Minggu, 25 September 2022
Minggu, 25 September 2022
More

    Seminar Literasi Mahasiswa STAI Al-Ma’arif Ciamis, Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

    Berita Ciamis, galuh.id – Kelompok mahasiswa KKN STAI Al-Ma’arif Ciamis telah mengadakan seminar literasi di Aula Desa Petirhilir pada Minggu (07/08/2022).

    Seminar tersebut mengusung tema Membangkitkan Animo Literasi dan Publikasi.

    Iklan

    Muhemin, ketua pelaksana kegiatan, mengatakan literasi sangat penting untuk mengembangkan wawasan serta pola pikir masyarakat yang maju.

    Salah satu fungsi literasi yaitu meningkatkan kesejahteraan desa. Karena dengan minat baca yang tinggi, pola pikir masyarakat akan mengarah kepada kamajuan.

    Menurut Muhaemin, keluarga merupakan pendidikan pertama bagi anak-anak, selaras dengan sasaran utama kegiatan ini.

    “Yaitu ibu kader posyandu, karang taruna, serta pegiat literasi yang ada di Desa Petirhilir,” kata Muhemin kepada galuh.id, Rabu (10/8/2022).

    Iklan

    Ia juga mengucapkan terima kasih kepada ibu-ibu kader posyandu yang hadir dalam kegiatan.

    “Karena yang menjadi garda terdepan dalam meningkatkan literasi bagi anak-anak dimulai dari keluarga,” ucapnya.

    Sementara Sekretaris Desa Petirhilir, Ulis, menyampaikan pentingnya untuk menumbuhkan kembali semangat literasi terhadap masyarakat.

    Ia pun menyambut baik seminar tersebut dan meminta mahasiswa KKN STAI Al-Ma’arif untuk memunculkan kembali ketertarikan masyarakat terhadap minat membaca.

    Indra Mulyana selaku Kabid Pengolahan, Layanan dan Pelestarian Bahan Perpustakaan Dinas Perpustakaan Ciamis, menyampaikan indeks yang menjadi tolak ukur minat baca.

    Indikator yang dapat meningkatkan minat baca yaitu akses terhadap perpustakaan. Kemudian, budaya membaca, kecakapan membaca, dan akses internet.

    STAI Al-Maarif Ajak Masyarakat Manfaatkan Fasilitas Perpustakaan

    Perpustakaan Ciamis memberikan fasilitas dan pelayanan bagi masyarakat. Selain itu, memberikan kenyamanan bagi para pengunjung yang datang ke perpustakaan.

    Layanan tersebut diantaranya wisata literasi, bekerja sama dengan gatrik yang punya program kunjungi Perpus setiap melakukan perjalanan.

    Kemudian, ruang angkasa yang bisa anak-anak manfaatkan untuk belajar dengan nuasa luar angkasa.

    Selanjutnya, peminjaman buku bagi masyarakat yang sudah daftar anggota dan kolecer.

    Dosen STAI Al-Maarif Ciamis, Eulis Sri, mengajak kepada masyarakat untuk memanfaatkan layanan yang ada di Perpustakaan Ciamis.

    “Dulu sempat sama anak saya ke ruangan nuasa angkasa. Ada ruangan nonton film 3D juga. Ayo manfaatkan fasilitas lainnya yang tersedia di perpustakaan,” ucapnya.

    Eulis mengaku kecintaannya terhadap buku sudah tertanam sejak dini. Sehingga saat pelajar dan nyantri di Ponpes Darussalam mulai aktif menulis.

    Karyanya yang telah terbit berjudul KH. Irfan Hielmy Kehidupan Pemikiran dan Perjuangan, Pandemi Menumbukan Literasi, dan Buku PPKN Perspektif Islam.

    Dalam kegiatan tersebut, ia juga menyerahkan buku secara simbolisis untuk tambahan koleksi dan bahan pustaka di Perpustakaan Ciamis.

    Sebagai informasi, seminar literasi mahasiswa KKN STAI Al-Ma’arif Ciamis ini sebagai stimulus untuk meningkatkan minat baca masyarakat, khususnya Desa Petirhilir. (GaluhID/Tony)

    Editor : Evi

    Iklan
    Loading...

    ARTIKEL TERKAIT

    Iklan

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini

    spot_img

    Temukan Kami

    47,551FansSuka
    377PengikutMengikuti
    8,352PelangganBerlangganan