Sabtu, 11 Juli 2020
Sabtu, 11 Juli 2020
 
 

Tokoh Banjarsari Ciamis: Ridwan Saidi Tak Pantas Menyandang Predikat Budayawan

Berita Banjarsari, galuh.id – Pernyataan Ridwan Saidi yang menyebut Galuh artinya brutal, membuat seluruh masyarakat Ciamis geram. Salah satunya tokoh Banjarsari sekaligus ketua Paguyuban Kawasen Purbbapala (PKP), Asep Davi.

Asep Davi yang juga sesepuh Banjarsari Ciamis menyebut, Ridwan Saidi atau Babe Saidi tak pantas menyandang predikat sebagai budayawan.

“Sejak kapan nama Ridwan Saidi jadi Budayawan? Budayawan itu adalah seseorang yang memiliki pengetahuan budaya dan berkecimpung dalam bidang kebudayaan,” terang Asep kepada Galuh ID, Kamis (13/2/2020).

Biasanya ucap Asep,  yang menyandang predikat Budayawan adalah ahli filsafat atau filsuf, ahli agama dan sastrawan.

Di Indonesia sendiri yang menyandang predikat budayawan antara lain KH. Abdurrahman Wahid, Frans Magnis Suseno, Emha Ainun Nadjib, KH. A.Mustopa Bisri, Abdul Hadi WM, Nurchololis Madjid, W.S. Rendra, Sutardji Calzoum Bachri, Umar Kayam, Nugroho Notosusanto dan lain-lain.

“Menurut saya sejara adalah tentang perjalanan sebuah peristiwa, bukan pendapat dari seseorang. Karena sejarah tidak akan lepas dari bukti-bukti  peninggalan yang ada,” paparnya.

Lanjutnya, alangkah baiknya untuk membedakan antara sejarah, legenda dan mitos. Karena itu menurut dia Pemerintah Kabupaten Ciamis untuk segera melakukan kajian atau penelitian dari berbagai disiplin ilmu, baik dari ahli Filologi, Paleografi, Arkeologi, Kronologi, Sejarawan, Budayawan dan para Kabuyutan.

“Untuk mencari kebenaran Kerajaan Galuh tentu harus dengan bukti-bukti empirik tentang sejarah Galuh,” ujarnya.

“Buatkan suatu ketetapan dengan sebenar benarnya tentang Galuh, agar tidak ada lagi Saidi Saidi di kemudian hari,” tambahnya.

“Ini penting, karena ke depan jangan sampai ada yang berasumsi atau berpendapat berdasarkan nalarnya,” ucapnya.

Dia menambahkan sejarah adalah sejarah, siapapun itu jangan campur adukan dengan hal-hal lain.

“Kenapa hal ini harus dilakukan? Karena  sudah masuk ke dalam marwah dan martabat warga Ciamis. Galuh bukan lah  Kerajaan Agung Sejagat bukan pula Sunda Empire,” pungkas Asep tokoh Banjarsari. (GaluhID/Uus)

Loading...
loading...

Artikel Terkait

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Syarat Pelaksanaan Salat Idul Adha Berjamaah di Masjid Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ciamis menyampaikan beberapa persyaratan terkait pelaksanaan salat Idul Adha berjamaah di Masjid.

Angkat Potensi Ciamis, Mahasiswa Asal Purwadadi Hadir Untuk Mengabdi

Berita Ciamis, galuh.id - Sejumlah mahasiswa yang berasal dari Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, membentuk sebuah paguyuban kedaerahan. Satu di...

Temukan Kami

49,382FansSuka
186PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Berita Lainnya

Obat Corona Remdesivir, Ampuhkah Obati Covid-19?

FDA (Badan Pengawasan Obat dan Makanan Amerika Serikat) telah menyetujui obat Corona remdesivir untuk diberikan kepada pasien Covid-19 dengan gejala parah.

Siap-siap, Ini Formasi CPNS 2019 di Ciamis

Ciamis, galuh.id - Untuk memenuhi kebutuhan dan meningkatkan pelayana terhadap masyarakat, Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis kembali mengusulkan 600 Kuota Formasi untuk CPNS...

Meski di Zona Biru, Ciamis Masih Pertimbangkan Penerapan AKB

Berita Ciamis, galuh.id - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tingkat Jabar berakhir pada 29 Mei 2020. Hasil analisis gugus tugas penanganan Covid-19...

Disnakkan Imbau Bungkus Daging Kurban di Ciamis Tidak Pakai Plastik

Ciamis, galuh.id - Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis, mengimbau agar seluruh panitia Idul Adha tidak menggunakan kantong Plastik Sekali Pakai (PSP)...

Tingkatkan Pengetahuan di Era Digital, SMK Miftahussalam Ciamis Resmikan BI Corner

Ciamis, galuh.id - Dalam rangka meningkatkan pengetahuan siswa tentang Perbankan di era digital, SMK Miftahussalam Ciamis meresmikan BI Corner dan Teaching Factory,...