Selasa, 15 Juni 2021
Selasa, 15 Juni 2021
BJB

Serunya Menikmati Pemandangan Situ Mustika Kota Banjar

spot_img

Berita Banjar, galuh.id – Bagi warga kota Banjar Jawa Barat, nama Situ Mustika Kota Banjar, Jawa Barat menjadi tempat yang tidak asing lagi.

Tempatnya yang asri dan sejuk, mampu memanjakan setiap pengunjung yang datang ke lokasi tempat rekreasi ini.

Dalam perkembangannya objek wisata Situ Mustika, selalu diperbaharui dari tahun ketahun. Hal tersebut  guna menciptakan daya tarik wisatawan.

Lokasi ini terdapat di daerah desa Karangpanimbal kecamatan Purwaharja kota Banjar.

Kawasan Situ Mustika dikelola oleh Perum Perhutani dan memiliki luas efektif 8,5 Ha. Terdiri 3,5 Ha berupa situ dan 5 Ha daratan.

Situ Mustika resmi dijadikan wana wisata oleh Perum Perhutani pada tahun 1985, saat itu tempat tersebut masih alami belum tertata rapi.

Tarif Masuk Situ Mustika Kota Banjar

Hingga ditahun 2018 bulan desember, Situ Mustika memiliki tampilan baru. Hingga namanyapun berubah menjadi Mustika Taman Anggrek.

Adapun tarif tiket menuju objek wisata ini adalah sebesar Rp. 50.000/orang dihari biasa dan Rp.7500/orang pada hari libur.

Berdasarkan surat keputusan 162/043,7/bisnis/CMS/DRJB/2019 Yang ditetapkan manajemen Perhutani, pengunjung objek taman anggrek mulai tanggal 5 juni 2019, diberlakukan tiket sebesar Rp.15.000 pada hari biasa dan Rp.20.000 pada hari libur.

Objek wisata Mustika saat ini memiliki beberapa wahana yang beragam, yang patut untuk dikunjungi wisatawan.

Pengelola  menyiapkan tiket paket sebesar RP. 50.000/perorang, dan pengunjung bisa menikmati 6 wana wisata. Diantaranya Wisata Kampung Militer, Kampung Seni, Kampung Satwa, Wahana Air, Taman Anggrek, dan Istana Balon.

Beberapa wahana tersebut menjadi tempat favorit wisatawan dalam mengabadikan momen indahnya melalui kamera, tidak sedikit kaum emak-emak berselfie ria di wahana-wahana tersebut.

Sri (22) warga kota Banjar, mengaku puas dengan keindahan alam yang ditawarkan objek wisata lokal Mustika Anggrek. “Bisa dijadikan tempat yang cocok  berwisata warga  Banjar.” ucap Sri.

Dilokasi Situ Mustika Kota Banjar tampak di sebelah barat Gunung Babakan, Pemandangan indah tersebut menambah daya tarik photografer yang tengah berburu keindahan.

Tempatnya yang relatif jauh dari pencemaran perkotaan, menjadi tempat alternatif wisatawan dalam mencari udara segar.

Pengunjung dapat menyusuri tepian danau hingga tengah danau dengan perahu bebek, hingga mendapatkan sensasi keindahan luar biasa.

Pihak pengelola menyediakan Gazebo, untuk bisa dijadikan tempat berkumpul sambil menikmati kuliner nikmat khas kota Banjar.

Di taman anggrek, pengunjung dapat melihat berbagai jenis tanaman anggrek. Ada ratusan jenis anggrek di wahana ini, hingga dapat membuat kagum penikmat alam.

Agenda Kegiatan Mustika Anggrek

Di objek wisata mustika anggrek, dalam setiap tahunnya diadakan salah satu kegiatan dalam upaya melestarikan budaya tanah air. Kegiatan tersebut diberi nama “Ngarumat Budaya”.

Dalam acara tersebut kerap digelar beberapa budaya yang ada di Indonesia. Seperti halnya kuda lumping, calung, reog, dan lainnya.

Dengan dihadirkannya aneka budaya, pihak pengelola berharap agar para wisatawan khususnya kaum milenial dapat lebih mengenal budaya tanah air.

Sementara di setiap akhir pekan, pihak pengelola Situ Mustika Kota Banjar mengadakan agenda memancing ikan.

Acara tersebut mampu menarik banyak peminat, khususnya para hobi memancing dari berbagai daerah. (GaluhID/Dodi)

 
 
Loading...

Artikel Lainnya

Temukan Kami

47,551FansSuka
252PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan