Sabtu, 11 Juli 2020
Sabtu, 11 Juli 2020
 
 

SMKN 2 Ciamis Deklarasikan Kawasan Tanpa Rokok di Sekolah

Ciamis, galuh.id – SMKN 2 Ciamis mendeklarasikan Kawasan Tanpa Rokok (KTR), Senin (23/9/2019). Dalam deklarasi tersebut pihak sekolah mengundang perwakilan orang tua siswa dan sepakat untuk mensterilkan sekolah dari asap rokok.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Sekolah SMKN 2 Ciamis, Asep Agus, saat deklarasi dan dirinya akan menegur apabila ada yang merokok di lingkungan sekolah, dan akan ada sanksi moral bagi yang melanggar.

“Mulai hari ini kita akan berlakukan untuk tidak ada yang merokok di kawasan sekolah, kami akan tegas siapa pun yang kedapatan yang merokok akan diberi sanksi,” ujar Asep kepada wartawan, Senin (23/9/2019).

Menurutnya, peraturan ini berlaku bagi tamu yang berkunjung ke sekolah untuk mematuhi peraturan demi kenyamanan dan kesehatan di lingkungan sekolah.

“Benar peraturan ini berlaku bagi siapapun tamu yang akan berkunjung ke sekolah untuk mematuhi peraturan tidak merokok yang sudah diberlakukan,” tuturnya.

Asep mengatakan bagi siapapun yang melihat ada yang merokok di lingkungan sekolah segera laporkan.

“Siswa pun apabila melihat ada yang merokok silahkan laporkan, nanti kami berikan teguran atau sanksi,” ucapnya.

Pihaknya berharap dil ingkungan sekolah bebas tanpa asap rokok karena hal itu akan mengganggu kesehatan penghuni sekolah.

Selain itu, peraturan ini untuk melatih kedisiplinan para siswa, apabila nantinya terjun di dunia indsutri yang sudah menerapkan kawasan bebas tanpa rokok.

“Iya nantinya akan terlatih untuk tidak merokok, karena kan nanti di kawasan industri sudah berlaku kawasan tanpa rokok,” tandasnya.

Asep mengakui bahwa para guru pun banyak yang perokok termasuk dirinya, namun setelah diberlakukan kawasan tanpa rokok di lingkungan sekolah, pihaknya akan mematuhi.

“Guru-guru di sini memang banyak yang perokok, ada sekitar 20 orang. Termasuk saya. Tapi alhamdulillah bukan hanya tak merokok di sekolah tapi betul-betul jadi berhenti merokok,” jelasnya.

Sementara sebelumnya, Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya menyatakan Pemerintah Kabupaten Ciamis akan segera membahas Perda Kawasan Tanpa Rokok. Dirinya mengakui meski sebagai perokok, tapi harus peduli dan memfasilitasi warga yang tidak merokok. 

“Sebetulnya meski belum ada Perda aksinya sudah ada, di setiap kantor SKPD sudah bebas rokok. Sudah terdapat smoking area. Hanya saja tinggal implementasinya. Insya Allah segera tahun depan Perda sudah ada,” pungkasnya. (galuh.id/Arul)

Redaksi GaluhID
Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Syarat Pelaksanaan Salat Idul Adha Berjamaah di Masjid Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ciamis menyampaikan beberapa persyaratan terkait pelaksanaan salat Idul Adha berjamaah di Masjid.

Angkat Potensi Ciamis, Mahasiswa Asal Purwadadi Hadir Untuk Mengabdi

Berita Ciamis, galuh.id - Sejumlah mahasiswa yang berasal dari Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, membentuk sebuah paguyuban kedaerahan. Satu di...

Temukan Kami

49,382FansSuka
186PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Tarif Listrik Naik 2 Kali Lipat? Ini Penjelasan PLN

Berita Nasional, galuh.id - Masyarakat dibuat kaget dengan adanya lonjakan tagihan listrik PLN pelanggan pascabayar. Keluhan pun sempat menggema di media sosial.

Ini Alasan PT LIB Ubah Format Babak 8 Besar Liga 2 2019

Info Liga 2, galuh.id – Operator Liga 2 Indonesia mengubah format pertandingan babak delapan besar dari home away menjadi home turnamen.

Panggung Sajak Digelar Dalam Rangka HUT Kota Banjar ke-17

Berita Banjar, galuh.id - Dalam rangka Hari Jadi ke 17 Kota Banjar sekaligus peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional, Panggung Sajak menggelar tadarus...

Daftar Top Skor Liga Inggris, Mo Salah Bayangi Vardy dan Aubameyang

Daftar top skor Liga Inggris kembali memanas pasca pertandingan Liverpool VS Brighton pada 9 Juli 2020 di stadion Falmer. Mohamed Salah berhasil...

Harga Cabe Rawit di Pasar Ciamis Meroket

Ciamis, galuh.id - Musim kemarau yang panjang diduga berpengaruh terhadap harga cabe rawit merah di Pasar Ciamis. Salah satunya diungkapkan Rani (26)...