Senin, 25 Januari 2021
Senin, 25 Januari 2021
 
 

Wadah Olahraga Difabel, Wabup Yana Sambut Baik Hadirnya NPCI Ciamis

Berita Ciamis, galuh.id – National Paralympic Comitte Indonesia atau NPCI Ciamis menggelar Musorkablub (Musyawarah Olahraga Kabupaten Luar Biasa) untuk pertama kalinya di Ciamis.

Kegiatan Musorkablub NPCI tersebut bertempat di Aula Hotel Tyara Plaza, Selasa (30/09/2020).

Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga dan apresiasi yang setinggi-tingginya untuk keluarga besar NPCI Kabupaten Ciamis.

“Meski dalam keterbatasan. Saudara-saudara bisa berkumpul melaksanakan musyawarah. Saya yakin ke depanya NPCI akan menjadi kebanggaan,” katanya.

NPCI merupakan organisasi satu satunya yang mewadahi olahraga difabel di Indonesia dan berwenang mengkoordinasikan kegiatan olahraga prestasi bagi penyandang disabilitas.

Yana mengatakan olahraga difabel hari ini sudah menjadi kebanggaan dan mampu melahirkan atlit-atlit yang berprestasi, baik di tingkat lokal maupun nasional.

Sebab, tidak ada yang tidak mungkin. Selagi mempunyai keinginan dan tekad yang kuat meski dalam keterbatasan. Untuk itu, pemda tidak akan menunggu prestasi terlebih dahulu untuk sama-sama memajukan NPCI.

”Yang terpenting NPCI Ciamis mempunyai program yang jelas, baik mingguan ataupun bulanan. Yang tentunya akan disesuaikan dengan anggaran yang ada,” ujar Yana.

NPCI Ciamis, Harus Ada Atlet yang Berprestasi

Sementara itu, Ketua umum NPCI Jawa Barat Supriatna Gumilar mengungkapkan butuh waktu yang tidak sedikit untuk dapat membawa NPCI hingga bisa sampai seperti saat ini.

Organisasi ini didirikan pada tahun 1962 sebagai Yayasan Pembina Olahraga Cacat (YPOC) sebelum mengalami perubahan nama pada Musyawarah Olahraga Nasional VII tahun 1993.

Pada Musyawarah Olahraga Nasional VII, YPOC berubah nama menjadi Badan Pembina Olahraga Cacat (BPOC) sampai kemudian berubah menjadi NPCI pada tahun 2010.

“NPCI sempat jadi anggota KONI. Seiring berjalanya waktu NPCI berpisah dari KONI dan harus mandiri. Tapi hal itu tidak mematahkan semangat kami. Sampai NPCI meraih berbagai prestasi hingga kembali diperhatikan oleh pemerintah,” jelas Supriatna.

Diketahui, NPCI pada tahun 2013 menjadi juara umum di Vietnam. Kemudian di tahun 2017 menjadi juara umum di Malaysia.

Supriatna mengharapkan setelah Musorkablub NPCI Ciamis ini harus ada atlit-atlit dari Ciamis yang mampu mengukir prestasi setinggi tingginya. (GaluhID/Evi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Kasus Covid-19 Masih Tinggi, Ciamis Perpanjang PPKM Mandiri

Berita Ciamis, galuh.id - Pemkab Ciamis memutuskan memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) secara mandiri 2 pekan. Perpanjang PPKM mandiri di Ciamis berlaku dari...

Aset Guru di Banjaranyar Ciamis Doyong, Ini Harapan Korwil Pendidikan

Berita Ciamis, galuh.id - Bangunan aset guru di samping Desa Banjaranyar, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kondisinya memprihatinkan. Terlihat hampir seluruh bangunannya sudah rusak....

Bencana di Cimaragas Ciamis, Jalan Amblas dan 4 Rumah Rusak

Berita Ciamis, galuh.id - Telah terjadi jalan amblas dan 4 rumah rusak di Cimaragas Kabupaten Ciamis, Minggu (25/1/2021) pagi sekitar pukul 07.00 WIB. Beruntung tidak...

Temukan Kami

48,104FansSuka
219PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya