oleh

Tips Lolos Tes CPNS 2019 Menurut Psikologi dan BKN

 
 

Hasil tes pendaftaran CPNS 2019 akan diumumkan pada minggu keempat Oktober 2019. Menjelang pengumuman pendaftaran CPNS Oktober 2019, Psikolog Viva Darma Putri, M.Psi memberikan beberapa tips untuk peserta yang akan mengikuti tes CPNS 2019.

Dia mengatakan, bagi peserta tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) supaya sering-seringlah melakukan latihan mengerjakan soal-soal tes karena itu menjadi bagian dari menyiapkan diri secara psikologis dan kognitif.

Dia juga mengatakan, semua orang yang ikut tes CPNS seharusnya sudah meriset dahulu infot es CPNS sebelumnya, mungkin tentang apa yang harus dipersiapkan, apa yang akan dilakukan terutama tentang soal-soal tes.

“Untuk tes sendiri kan sudah banyak sekali contoh-contoh soal yang ada di aplikasi handphone yang sebenarnya bisa memudahkan kita untuk belajar juga,” kata dia.

Adanya renggang waktu saat pendaftaran dan tes harusnya digunakan sebaik-baiknya untuk belajar dan mengatur waktu. Misalnya, hari pertama cukup lihat-lihat terlebih dahulu seperti apa contoh soalnya lalu pelajari lebih lanjut.

Lalu, hari berikutnya mulailah mencoba mengerjakan soal-soal dan menghitung estimasi waktu pengerjaan per sesi, sehingga kita bisa mendapatkan gambaran estimasi waktu untuk pengerjaan per soal per sesi.

Kemudian untuk trik menghemat waktu, selalu kerjakan soal-soal yang lebih mudah terlebih dahulu, karena waktu sisanya ketika semua soal yang mudah sudah selesai bisa untuk mengerjakan soal yang sulit.

Harap diingat juga bahwa peserta harus tenang dalam mengerjakan soal, karena jika sudah panik, biasanya akan terjadi kebuntuan dalam berpikir. Soal-soal yang sebenarnya tidak sulitpun bisa menjadi sulit ketika panik karena berbagai hal, misalnya waktu sudah mau habis dan sebagainya.

Lalu pada bagian peserta harus menjawab benar dan cepat, kuncinya hanyalah banyak latihan. Bahkan atlet pun untuk bisa menjadi juara harus latihan terus menerus hingga batas maksimal mereka.

Para siswa SMA saat akan mengerjakan UAN juga latihan soal berbulan-bulan untuk menghadapi ujian nasional, begitu pula dengan peserta CPNS yang sudah seharusnya berlatih soal dan berlatih pengaturan waktu untuk mengerjakan soal tes CPNS tersebut.

Lalu hal yang tidak kalah pentingnya, yakni peserta CPNS juga harus mempersiapkan mental untuk tidak lolos, dalam artian bukannya mengajarkan untuk pesimis pasti gagal namun lebih ke mempersiapkan jika gagal tes CPNC. Sehingga, peserta tidak merasa sangat terpuruk. Sebaiknya menyiapkan rencana cadangan lain jika tidak lolos tes CPNS.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) pun ikut serta membagikan tips bagi para peserta seleksi CPNC 2019 agar bisa lulus tes. Melalui akun YouTube BKN, salah satu peserta CPNS 2018 dari BKN mengatakan ia bisa lulus CPNS karena kerja keras, terus belajar, dan baik dalam memanajemen waktu.

Menurutnya, belajar mengerjakan soal-soal tes CPNS adalah hal yang penting, karena dengan belajar, peserta bisa lebih terlatih untuk mengerjakan soal dengan lebih cepat dan tepat.

Jumlah total ada 100 soal, watunya dibatasi hanya 90 menit, jadi belajar dari contoh-contoh soal bisa mengetahui tipe-tipe soal, agar bisa mengerjakan dengan cepat dan tepat supaya waktu yang digunakan tidak terbuang sia-sia.

Saat tes CPNS menggunakan CAT dari BKN, dia mengatakan ia tetap berusaha tenang karena waktu yang sangat terbatas dan jumlah soalnya banyak. Ia tetap memilih untuk fokus mengerjakan soal dan mengerjakan dari soal yang paling mudah dahulu.

Dia mempercepat mengerjakan soal-soal mudah, supaya pada saat mengerjakan soal-soal sulit seperti TKP(Tes Karakteristik Pribadi) dia bisa berpikir lebih lama. Berikut tips dari beliau dan BKN untuk para peserta dalam menghadapi tes CPNS 2019:

  1. Peserta wajib memiliki niat yang kuat untuk jadi PNS.
  2. Selalu ingat untuk cek web resmi BKN untuk mengetahui informasi terbaru.
  3. Diharapkan untuk berhati-hati dalam memilih formasi dan intstansi yang akan dituju.
  4. Terus belajar dan menguasai manajemen waktu yang baik.
  5. Jangan lupa berdoa dan meminta doa restu dari keluarga.
  6. Pasrah dan ikhlas akan hasil yang didapat, baik menggembirakan maupun tidak.
loading...

Komentar

BERITA SELANJUTNYA