Senin, 30 November 2020
Senin, 30 November 2020
 
 

Subak Bali Jadi Google Doodle, Ini Alasannya

Hubungi Kami

Berita Nasional, galuh.id – Peselancar Google Search, disuguhkan dengan tampilan doodle yang menampilkan ilustrasi lukisan suasana pesawahan subak Bali, Senin, 29 Juni 2020.

Dari laman Google Doodle, diterangkan bahwa lukisan tersebut di buat oleh seniman asal Indonesia, Hana Agustine.

“Ketika saya dihubungi Google untuk memberikan kehormatan membuat doodle, saya sangat senang. Jadi tahukah anda Subak, sistem irigasi khusus ini berasal dari Indonesia-yah Bali?” tulis Hana dalam akun Instagramnya.

Dalam gambar doodle tersebut, tampak seorang petani bercaping tengah beristirahat di saung pesawahan. Deretan petak sawah tersebut tersusun indah dan menjadi huruf, merangkai menjadi kata “Google”.

Doodle tersebut hanya muncul di Indonesia, dan pengguna dapat mengetahui pencarian tulisan mengenai Subak. Dengan hanya mengklik ikon doodle yang berada pada halaman awal

Mengenal Subak Bali

Subak merupakan sistem irigasi pertanian yang diterapkan di Bali. Sistem ini dinilai berhasil dalam meningkatkan hasil pertanian.

Pada tahun 2012 lalu organisasi pendidikan PBB, UNESCO, mencatat Subak masuk dalam daftar warisan budaya. Hal tersebut tentunya menjadi kebanggaan bangsa Indonesia.

Subak tidak hanya tercermin dari keindahannya, tetapi terkait erat dengan budaya dan sistem kepercayaan masyarakat setempat.

Konon dibaliknya ada konsep harmonisasi alam dengan manusia, manusia, dengan penciptanya, melalui filosofi Tri Hita Karana.

Dilansir dari laman resmi Google doodle, ideologi ini diturunkan dari generasi ke generasi, sejak sistem subak pertama kali dibuat pada abad ke-9.

Tri Hita Karana

Subak pada umumnya memiliki pura, yang dinamakan pura Uluncarik atau pura Bedugul, yang dibangun oleh pemilik lahan dan petani.

Tri Hita Karana berasal dari kata “Tri” yang berarti tiga, ” Hita” berarti kebahagiaan, dan “karana” artinya penyebab. Jadi Tri Hita Karana diartikan sebagai tiga penyebab kebahagiaan.

Dengan menerapkan Tri Hita Karana secara baik, maka terwujudlah kehidupan harmonis yang meliputi pembangunan manusia seutuhnya. (GaluhID/Dodi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Kartu Prakerja Bagikan Hadiah Puluhan Juta, Begini Cara Dapatnya

Kartu Prakerja bagikan hadiah puluhan juta bagi pemilik akun Kartu Prakerja. Ini adalah kesempatan bagi masyarakat, siapa tahu keberuntungan bisa jadi milik...

Kapan BSU Kemendikbud Cair? Siapkan Dokumen Berikut

Kapan BSU Kemendikbud cair? Pertanyaan ini kerap kali masyarakat lontarkan kepada pemerintah terutama para guru honorer yang sudah lama menunggu lama akan...

Login apb.kemdikbud.go.id, Bantuan untuk Pelaku Budaya dari Kemendikbud

Login apb.kemdikbud.go.id guna mendapatkan bantuan senilai Rp 1 Juta dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bulan November ini. Dalam...

Temukan Kami

48,648FansSuka
215PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Pengurus Hamida Koordinator Wilayah 3 Ciamis Dilantik, Ini Pesan Wabup

Berita Ciamis, galuh.id - Tantangan dakwah di era perkembangan teknologi harus dilakukan dengan memanfaatkan potensi digitalisasi informasi untuk memperluas ekspansi dakwah. Demikian...

Diduga Sopir Mengantuk, Mobil Avanza Seruduk Rumah Warga di Pamarican Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Sebuah mobil avanza berwarna silver menabrak pagar rumah milik warga hingga ambruk di Pamarican, Kabupaten Ciamis, Minggu (29/11/2020).

Bangkitkan Kepercayaan Politik, 4 DPC BMI di Jabar Resmi Dilantik

Berita Jabar, galuh.id - Bintang Muda Indonesia atau BMI di Jabar dilantik. Yakni Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, dan Kota Banjar.

Profil Diego Maradona, Legenda Sepak Bola Argentina

Profil Diego Maradona menggambarkan kesuksesan sepak bola Negara Argentina. Ia juga banyak mempersembahkan gelar prestisius untuk klub dan negaranya.

Harga HP Realme Narzo 20 Pro, Ketahui Beberapa Fitur Unggulannya!

Harga HP Realme Narzo 20 Pro sangat spesial karena terjangkau dan bersahabat bagi semua kalangan pada pasar Indonesia. Seperti...