Sabtu, 15 Agustus 2020
Sabtu, 15 Agustus 2020
 
 

Token Listrik PLN Gratis Juli 2020 Sudah Bisa Diklaim

Berita Nasional, galuh.id – Token Listrik PLN Gratis Juli 2020 sudah bisa dikalim, sehingga menjadi kabar baik untuk pelanggan khususnya yang menggunakan meteran token.

Stimulus yang diberikan pada pelanggan tersebut sudah bisa dikalim mulai Rabu (1/7/2020), untuk pelanggan pra bayar yang bersubsidi.

Awalnya pemberian token listrik gratis dan discount untuk pelanggan pra bayar tersebut hanya berlaku untuk tiga bulan saja.

Pelanggan PLN pra bayar semula akan mendapatkan token gratis dan discount hanya Bulan April, Mei dan Juni 2020 saja.

Namun kini token listrik PLN gratis Juli 2020 sudah mulai bisa diklaim, karena diperpanjang sampai dengan Bulan September 2020 mendatang.

Token yang diberikan oleh PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk pengguna 450 Volt Ampere (VA) dan 900 Volt Ampere (VA).

Terdapat perbedaan bantuan stimulus untuk pengguna 450 VA dan pengguna 900 VA bersubsidi, yaitu gratis dan discount 50 %.

Untuk pelanggan pengguan 450 VA atau satu paket bersubsidi akan digratiskan sepenuhnya, berbeda dengan pelanggan dua paket atau 900 VA.

Untuk pelanggan pengguna daya 900 VA akan mendapatkan discount dari sebesar 50 %, sehingga terdapat perbedaan dengan pelanggan satu paket.

Token Listrik PLN Gratis Juli 2020 Hanya Untuk Golongan Tertentu

Stimulus yang diberikan oleh PLN karena wabah virus Corona (Covid-19) belum berakhir, sehingga bertujuan untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19.

Rencana awal stimulus tersebut akan diberikan selama tiga bulan, namun karena sampai dengan saat ini masih terjadi wabah, sehingga diperpanjang.

Pelanggan PLN akan terus mendapatkan bantuan selama tiga bulan yaitu Bulan Juli, Agustus dan September 2020.

Namun bantuan tersebut hanya diberikan pada pelanggan golongan tertentu baik pasca bayar maupun pra bayar.

Terdapat empat golongan pelanggan yang ditetapkan pemerintah yang berhak mendapatkan tokel listrik gratis dan discount 50 %.

Yang pertama pelanggan yang akan mendapatkan biaya listrik gratis adalah pelanggan PLN rumah tangga dengan daya 450 VA.

Kemudian yang akan mendapatkan discount 50 % untuk biaya listrik adalah pelanggan rumah tangga dengan daya 900 VA.

Selanjutnya yang akan mendapatkan biaya gratis adalah pelanggan bisnis kecil (B1) dengan daya 450 VA, dari mulai Bulan Mei-Oktober 2020.

Terakhir pelanggan yang industry kecil (II) dengan daya 450 VA akan digratiskan selama enam bulan (Mei-Oktober 2020).

Sehingga token listrik PLN gratis Juli 2020 tidak dapat dinikmati oleh pelanggan yang non subsidi.

Bagi pelanggan golongan tersebut di atas kini sudah bisa mulai klaim, tentunya dengan tata cara yang bisa dilakukan sendiri.

Jadi token gratis dan juga discount biaya listrik sebesar 50 % tersebut hanya berlaku untuk pelanggan PLN golongan tertentu.

Beberapa golongan tertentu yang berhak mendapatkan biaya gratis dan juga discount 50 % tersebut sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Cara Klaim Token Listrik Gratis

Pelanggan sesuai yang ditetapkan sudah bisa mulai klaim token listrik PLN gratis Juli 2020, tentunya dengan melakukannya sendiri.

Terdapat dua cara melakukan klaim tersebut, yaitu dengan melalui website resmi dan juga bisa melalui Whatsapp.

Bagi pelanggan yang akan klaim melalui website, bisa akses website resmi PLN di www.pln.co.id, online atau langsung ke stimulus PLN.

Setelah masuk pada website tersebut, terdapat tiga pilihan menu, pilih menu ‘pelanggan’, kemudian klik Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon).

Di layar akan muncul table yang harus diisi terlebih dahulu oleh pelanggan, yaitu Identitas Pelanggan.

Kemudian masukan 11 sampai dengan 12 digit nomor identitas pelanggan pada kolom yang tersedia, lalu masukan kata atau kode sandi.

Kata sandi atau kode tersebut disebut juga kode captcha, lalu masukan kata yang terbaca pada kolom ‘Masukan Kata Disamping’.
Jika sudah yakin yang terbaca pada kode captcha dan memasukan kata yang terbaca, klik tombol ‘Cari’.

Tunggu beberapa saat, dan token gratis akan tampil pada layar, dan pelanggan bisa langsung memasukan pada kWh meter.

Sedangkan cara lainnya selain melalui website resmi, yaitu melalui Whatsapp dengan menghubungi nomor resmi PLN yaitu 08122123123.

Terlebih dahulu pelanggan cukup kirim pesan “Listrik Gratis” pada nomor Whatsapp tersebut, atau bisa juga dengan mengetikan langsung ID pelanggan.

Masukan nomor ID pelanggan atau nomor meter sesuai dengan petunjuk yang tampil pada layar hp pelanggan.

Jika sudah dipastikan benar nomor yang dimasukan pelanggan lansung kirim dan tunggu beberapa saat, jika benar pulsa listrik akan muncul.

Setelah muncul pelanggan langsung masukan pada kWh dan token listrik PLN gratis Juli 2020 berhasil didapatkan. (GaluhID/Ardiansyah)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Awan Tsunami di Meulaboh, Benarkah Pertanda Tsunami dan Gempa?

Awan Tsunami di Meulaboh, kabupaten Aceh Barat pada Senin 10 Agustus 2020 viral di media sosial. Warga Meulaboh mengabadikannya melalui foto dan...

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 4, Ini Caranya Biar Lolos

Berita Nasional, galuh.id - Pendaftaran kartu prakerja untuk gelombang 4 sudah bisa dilakukan mulai Sabtu (8/8/2020) kemarin, setelah pemerintah resmi membuka pendaftaran.

Daftar Kartu Prakerja Gelombang 4 Online, Caranya Login www.prakerja.go.id

Berita Nasional, galuh.id - Daftar kartu Prakerja gelombang 4 online sudah dibuka. Caranya dengan login www.prakerja.go.id yang merupakan situs resmi Prakerja.

Temukan Kami

49,111FansSuka
187PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Epic Games Gugat Google dan Apple, Game Fortnite Menghilang

Epic Games gugat Google dan juga Apple karena salah satu game besutan mereka di-remove. Anda bisa cek di Apps atau Play Store,...

Pilkades Ciamis Resmi Ditunda, Jika Maksa Cacat Hukum

Berita Ciamis, galuh.id - Pemerintah daerah kabupaten Ciamis memutuskan pelaksanaan Pilkades di Ciamis resmi ditunda. Pemilihan kepala desa ditunda hingga Pilkada 2020...

Tempat Nongkrong di Tasikmalaya Untuk yang Mulai Bosan di Rumah Aja

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Tempat nongkrong di Tasikmalaya berada di lokasi strategis dan mudah dijangkau oleh transportasi umum. Tempat nongkrong menjadi tujuan...

Hasil Liga Champions: PSG dan RB Leipzig ke Semifinal

Hasil Liga Champions pertandingan 8 besar pada Kamis (13/8/2020) antara Atalanta vs Paris Saint-Germain (PSG). Laga yang digelar di...

HP Xiaomi Redmi Note 7, Smartphone 2 Jutaan Spek Gahar

HP Xiaomi Redmi Note 7 masih menjadi salah satu smartphone terbaik di tahun 2020 ini terutama di masa New Normal. Ekonomi yang...