oleh

SMKN 1 Ciamis Raih Juara 1 Sekolah Sehat Berkarakter Tingkat Nasional 2019

 
 

Ciamis, galuh.id – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN 1) Ciamis mendapat juara 1 di ajang Lomba Sekolah Sehat Berkarakter Tingkat Nasional Tahun 2019.

Sekolah yang lokasinya di sebelah Polres Ciamis ini keluar jadi juara dari kategori sekolah dengan Kinerja Terbaik (Best Performance).

Kepala SMKN 1 Ciamis, Ika Karniati mengatakan, warga SMKN 1 Ciamis ingin memberi yang terbaik untuk Kabupaten Ciamis dan Provinsi Jawa Barat.

“Saya melangkah menjadi Kepala SMKN 1 Ciamis sejak 2012. Ingin memberi yang terbaik untuk Ciamis dan Jawa Barat. Alhamdulillah, semua civitas SMKN 1 Ciamis mendukung program sekolah sehat hingga mendapat juara,” kata Ika kepada Galuh ID di kantornya, Jumat (15/11/2019).

Civitas Akademika SMKN 1 Ciamis bersama penghargaan Juara 1 Sekolah Sehat Berkarakter. Foto: Dok SMKN 1 Ciamis.

Dia mengungkapkan, dengan mendapatkan Juara I Sekolah Sehat Berkarakter, para siswa dibiasakan hidup bersih dan sehat. Lingkungan sekolah pun memang dijaga agar selalu bersih dan nyaman. Ika percaya lingkungan yang baik akan menghasilkan anak-anak berprestasi.

“Ada beberapa kriteria penilaian yang membuat SMKN 1 Ciamis juara Sekolah Sehat dan Berkarakter diantaranya, pemenuhan ruang usaha kesehatan sekolah (UKS) disesuaikan dengan standar sarana dan prasarana UKS yang dibimbing oleh Puskesmas Ciamis,” katanya.

Bahkan bukan hanya SMKN 1 Ciamis saja yang jadi juara, namun Puskesmas Ciamis pun meraih penghargaan juara 1 dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia kategori pembina sekolah dengan kinerja terbaik jenjang SMA/MA dan SMK.

“Kami juga secara rutin mendapat pembinaan dari Puskesmas Ciamis, makanan di kantin semua yang bersih dan sehat. Ada 10 pedagang kantin di SMKN 1 Ciamis semuanya sudah punya sertifikat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM),” ujarnya.

Apa yang dilakukan oleh SMKN 1 Ciamis sesuai dengan visinya yaitu Lingkungan Sehat, Pribadi Hebat Prestasi Melesat. Menurutnya, ini adalah satu langkah yang sudah diciptakan untuk mencapai visi tersebut.

“Jadi kami yang harus cipatakan sendiri inovasi-inovasi untuk kebaikan siswa SMKN 1 Ciamis. Saya sebagai pimpinan juga hanya berupaya semampu apa yang sekolah miliki. Alhamdulillah bersyukur SMKN 1 Ciamis menjadi juara nasional berkat semua warga SMKN 1 Ciamis,” ujarnya.

Bahkan, Ika berharap agar pencapaian tersebut tidak hanya sampai di sana. Namun bisa dibawa sampai ke lingkungan lainnya.

“Bukan berhenti setelah pencapaian juara ini, tapi tetap harus jadi habit atau kebiasaan, bukan hanya di sekolah. Harus jadi imbas ke sekolah lain,” katanya. (GaluhID/Arul)

loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA