Sabtu, 19 Juni 2021
Sabtu, 19 Juni 2021
BJB

Sungai Cimantaja di Ciamis Akan Jadi Wisata Arung Jeram

spot_img

Berita Ciamis, galuh.id – Sungai Cimantaja yang berada di Dusun/Desa Rawa, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, akan menjadi objek wisata arung jeram.

Sungai sepanjang kurang lebih 600 meter itu ke depannya akan masyarakat setempat jadikan tempat wisata yang menguji adrenalin.

Pasalnya, aliran air sungai tersebut memiliki arus yang cukup deras. Namun aman bagi pengunjung karena di sungai itu tidak ada palung yang dalam.

Selain itu, lingkungan sekitar sungai Cintamaja pun bisa berkembang menjadi obyek pariwisata dengan keindahan panorama alamnya.

Karena di sana terhampar luas pemandangan pesawahan yang begitu indah dengan balutan hijaunya alam pegunungan dari gunung Sawal.

Kiki, penggiat pariwisata Desa Rawa menyampaikan ke depannya lokasi Cintamaja akan menjadi wisata arung jeram dan wisata alam.

“Ke depannya insha allah sungai ini akan jadi tempat wisata arung jeram dan wisata alam,” ucap Kiki, Selasa (8/6/2021).

Ia menjelaskan, pihaknya dengan dukungan dari Karang Taruna, tokoh masyarakat dan Pemdes, sepakat untuk menjadikan lokasi ini sebagai tempat wisata.

“Kami sepakat bahwa Sungai Cimantaja dan lingkungan sekitarnya akan menjadi obyek wisata yang nantinya bisa para pengunjung datangi,” jelas Kiki.

Lebih lanjut Kiki menerangkan, akses menuju ke lokasi ini hanya belasan meter dari jalan raya Lumbung-Panjalu.

Namun untuk sekarang ini, sungai Cimantaja di Desa Rawa belum bisa gunakan untuk wisata arung jeram karena masih masa tanam padi.

Sebab, air dari aliran sungai tersebut masih warga setempat manfaatkan untuk irigasi atau pengairan pesawahan.

“Nanti setelah selesai masa tanam padi dan aliran air sungai Cimantaja kembali normal, bisa untuk wisata arung jeram,” pungkas Kiki. (GaluhID/Evi)

 
 
Loading...

Artikel Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Temukan Kami

47,551FansSuka
253PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan