Sabtu, 5 Desember 2020
Sabtu, 5 Desember 2020
 
 

Siswa di Ciamis Ingin Segera Belajar di Sekolah

Hubungi Kami

Berita Ciamis, galuh.id – Di masa pandemi Covid-19, siswa di Ciamis ingin segera belajar di sekolah. Hal ini diungkapkan salah satu siswa SD 4 Kertasari Kabupaten Ciamis, Askana Sakhi Syakira (8), Selasa (21/7/2020).

“Iya, saya ingin segera sekolah agar bisa ketemu dengan teman-teman saya yang lain, kalau seperti ini kan hanya bertemu sedikit temannya,” ujarnya saat ditemui di Masjid Al Ikhlas Kertasari Ciamis tempat belajarnya sementara.

Askana mengatakan sekolah di Masjid tidak nyaman dan tidak banyak teman. Ia berharap ingin segera belajar di sekolah.

“Ingin cepat belajar di sekolah,” harapnya.

Belajar di Sekolah Labih Baik

Ayu Yuliana gurunya, mengatakan saat ini sekolah sudah berjalan, namun belajarnya dengan sistem tatap muka terbatas, mobile teacher dan semi daring berbasis WhatsApp.

“Aturan sekolah itu sesuai aturan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis Namun untuk sekolah tatap muka terbatas tempatnya hasil kesepakatan orang tua murid,” tuturnya.

Menurutnya, untuk belajar tatap muka terbatas dilakukan sesuai zona. Satu kelas dengan jumlah siswa 23 orang dibagi 3 zona. Dalam satu zona kelompok ada 7-8 orang.

“Untuk tempat belajarnya tidak hanya di masjid, namun ada juga yang dirumah siswa sesuai dengan kesepakatan bersama,” paparnya.

Ayu berharap pandemi Covid-19 ini cepat selesai agar aktivitas belajar mengajar bisa normal kembali seperti biasa.

“Ini bukan hanya belajar materi saja, tapi jika belajar di sekolah kan nantinya siswa bisa mengenal lingkungan sekolah,” katanya.

Selain itu, siswa juga bisa bersosialisasi dengan teman-teman semuanya, mengenal kepala sekolah dan para guru yang lainnya.

“Hal ini penting bagi pertumbuhan karakter siswa sebagai generasi penerus bangsa,” tandasnya.

Belajar Agama

Sementara itu, Pemerhati Pendidikan Ciamis, sekaligus ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) H Wawan S Arifien menuturkan pembelajaran yang dilakukan di masjid bukan hanya materi pelajaran.

“Bahas juga lingkungan tempat yang digunakan untuk belajar. Seperti zaman Rosulloh SAW, rumahnya sering digunakan tempat belajar, dan sahabat-sahabat Rosul yang luar biasa,” katanya.

Wawan berharap dengan dipakainya pelataran masjid untuk belajar bisa lahir generasi cerdas yang memiliki ahlakul karimah.

“Mudah-mudahan siswa yang belajar bisa seperti sahabat-sahabat Rosul yang sangat luar biasa,” ucapnya.

Pihaknya pun selaku DMI sangat mendukung jika anak-anak kembali belajar agama dan mengaji di masjid.

“Ajarkan juga kepada mereka tentang fungsi masjid dan adab belajar di masjid. Agar nantinya anak-anak bisa lebih paham ilmu tentang agama,” tambahnya.

Menurutnya, Jika sekarang masjid hanya dipakai karena sekolah tidak boleh digunakan untuk proses belajar mengajar. Maka fungsi masjid hanya dianggap sebagai sarana pengganti sementara dan bukan tujuan utama bagi para siswa.

“Ini yang dihawatirkan, karena ketika gedung sekolah sudah bisa digunakan lagi, mereka tak datang lagi ke masjid,” pungkasnya. (GaluhID/Arul)

Loading...

Artikel Terkait

Gara-gara Tanam Pisang, Warga Ciamis Ini Dapat Hadiah Domba

Berita Ciamis, galuh.id - Tanam pisang di Dusun Nagrog Desa Kertabumi Kecamatan Cijeungjing, salah satu warganya mendapatkan hadiah domba dari panitia, Rabu (02/12/2020). Pasalnya warga...

Operasi Yustisi di Banjarsari Ciamis, 60 Pelanggar Kena Sanksi Sapu Jalan

Berita Ciamis, galuh.id - Sebanyak 60 warga terjaring operasi yustisi di depan alun - alun Banjarsari Ciamis. Mereka kedapatan tidak memakai masker saat berkendara. Satgas...

11 Warga Positif Corona, Kantor Desa Sukajadi Ciamis Tutup 3 Hari

Berita Ciamis, galuh.id - Kantor Desa Sukajadi, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, tutup 3 hari. Penutupan kantor desa itu lantaran kasus Covid-19 di wilayahnya meningkat. Kepala...

Temukan Kami

48,332FansSuka
215PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Serdy Ephy Fano: Striker Timnas Indonesia U-19 Kembali Bikin Malu

Serdy Ephy Fano ternyata belum bisa benar-benar berubah. Sebelumnya, Serdy dicoret sebelum berangkat TC bersama Timnas Indonesia U-19 ke Kroasia karena Indisipliner. Kini ia...

Cristiano Ronaldo Raih Golden Foot 2020, Bagaiamana dengan Messi?

Cristiano Ronaldo raih Golden Foot 2020 yang menandakan pemain asal Portugal tersebut semakin menajamkan persaingannya dengan Lionel Messi. Pemain bintang yang kini berseragam Juventus tersebut...

Kelebihan HP Oppo Reno5 Lengkap dengan Fiturnya, Simak Harganya!

Kelebihan HP Oppo Reno5 berada pada kategori kelas mid-range yang tentu saja Anda layak untuk membelinya. Bahkan seri ini memiliki harga penjualan sekitar Rp 5 jutaan...

Sinopsis Bus 657 (The Heist), Perjuangan Ayah Merampok Demi Anak

Sinopsis Bus 657 atau The Heist yang tayang malam ini pada acara Bioskop Trans TV, 4 Desember 2020 pukul 21.30 WIB. Film ini termasuk dalam...

Noken Papua, Simbol Warisan Dunia yang Jadi Google Doodle Hari Ini

Noken Papua muncul sebagai ikon pada Google Doodle hari ini, Jumat 4 Desember 2020. Tentunya hal ini menjadi suatu kebanggan bagi masyarakat Indonesia. Noken sendiri...