Seniman Galuh Ciamis Kecam Babe Saidi, Sebut Pernyataannya Cari Sensasi

Berita Ciamis, galuh.id – Seniman Galuh Ciamis, Noor ZM menilai pernyataan Ridwan Saidi soal Kerajaan Galuh adalah sensasi dan pernyataan yang keliru.

Babe Saidi juga menurut Noor ZM bukan budayawan, meskipun saat memberikan pernyataan diwawacara sebagai budaywan.

Noor ZM mengungkapkan hal itu saat acara pernyataan sikap budayawan dan tokoh Galuh menyikapi kelakuan Babe Saidi yang memojokan warga Galuh di ruang Pasca Sarjana Unigal Kamis (14/02/2020).

“Dia itu ngawur ngomongnya tak mencerminkan seorang budayawan. Pernyataannya sangat kontroversi, maaf dia itu bodoh,” katanya.

Noor JM berbeda pendapat dengan Kadisbudpora Ciamis, Erwan Darmawan dalam menyikapi masalah tersebut. Erwan menginginkan agar melihat pernyataan Ridwan Saidi sebagai pernyataan pribadi.

Seniman Galuh Ciamis, Noor JM Menuntut Babe Saidi Mengklarifikasi Pernyataannya

“Yang di medsos itu semua orang tahu bahwa dia itu salah. Yang kasihan itu bukan kita saja orang Galuh dan generasi mudanya. Tapi saya juga kasihan dengan masyarakat Betawi yang mempunyai seorang tokoh masyarakat yang bodoh seperti itu,” kata Noor dengan nada emosi disambut tepuk riuh hadirin.

Hal senada dikemukakan perwakilan Mahasiswa Galuh yang menyebut pernyataan Ridwan Saidi mengoyak perasan civitas akademika Galuh. Apalagi Galuh dimaknai brutal.

Mahasiswa Galuh ini merasa diinjak harga dirinya dengan pernyataan kontroversial Ridwan Saidi. Oleh karena itu mahasiswa mendesak semua pihak bertindak tegas.

Akhirnya para budayawan, seniman, tokoh pemuda dan mahasiswa sepakat bahwa dengan pernyataan Ridwan Saidi, warga Tatar Galuh Ciamis merasa dihina. Oleh karena itu Ridwan Saidi harus mempertanggungjawabkan ucapannya.

Seperti diketahui, pernyataan Budayawan Betawi, Ridwan Saidi menyebutkan bahwa dahulu kala tidak ada Kerajaan di Ciamis.

Hal ini mengundang reaksi keras dari sejumlah kalangan di Ciamis. Pernyataan Ridwan Saidi yang disampaikan melalu Chanel YouTube Macan Idealis pada Rabu (12/2/2020) l.

Hingga Jumat (14/02/2020) pukul 07.02 video tersebut telah ditonton 22.383 kali. Dan beragam komentar pun menghiasi kanal video itu.

Sebagian besar Ssniman Galuh Ciamis mengecam pernyataan Babe Saidi dan menyayangkan pemilik chanel youtube tersebut. (GaluhID/Arul)

Redaksi GaluhID
Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Syarat Pelaksanaan Salat Idul Adha Berjamaah di Masjid Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ciamis menyampaikan beberapa persyaratan terkait pelaksanaan salat Idul Adha berjamaah di Masjid.

Angkat Potensi Ciamis, Mahasiswa Asal Purwadadi Hadir Untuk Mengabdi

Berita Ciamis, galuh.id - Sejumlah mahasiswa yang berasal dari Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, membentuk sebuah paguyuban kedaerahan. Satu di...

Temukan Kami

49,380FansSuka
186PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Liga 2 Ditangguhkan, Atep Berharap Kompetisi Bisa Bergulir Lagi

Info Liga 2, galuh.id - Liga 2 2020 kini hanya punya dua opsi, yaitu berlanjut setelah 1 Juli 2020 atau dibatalkan. Padahal...

Ribuan Warga Cikoneng Ciamis Akan Mendapatkan Bantuan Sembako

Berita Ciamis, galuh.id - Ribuan warga Cikoneng Ciamis akan mendapatkan bantuan berupa sembako, hal tersebut ditandai dengan disalurkannya Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Pemuda Ciamis Bikin Lukisan dari Tanah dan Sampah

Cijeungjing, galuh.id - Kusnandang (42) alias Joko pemuda asal Ciamis membuat lukisan dari bahan tanah dan sampah. Tanah dan sampah tersebut...

WhatsApp Diretas, Jangan Takut! Ini Cara Mencegah dan Mengamankan Akun

WhatsApp diretas sudah bukan hal baru lagi. Bahkan beberapa waktu lalu, ribuan grup WhatsApp sempat bocor di Google Search hingga bisa diakses...

Mimbar Bebas dan Do’a Bersama: Aksi Damai Mahasiswa Ciamis

Ciamis, galuh.id - Ratusan Mahasiswa dari beberapa Universitas dan Perguruan Tinggi di Kabupaten Ciamis yang mengatasnamakan Gabungan Mahasiswa Ciamis melakukan aksi Mimbar...