Selasa, 14 Juli 2020
Selasa, 14 Juli 2020
 
 

Tradisi Misalin Digelar Kembali di Cijeungjing Ciamis

Cijeungjing, galuh.id – Budayawan dan masyarakat Dusun Kidul, RT 10 RW 04, Desa Cijeungjing, Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis menggelar upacara adat ‘Misalin Karomah Eyang Dalem Sirnarasa’, Kamis (02/05/2019).

Acara yang bertema ‘Panceg Dina Galur, Akur Jeng Dulur, Ngajaga Lembur, Bergotong Royong’ juga bertujuan untuk membudidayakan padi yang disebut ‘indung pare’.

Dadan Hadiana, Alumni Bimtek Ketahanan Budaya Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya serta perwakilan relawan tim Jabar Bergerak, mengatakan maksud kegiatan tersebut yaitu membudidayakan kembali padi yang disebut ‘indung pare’ dan menghidupkan kembali budaya ‘Misalin’ di Dusun Kidul, Desa Cijeungjing.

“Kegiatan tersebut harus kita lestarikan kembali, upacara adat yang sejak nenek moyang sudah ada namun sempat vakum, saat ini kita hidupkan kembali untuk menjadi tradisi budaya yang memiliki nilai yang tinggi,” ujar Dadan saat dikonfirmasi Galuh ID, Sabtu (03/05/2019).

Lanjut Dadan, dihidupkannya kembali tradisi ini untuk memberdayakan para petani dan tokoh budayawan yang menginginkan upacara adat tersebut terus dilaksanakan secara terus menerus. Selain itu juga agar adat tradisi Misalin tidak punah dimakan zaman.

Dadan juga berharap Kabupaten Ciamis mempunyai ciri khas dalam bidang pertanian. Dadan menyebutkan tentang beras yang disebut sebagai beras Sri Devi. Hal ini bertujuan untuk tetap menjaga ketahanan pangan Kabupaten Ciamis.

Misalin diisi dengan berbagai upacara, yang bertujuan memperkenalkan kembali padi buhun atau yang disebut ‘Indung Pare’.

“Selain itu juga mempertahankan budaya ‘Misalin’ yang merupakan salah satu cara bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat hasil tani kepada masyarakat,” pungkas Dadan. (galuh.id/Arul)

Redaksi GaluhID
Galuh.ID terbangun dari tidur yang panjang soal keberadaan berita hoax yang semakin hari semakin meresahkan.
Loading...
loading...

Artikel Terkait

Tahun Ajaran Baru 2020 di Tengah Pandemi Covid-19, Guru di Ciamis Keliling ke Rumah Siswa

Berita Ciamis, galuh.id - Tahun Ajaran Baru 2020 sudah dimulai Senin (13/7/2020), namun kegiatan belajar mengajar di Kabupaten Ciamis Jawa Barat belum...

Adaptasi Kebiasaan Baru Warga Ciamis Diminta Rajin Olahraga

Berita Ciamis, galuh.id - Adaptasi Kebiasaan Baru Warga masyarakat Ciamis diminta untuk rajin olahraga. Karena olahraga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan...

Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota DPR RI Bagikan Sembako di Ciamis dan Pangandaran

Berita Ciamis, galuh.id - Didi Irawadi Syamsuddin, Anggota Dewan DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Jabar X berikan bantuan sembako di Kabupaten...

Temukan Kami

49,357FansSuka
185PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning Batal Tayang, Ini Alasannya

Rurouni Kenshin The Final dan The Beginning batal tayang. Dua film sekuel live action terbaru dari petualangan Himura Batousai ini tak jadi...

MPLS SMA/SMK Tahun Ajaran Baru 2020 di Jabar Dilaksanakan Secara Online

Berita Jabar, galuh.id - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMA/SMK tahun ajaran baru 2020 di Jawa Barat (Jabar) dilaksanakan secara online.

Inter Vs Torino: Menang 3-1, Nerrazurri Menyodok ke Posisi Kedua Klasemen

Berita Olahraga, galuh.id - Inter Vs Torino merupakan Laga yang menjadi rangkaian pertandingan penutup di pekan ke-32 Liga Italia.

Tiga Rumus Pariwisata Jabar Aman Beroperasi di Masa AKB

Berita Jabar, galuh.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menerangkan tiga rumus agar pariwisata Jabar aman untuk beroperasi kembali di masa...

Tidak Pakai Masker di Jabar Akan Dikenakan Denda Rp 100-150 Ribu

Berita Jabar, galuh.id - Tidak pakai masker di Jabar akan dikenakan denda sebesar Rp. 100 ribu sampai dengan Rp. 150 ribu.