Jumat, 27 November 2020
Jumat, 27 November 2020
 
 

Wahana Wisata Sayang Kaak Berbenah, Resmi Buka Kembali 5 Juli

Hubungi Kami

Berita Ciamis, galuh.id – Menjelang pembukaan Wahana Wisata Mandiri Sayang Kaak, Desa Handapherang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, tim pengelola mulai berbenah menyambut wisatawan di Era New Normal.

Salah seorang pengelola, Eris Daryanto mengatakan, hal yang paling utama disiapkan menjelang pembukaan Wisata Sayang Kaak adalah penerapan protokol kesehatan yang sesuai standar.

“Kami selalu mengimbau protokol kesehatan, lalu untuk pos pengecekan diadakan di gerbang utama,” kata Eris saat diwawancarai Galuh ID, Selasa (30/06/2020).

Eris mengakui, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kepala Puskesmas Handapherang mengenai standar yang ditentukan di tempat destinasi wisata.

Menjelang pembukaan, tambah Eris, saat ini pihaknya belum memasang tiket. Lantaran dari tanggal 27 Juni belum resmi dibuka.

“Minggu kemarin kalau mau masuk silakan saja. Pengunjung juga dari minggu kemarin sudah ramai, cuma kita mematuhi aturan, buka tanggal 5 Juli. Dengan catatan wajib masker, sosial distancing,” terangnya.

Sebelumnya, Eris melanjutkan, pihaknya selama ini sudah bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Handapherang tentang standar-standar tertentu saat pandemic covid-19.

Wahana Wisata Mandiri Sayang Kaak di Era New Normal

Sementara itu, menurut Eris, di Wahana Wisata Sayang Kaak sendiri menjelang pembukaan di Era New Normal, terdapat wahana baru yang tengah dipersiapkan.

“Rencananya ada penambahan ATV Buggy dari investor. Semacam ATV biasa, tapi ini lebih safety,” ujarnya.

Selanjutnya, ada Wisata Air dan untuk saat ini juga sedang membangun Kafe Sayang Kaak. Lalu Rumah Budaya dan Senior Lighting. Terkait senior lighting ini, menurut Eris, berkaitan dengan diklat keagamaan.

Sedangkan untuk wacana kebun binatang mini, Eris mengatakan, terdapat masukan dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). Menurutnya hal tersebut akan dipikirkan lagi ke depan.

Persiapan Dinas Pariwisata dalam Menghadapi Era New Normal

Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis merespon tentang mulai dibukanya beberapa destinasi wisata di Kabupaten Ciamis.

Sekretaris Dinas, Budi Kurnia menjelaskan, pada tanggal 27 Juni, setelah berakhirnya PSBB di Jabar tanggal 26 Juni, Pemda tidak bisa melarang pembukaan obyek wisata di Ciamis.

“Kami tidak bisa melarang. Yang paling penting, catatan dari kami itu penerapan protokol Covid-19 yang sangat ketat. Karena tempat wisata adalah tempat yang mengundang kerumunan,” kata Budi saat diwawancarai.

Ketika orang berkerumun, lanjutnya, pada saat ada aparat itu bukan untuk menutup, tapi untuk mengimbau agar tidak terjadi lagi kerumunan.

Sementara itu, Budi menerangkan, tentang persiapan Dinas Pariwisata sendiri sudah melakukan imbauan dari satu bulan ke belakang.

“Kami sudah mengumpulkan para pemilik wisata jauh-jauh hari. Bahkan sempat setelah lebaran, dan itu sekaligus melakukan uji lapangan,” ungkapnya.

Menurut Budi, seluruh tempat wisata di Ciamis tengah melakukan persiapan itu dari tiga minggu ke belakang seperti menyiapkan antiseptik, tempat cuci tangan dan phsycal distancing.

Di sisi lain, beberapa destinasi di Ciamis yang telah dikonfirmasi Dinas Pariwisata dan sudah menyiapkan protokol Covid-19 terdapat lebih dari 44 destinasi.

“Tapi yang belum diperkenankan itu ada 2 hal. Diantaranya karaoke dan bioskop. Karena keduanya kan indoor,” jelasnya.

Budi menegaskan tempat wisata Ciamis harus melakukan pengecekan suhu yang ketat dan protokol lainnya. Budi mengakui, kemarin pihaknya telah koordinasi dengan pemilik karaoke.

Lebih lanjut lagi, akan ada agenda rapat koordinasi dengan seluruh pemilik tempat wisata di Ciamis termasuk Wahana Wisata Sayang Kaak dalam rangka menyosialisasikan protokol Covid-19. Sedangkan mengenai aturan rapid test sementara ini belum ditentukan.

“Tidak sampai pada aturan untuk rapid test. Karena dalam perihal ini, kami hanya berwenang pada pengelolaan pariwisata saja,” pungkasnya. (GaluhID/Maulana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Loading...

Artikel Terkait

Kelurahan Ciamis Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW Secara Terbatas

Berita Ciamis, galuh id - Kelurahan Ciamis menggelar acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 Hjiriah secara terbatas, di Aula Kelurahan Ciamis,...

PNS di Ciamis Positif Covid-19, 2 Kantor Instansi Ditutup 3 Hari

Berita Ciamis, galuh id - Dua PNS di Ciamis Positif Covid-19. PNS tersebut berasal dari dua instansi yang berbeda yakni Bappeda dan...

Pengusaha Muda Ciamis Salurkan 100 Lele Untuk Poktan Wanajaya

Berita Ciamis, galuh.id - Pengusaha muda Ciamis Arga Susyla Prayoga memberikan 100 lele untuk Kelompok Tani (Poktan) Wanajaya, Desa Jelat, Kecamatan Baregbeg,...

Temukan Kami

48,648FansSuka
214PengikutMengikuti
2,760PelangganBerlangganan

Artikel Lainnya

Kapan BSU Kemendikbud Cair? Siapkan Dokumen Berikut

Kapan BSU Kemendikbud cair? Pertanyaan ini kerap kali masyarakat lontarkan kepada pemerintah terutama para guru honorer yang sudah lama menunggu lama akan...

Iphone 12 Mini, Si Mungil yang Punya Spesifkasi Mumpuni

Iphone 12 Mini merupakan varian dari produk terbaru Iphone 12 yang ikut meramaikan jajaran smartphone pada tahun 2020. Ukurannya...

Login apb.kemdikbud.go.id, Bantuan untuk Pelaku Budaya dari Kemendikbud

Login apb.kemdikbud.go.id guna mendapatkan bantuan senilai Rp 1 Juta dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bulan November ini. Dalam...

9 Pelaku Pencabulan Anak di Tasikmalaya Ditangkap Polisi, 1 Pelaku Kakek 6 Cucu

Berita Tasikmalaya, galuh.id - Polisi menangkap 9 orang tersangka pelaku tindak pencabulan anak di Tasikmalaya tepatnya di Kecamatan Cibalong, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Gaji Guru PPPK Setara dengan PNS, Berikut Ketentuannya

Gaji guru PPPK setara dengan PNS sudah menjadi ketentuan. Karena keduanya merupakan sama-sama pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja. Pemerintah...