Jumat, April 19, 2024

Shin Tae-yong: Generasi Emas Timnas Indonesia Telah Dimulai

Baca Juga
- Advertisement -

Galuh.id– Kemenangan yang diraih Timnas Indonesia atas Vietnam dalam dua pertandingan terakhir Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia semakin memperkuat keyakinan pelatih Shin Tae-yong.

Tidak hanya berhasil mengalahkan Vietnam, tetapi ini juga menjadi kemenangan ketiga secara beruntun bagi Tim Merah Putih dalam dua bulan terakhir.

Pada Piala Asia 2023, Indonesia berhasil mencatat kemenangan perdana atas Vietnam sejak 2016 dengan skor 1-0 melalui gol Asnawi Mangkualam. 

- Advertisement -

Kini, dalam dua pertemuan di Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Timnas Indonesia kembali menundukkan Vietnam dengan skor 3-0 dan 1-0.

Generasi Emas Timnas Indonesia Telah Dimulai, Vietnam Berakhir

Shin Tae-yong tidak menyia-nyiakan kesempatan ini untuk mengomentari kemenangan atas Vietnam. 

Pelatih asal Korea Selatan tersebut menyatakan masa keemasan Vietnam telah berakhir.

Dalam era kejayaan tersebut, tim-tim Asia Tenggara, termasuk Timnas Indonesia, kesulitan mengalahkan Vietnam.

Berbeda dengan Shin Tae-yong saat ini sedang membangun generasi emas Timnas Indonesia, terutama dengan mengandalkan para pemain muda. 

Baca juga: Jay Idzes Jadi Bintang Pilihan AFC Usai Tampil di Timnas Indonesia

Rata-rata usia skuad saat melawan Vietnam adalah 21,5 tahun pada pertandingan pertama dan 22 tahun 5 bulan pada pertandingan kedua.

Hal ini  menunjukkan fokus Shin Tae-yong pada pengembangan pemain muda.

Shin Tae-yong menyebut para pemainnya semakin nyaman menjalankan filosofi permainan.

Ini merupakan hasil dari fondasi yang dibangunnya sejak empat tahun lalu, dengan memfokuskan pada pembinaan pemain muda.

Meski menghadapi banyak tantangan, Shin Tae-yong tidak ragu mengambil resiko besar dalam membangun skuad Garuda. 

Bahkan Shin Tae-yong mendapat berbagai penilaian karena memotong satu generasi Timnas dan menggantinya dengan pemain-pemain muda.

Bahkan ia kerap mendapat kritik keras dari publik sepak bola Indonesia saat gencar melakukan program naturalisasi pemain.

Hal itu menjadi langkah cepat pilihan Shin Tae-yong saat ini untuk meningkatkan kekuatan timnya dengan cepat selaras dengan target tinggi dari PSSI.

Dari upayanya tersebut, kini terlihat hasil dengan kehadiran para pemain muda yang menjadi tulang punggung Timnas. (GaluhID/Dianti)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -
 
 
Berita Terbaru

Asosiasi Guru Honorer Jabar Tuntut Formasi ASN Guru Bahasa Sunda

Berita Jabar, galuh.id - Asosiasi guru honorer Provinsi Jawa Barat (Jabar) menuntut kebijakan terkait formasi ASN untuk guru Bahasa...

Artikel Terkait