Kamis, 3 Desember 2020
Kamis, 3 Desember 2020
 
 

Tinjau Korban Bencana di Ciamis Selatan, Bupati Tetapkan Masa Tanggap Darurat

Hubungi Kami

Berita Ciamis, galuh.id – Bupati Ciamis Herdiat Sunarya meninjau langsung korban bencana di Ciamis selatan, tepatnya di Kecamatan Banjarsari dan Kecamatan Banjaranyar Selasa sore, (27/10/2020).

Pantauan Galuh ID di lapangan terlihat Herdiat berbincang -bincang dengan warga korban banjir baik yang berada di pengungsian maupun warga yang bertahan di rumahnya.

Selesai meninjau korban banjir, kemudian Herdiat melakukan rapat koordinasi dengan instansi terkait di kantor Kecamatan Banjarsari guna percepatan penanganan bencana banjir.

Herdiat mengatakan, dengan adanya bencana banjir ini, Pemerintah Kabupaten Ciamis akan menyatakan peristiwa bencana dan menetapkan masa tanggap darurat selama satu minggu.

“Pemkab akan menetapkan tanggap darurat selama satu minggu. Namun apabila dipandang masih belum selesai, maka masa tanggap darurat akan diperpanjang selama satu minggu ke depan,” ujar Herdiat kepada wartawan di halaman kantor Kecamatan Banjarsari.

Menurutnya , hal yang paling krusial atau yang harus segera ditangani adalah nyawa dan keselamatan masyarakat. Caranya yaitu dengan mengevakuasi korban bencana.

Selain itu dia juga tidak ingin melihat ada warga yang kelaparan dan kedinginan pasca bencana banjir ini.

“Saya tidak ingin melihat ada warga yang kelaparan pasca bencana banjir,” ucapnya.

Untuk percepatan penanganan bencana banjir yang melanda dua Kecamatan yaitu Kecamatan Banjaranyar dan Banjarsari. Pihaknya akan mendirikan posko dan dapur umum.

“Kita akan dirikan posko utama yaitu di Kecamatan Banjarsari sementara dapur umum akan ditempatkan di Koramil Banjarsari, ” terangnya.

Korban Bencana di Ciamis Masih Didata

Herdiat menuturkan, korban bencana banjir yang melanda di dua Kecamatan ini masih didata, baik itu korban jiwa maupun luka. Tapi yang jelas ada ratusan rumah yang terendam dan ratusan masyarakat yang mengungsi.

“Bencana banjir yang melanda di dua Kecamatan ini belum terhitung secara jelas, masih dalam hitungan. Yang jelas ada ratusan rumah yang terendam dan ratusan warga yang mengungsi,” katanya.

Sementara itu Camat Banjarsari, Dedy Mudyana mengatakan bencana banjir yang melanda di Kecamatan Banjarsari yang paling parah berada di Dusun Padomasan, Desa Purwasari.

Karena di Desa Purwasari ini, ada titik temu dua aliran sungai yaitu sungai Batukurung dan sungai Cikawasen.

Kemudian titik rawan bencana banjir lanjutnya berada di Desa Cibadak Dusun Cibeureum, Mekarsari dan Wanayasa.

“Di Kecamatan Banjarsari ini bukan hanya bencana banjir saja, ada juga bencana longsor di Desa Kawasen,” terangnya.

Dari hasil pantauan Galuh ID akibat dari bencana banjir. Sejumlah pertokoan tutup dan fasilitas umum seperti pasar kambing-domba tidak dapat digunakan untuk berjualan lantaran terendam banjir. (GaluhID/Uus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Gara-gara Tanam Pisang, Warga Ciamis Ini Dapat Hadiah Domba

Berita Ciamis, galuh.id - Tanam pisang di Dusun Nagrog Desa Kertabumi Kecamatan Cijeungjing, salah satu warganya mendapatkan hadiah domba dari panitia, Rabu...

Operasi Yustisi di Banjarsari Ciamis, 60 Pelanggar Kena Sanksi Sapu Jalan

Berita Ciamis, galuh.id - Sebanyak 60 warga terjaring operasi yustisi di depan alun - alun Banjarsari Ciamis. Mereka kedapatan tidak memakai masker...

11 Warga Positif Corona, Kantor Desa Sukajadi Ciamis Tutup 3 Hari

Berita Ciamis, galuh.id - Kantor Desa Sukajadi, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, tutup 3 hari. Penutupan kantor desa itu lantaran kasus Covid-19 di...

Temukan Kami

48,648FansSuka
215PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Prediksi Boruto Chapter 53, Jougan Boruto Aktif dan Kawaki Mendapatkan Kembali Kekuatan Karmanya

Prediksi Boruto Chapter 53 sepertinya masih akan berkutat pada pertempuran epik antara Naruto melawan Isshiki. Hal ini pastinya membuat...

Spesifikasi HP Samsung Galaxy A12 Mampu Menarik Perhatian Berbekal Quad Kamera

Spesifikasi HP Samsung Galaxy A12 memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat pada pasar Indonesia. Banyak orang yang mengetahui brand asal Korea Selatan...

Gara-gara Tanam Pisang, Warga Ciamis Ini Dapat Hadiah Domba

Berita Ciamis, galuh.id - Tanam pisang di Dusun Nagrog Desa Kertabumi Kecamatan Cijeungjing, salah satu warganya mendapatkan hadiah domba dari panitia, Rabu...

Liverpool Menang 1-0 Atas Ajax, The Reds Kantongi Tiket 16 Besar Liga Champions

Liverpool menang 1-0 atas Ajax dalam matcday ke 5. Dengan begitu, The Reds pastikan lolos ke babak 16 besar Liga Champions.

Akses www.pln.co.id Klaim Listrik Gratis Bulan Desember 2020

Akses www.pln.co.id untuk klaim listrik gratis pada bulan Desember 2020. Saat ini pemerintah melalui Perusahaan Listrik Negara (PLN) masih memberikan subsidi listrik.