Senin, 21 September 2020
Senin, 21 September 2020
 
 

SMKN 1 Ciamis Raih Juara 1 Sekolah Sehat Berkarakter Tingkat Nasional 2019

Ciamis, galuh.id – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN 1) Ciamis mendapat juara 1 di ajang Lomba Sekolah Sehat Berkarakter Tingkat Nasional Tahun 2019.

Sekolah yang lokasinya di sebelah Polres Ciamis ini keluar jadi juara dari kategori sekolah dengan Kinerja Terbaik (Best Performance).

Kepala SMKN 1 Ciamis, Ika Karniati mengatakan, warga SMKN 1 Ciamis ingin memberi yang terbaik untuk Kabupaten Ciamis dan Provinsi Jawa Barat.

“Saya melangkah menjadi Kepala SMKN 1 Ciamis sejak 2012. Ingin memberi yang terbaik untuk Ciamis dan Jawa Barat. Alhamdulillah, semua civitas SMKN 1 Ciamis mendukung program sekolah sehat hingga mendapat juara,” kata Ika kepada Galuh ID di kantornya, Jumat (15/11/2019).

Civitas Akademika SMKN 1 Ciamis bersama penghargaan Juara 1 Sekolah Sehat Berkarakter. Foto: Dok SMKN 1 Ciamis.

Dia mengungkapkan, dengan mendapatkan Juara I Sekolah Sehat Berkarakter, para siswa dibiasakan hidup bersih dan sehat. Lingkungan sekolah pun memang dijaga agar selalu bersih dan nyaman. Ika percaya lingkungan yang baik akan menghasilkan anak-anak berprestasi.

“Ada beberapa kriteria penilaian yang membuat SMKN 1 Ciamis juara Sekolah Sehat dan Berkarakter diantaranya, pemenuhan ruang usaha kesehatan sekolah (UKS) disesuaikan dengan standar sarana dan prasarana UKS yang dibimbing oleh Puskesmas Ciamis,” katanya.

Bahkan bukan hanya SMKN 1 Ciamis saja yang jadi juara, namun Puskesmas Ciamis pun meraih penghargaan juara 1 dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia kategori pembina sekolah dengan kinerja terbaik jenjang SMA/MA dan SMK.

“Kami juga secara rutin mendapat pembinaan dari Puskesmas Ciamis, makanan di kantin semua yang bersih dan sehat. Ada 10 pedagang kantin di SMKN 1 Ciamis semuanya sudah punya sertifikat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM),” ujarnya.

Apa yang dilakukan oleh SMKN 1 Ciamis sesuai dengan visinya yaitu Lingkungan Sehat, Pribadi Hebat Prestasi Melesat. Menurutnya, ini adalah satu langkah yang sudah diciptakan untuk mencapai visi tersebut.

“Jadi kami yang harus cipatakan sendiri inovasi-inovasi untuk kebaikan siswa SMKN 1 Ciamis. Saya sebagai pimpinan juga hanya berupaya semampu apa yang sekolah miliki. Alhamdulillah bersyukur SMKN 1 Ciamis menjadi juara nasional berkat semua warga SMKN 1 Ciamis,” ujarnya.

Bahkan, Ika berharap agar pencapaian tersebut tidak hanya sampai di sana. Namun bisa dibawa sampai ke lingkungan lainnya.

“Bukan berhenti setelah pencapaian juara ini, tapi tetap harus jadi habit atau kebiasaan, bukan hanya di sekolah. Harus jadi imbas ke sekolah lain,” katanya. (GaluhID/Arul)

Loading...

Artikel Terkait

Komunitas di Ciamis Selatan Peringati World Clean Up Day 2020 dengan Pilah dan Pungut Sampah

Berita Ciamis, galuh.id - Komunitas dan Organisasi di Kabupaten Ciamis turut ambil bagian dalam memperingati hari World Cleanup Day 2020. Mereka melakukan...

World Cleanup Day Ciamis, Warga Bersihkan Sungai Cipalih Saat Kemarau

Berita Ciamis, galuh.id - Kegiatan World Cleanup Day di Ciamis, Sabtu (19/9/2020) dalam masa pandemi COVID-19 tetap berlangsung meriah namun digelar secara...

Penabung Sampah Terbanyak di Ciamis Bakal Dapat Motor

Berita Ciamis, galuh.id - Pemkab Ciamis akan memberikan reward bagi penabung sampah dan bank sampah terbanyak. Hal ini sebagai bentuk keseriusan pemkab...

Temukan Kami

48,775FansSuka
191PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Video TikTok Guru Viral, Do’akan Murid Dicabut Nyawanya

Video TikTok Guru viral menjadi sorotan banyak warganet. Tidak heran lagi jika jaringan sosial dan platform asal Tiongkok tersebut akhir-akhir ini selalu...

Oppo Find X2 Pro Lamborghini, HP Mewah Berapa Harganya?

Oppo Find X2 Pro Lamborghini sudah resmi dirilis di negara asalnya yaitu China dan akan segera dipasarkan ke seluruh dunia. Seri lamborghini...

Film Peninsula: Tran to Busan 2, Kisah Zombie Korea yang Menegangkan

Film Peninsula merupakan sekuel kedua dari Train To Busan yang dirilis pada tahun 2016 silam. Train to Busan menjadi salah satu film...

Penjualan Daring Toyota, Peluang di Tengah Pandemi Covid-19

Penjualan Daring Toyota merupakan jalur pemasaran alternatif yang dilakukan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Hal ini dipicu pandemi Covid-19, sehingga strategi...

Penundaan Pencairan BLT BPJS Tahap 4, Ini Kata Menaker

Penundaan pencairan BLT BPJS tahap 4 diumumkan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker). Lantaran masih ada proses yang harus ditempuh. Menteri...