan tersebut dan dicetak pada kaos-kaos untuk dijual.

Tak jarang sweeping dilakukan kedua suporter saat pertandingan Persib vs Persija bakal berlangsung.

Seringkali suporter Persib dilarang datang ke Jakarta saat pertandingan. Begitu pun sebaliknya, Jakmania dilarang datang ke Bandung saat Persija berlaga melawan Persib. Jika nekat, maka nyawa menjadi taruhannya, seperti yang terjadi pada Harlingga Sirla.

Bahkan saat pemain memasuki Stadion, tak jarang pemain Persija yang main di Bandung akan diangkut oleh baracuda dan dikawal ketat pihak kepolisian.

Hal sama juga terjadi saat Persib bermain di Jakarta. Para pemain akan diangkut menggunakan baracuda dan dikawal polisi. Kondisi ini jadi bagian dari kisah rivalitas Persib vs Persija. (GaluhID)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA