Senin, Juli 22, 2024

Wakil Ketua DPRD Ciamis Ajak Masyarakat Hentikan Peredaran Rokok Ilegal

Baca Juga
- Advertisement -

Berita Ciamis, galuh.id – Wakil Ketua DPRD Ciamis Sofwan Ismail mengajak masyarakat untuk bisa terlibat dalam menghentikan peredaran rokok ilegal.

Hal tersebut Sofwan sampaikan saat menjadi narasumber dalam Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan di Bidang Cukai, Selasa (23/5/2023).

Sosialisasi tersebut digelar Satpol PP Ciamis yang bertempat di Aula Adipati Angganaya Bappeda Ciamis.

- Advertisement -

Turut hadir Wakil Bupati Ciamis Yana D. Putra bersama unsur Forkopimda lainnya.

Dalam kesempatan itu, Sofwan mengatakan bahwa pendapatan terbesar negara salah satunya dari pajak.

“Sosialisasi ini rutin pelaksanaannya, sebagai upaya penegakan hukum di bidang cukai,” ucap Sofwan.

Mengingat pendapatan terbesar negara yaitu dari pajak seperti cukai rokok, maka pihaknya mengajak untuk bersama-sama menekan peredaran rokok ilegal di masyarakat.

“Selain pemerintah, harapannya masyarakat pun bisa terlibat. Karena peredaran rokok itu ada di masyarakat, maka partisipasi masyarakat harus tingkatkan,” terangnya.

Partisipasi tersebut, lanjut Sofwan, bisa melalui pelaporan jika masih terjadi peredaran rokok ilegal di masyarakat.

“Cara melaporkannya bisa melalui satgas yang sudah punya mekanisme. Masyarakat bisa berperan sebagai informan,” tutur Sofwan.

Mengenai pendapatan cukai sendiri, lanjut Sofwan, bisa diimplementasikan untuk pembangunan, baik skala nasional maupun lokal.

Termasuk implementasi pembangunan di Kabupaten Ciamis. Kemudian nantinya, dengan masifnya penekanan rokok ilegal, pajak bisa bertambah.

“Ke depan, dari cukai kita dapat bagi hasil untuk pemerataan pembangunan, tahun ini semoga bisa lebih,” pungkasnya. (GaluhID/Maul)

Editor : Evi

- Advertisement -

Tinggalkan Balasan

- Advertisement -
 
 
Berita Terbaru

Strategi Parkir Bus Hadapi Timnas Indonesia U–19, Pelatih Kamboja Waspadai Ini!

Galuh.id- Pelatih Kamboja, Phea Sopheaktra memberikan pernyataan usai timnya mengalami kekalahan dari Timnas Indonesia U-19.  Pada laga kedua yang berlangsung...

Artikel Terkait