Selasa, 2 Maret 2021
Selasa, 2 Maret 2021
 
 

Teknologi Smartboard Android Mudahkan Kerja Desa di Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id – Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (Apdesi) Ciamis tengah menyosialisasikan pengadaan teknologi digital 4.0 Smartboard Android.

Yakni, seperangkat alat pintar yang dirancang untuk menyelesaikan permasalahan teknis kerja desa.

Teknologi ini memungkinkan Kepolisian, Kejaksaan, Inspektorat, Bupati, Gubernur sampai Presiden mengakses langsung pengelolaan anggaran desa.

Selain memantau kinerja aparatur desa, serta progres pengaplikasian kerja pembangunan di desa.

”Khususnya untuk 258 desa yang ada di Kabupaten Ciamis,” kata Sekretaris Apdesi Ciamis, M Abdul Haris, Selasa (19/1/2021).

Masyarakat pun bisa langsung mengakses semua informasi terkait penggunaan anggaran desa. Juga kegiatan-kegiatan pengembangan potensi desa.

Lanjut Haris, keberadaan teknologi ini menuntut pemerintah desa transparan. Terhindar dari korupsi, kolusi dan gratifikasi, demi percepatan pembangunan.

Ketika ada permasalahan di desa, kata Haris, Bupati pun bisa langsung head to head dengan Kepala Desa secara virtual.

Khususnya untuk penanggulangan Covid-19, mulai dari upaya prefentif hingga aspek progres pemulihan ekonomi warga.

”Terlebih ketika ada bencana, update kondisi akan cepat agar penanganan juga cepat,” tegas Haris.

Menurutnya, pada masa pandemi Covid-19, tugas desa makin berat. Sebagai ujung tombak pemerintah dalam menyukseskan program pembangunan.

Sehingga menurut Haris, pengadaan teknologi ini merupakan sebuah keniscayaan yang desa butuhkan.

Keberadaan teknologi Smartboard Android akan ditunjang dengan SDM yang mumpuni lewat pelatihan khusus IT demi mewujudkan desa mandiri.

Teknologi ini juga memudahkan pendataan potensi dan sumber daya pembangunan desa, memudahkan pendataan tingkat Rukun Tetangga dan Keluarga.

Kemudian untuk pemutakhiran data desa. ”Termasuk kemiskinan, pemetaan, penyusunan dan pemutakhiran potensi dan sumber daya pembangunan,” pungkasnya. (GaluhID/Aldi)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terkait

Puluhan Pegawai PT PILN di Ciamis Mengadu ke Disnaker, Tak Digaji 6 Bulan

Berita Ciamis, galuh.id - Sebanyak 44 pegawai PT PILN (Pemeriksa Instalasi Listrik Nasional) mendatangi kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Ciamis, Senin (1/3/2021). Kedatangan mereka bermaksud...

Tersapu Angin Kencang, Puluhan Rumah di Pamarican Ciamis Rusak

Berita Ciamis, galuhi.id - Hujan deras serta angin kencang dan petir di Pamarican Ciamis pada Sabtu (27/2/2021) sore mengakibatkan puluhan rumah rusak. FK Tagana Ciamis...

Di Puncak Jalumarat Ciamis, Pejuang Indonesia Intai Tentara Belanda

Berita Ciamis, galuh.id - Puncak Jalumarat di Ciamis menjadi saksi sejarah perjuangan bangsa Indonesia saat perang kemerdekan melawan penjajah Belanda. Berada di atas ketinggian Dusun...

Temukan Kami

47,923FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya